September 25, 2022

Meningkatkan Penjualanan Usaha dengan Memanfaatkan E-Commerce sebagai Strategi Pemasaran

 

Oleh: Seisha Milanisti (@V32-SEISHA)


ABSTRAK

Electronic Commerce adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer. e-commerce merupakan bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya komersial tetapi juga mencakup mitra bisnis, layanan pelanggan, lowongan pekerjaan, produk, informasi, dan lain-lain. Dengan adanya electronic commerce (e-commerce) ini maka pelanggan dapat mengakses dan melakukan pemesanan dari berbagai tempat atau negara. Mengingat era teknologi yang maju saat ini pelanggan yang ingin mengakses e-commerce tidak harus berada di suatu tempat, hal ini dikarenakan di kota-kota besar di Indonesia sudah banyak sekali tempat yang menyediakan fasilitas akses internet menggunakan handphone dan laptop/notebook menggunakan teknologi wifi. Dengan demikian saat ini sangat diperlukan dan diinginkan perusahaan untuk mengimplementasikan layanan e-commerce. Penggunaan e-commerce di Indonesia masih sangat terbatas. Ke depan, Indonesia akan menjadi negara terbaik untuk penggunaan sistem e-commerce.

Kata kunci: E-Commerce, Usaha, Teknologi.

PENDAHULUAN

Perkembangan  teknologi  yang  cepat  membuat  para  pelaku  usaha  juga  harus  cepat  untuk  menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Salah satu bentuk teknologi adalah media sosial. Indonesia  merupakan  salah  satu negara  dengan  tingkat pengguna media sosial terbesar di dunia. Indonesia  juga  merupakan  salah  satu  negara   dengan   jumlah   sektor   UMKM   terbesar. Kementerian   Koperasi   dan   Usaha   Kecil   dan   Menengah    Republik Indonesia (Kemenkop/UKM  RI)  mencatat  ada 59,2  juta atau berkisar  8%  dari  pelaku UMKM  sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Selanjutnya, berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provisinsi Banten pada 2018, di Kota Tangerang Selatan terdapat 9.582 pelaku UMKM.

Pemasaran  adalah  salah  satu  bagian  penting  dalam  menjalankan  suatu  usaha.  Perlu adanya pengelolaan yang baik agar usaha tersebut dapat tumbuh dan berkembang  lebih baik, sehingga mampu bersaing dengan para pesaingnya. Salah satu elemen yang penting dalam pemasaran adalah  strategi  pemasaran dan bauran pemasaran (marketing  mix). Strategi pemasaran diperlukan agar segmen pasar, penentuan pasar sasaran, dan penentuan posisi pasar dapat dengan tepat dipilih. Website dan media  sosial telah memberikan banyak peluang bagi para pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan pasar mereka terutama dalam hal promosi untuk menarik sasaran pasar yang mereka tuju.

PERMASALAHAN

            Dengan meningkatnya penggunaan internet, para wirausahawan semakin banyak memanfaatkan sosial media untuk melakukan pemasaran. Maka dari itu, artikel ini ingin melakukan analisis strategi pemasaran yang dilakukan wirausahawan dalam pengembangannya usahanya.

PEMBAHASAN

Electronic Commerce (e-commerce) adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer. e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dan lain-lain. Menurut Rahmati (2009) E-commerce singkatan dari Electronic Commerce yang artinya sistem pemasaran secara atau dengan media elektronik. E-Commerce ini mencakup distribusi, penjualan, pembelian, marketing dan service dari sebuah produk yang dilakukan dalam sebuah system elektronika seperti internet atau bentuk jaringan komputer yang lain. E-commerce bukan sebuah jasa atau sebuah barang, tetapi merupakan perpaduan antara jasa dan barang.

Dalam mengimplementasikan e-commerce tersedia suatu integrasi rantai nilai dari infrastrukturnya, yang terdiri dari tiga lapis. Pertama, insfrastruktur sistem distribusi (flow of good); kedua, insfrastrukturpembayaran (flow of money); dan ketiga, infrastruktur sistem informasi (flow of information). Agar dapat terintegrasinya sistem rantai suplai dari 145 supplier, ke pabrik, ke gudang, distribusi, jasa transportasi, hingga ke pelanggan maka diperlukan integrasi enterprise system untuk menciptakan supply chain visibility. Ada tiga faktor yang faktor dicermati oleh kita jika ingin membangun toko e-commerce yaitu: variability, visibility, dan velocity (Sukmajati, 2009).

Aktivitas – aktivitas perdagangan secara online yang ada baik itu produk berupa barang ataupun jasa dibagi kedalam dua jenis ecommerce yaitu business to customer (B2C) dan business to business (B2B) melalui media internet. Dengan adanya perkembangan yang ada, dua jenis e-commerce tersebut berkembang menjadi beberapa macam diantaranya customer to customer (C2C), government to nation (G2N) dan lainnya.

E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan). Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut:

1. Presentasi elektronis (pembuatan website) untuk produk dan layanan.

2. Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.

3. Otomatisasi akun pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor Kartu Kredit).

4. Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi.

KESIMPULAN

Dengan pemanfaatan dan penggunaan teknologi internet diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis pada umumnya agar lebih kompetitif. Perusahaan yang mampu bersaing dalam kompetisi tersebut adalah perusahaan yang mampu melakukan implementasi teknologi ke dalam usahanya. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Dengan adanya 156 layanan electronic commerce (e-commerce) ini maka pelanggan dapat mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat dan kapanpun.

DAFTAR PUSTAKA

Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (studi kasus UMKM di Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 160–170. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.132

Hidayat, A. A. (2022). Strategies For Going Global and Barrier to International Trade. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Tetap, D., & Cki, S. (2014). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 4(1). https://doi.org/10.35968/jsi.v4i1.81

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.