September 04, 2022

PELUANG BISNIS DIERA DIGITAL BAGI MAHASISWA

 


Zahra anisa (@V13- Zahra)


Abstrak

Era digital telah memberikan dampak bagi perkembangan kehidupan, diantaranya adalah kehidupan dunia usaha (bisnis). Tanpa modal besar dan tempatpun orang bisa menjalankan usaha dengan memanfaatkan teknologi melalui media sosial. Market place akan terbentuk dengan mudah melalui pemanfaatan teknologi tersebut. Fenomena ini disikapi dengan maraknya orang berbisnis online, tidak terkecuali di kalangan generasi muda. Jika di rumah saja dengan berbisnis online mereka dapat menghasilkan income, maka ini akan menjadikan mereka tidak akan berpikir untuk berburu menjadi PNS maupun urban ke kota atau ke luar negeri untuk mengais rejeki. Tentu saja ini berdampak pada terangkatnya perekonomian. 

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji strategi menguatkan perekonomian melalui peran teknologi digital dalam menciptakan peluang bisnis bagi generasi muda untuk berwirausaha. Penelitian dilakukan di Jombang dengan subyek penelitian mahasiswa yang juga berwirausaha. Metode kajian menggunakan kualitatif fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital memberikan peluang terbangunnya wirausaha pada generasi muda. Dengan memanfaatkan media sosial mereka dapat menjalankan bisnis dan mempunyai penghasilan sehingga dapat mencukupi kebutuhan. Penelitian ini memberikan rekomendasi, agar perekonomian masyarakat terangkat sebaiknya ada program pelatihan melek teknologi pada generasi muda khususnya di pedesaan. Tujuannya agar generasi muda pedesaan juga melek teknologi yang dampaknya pada semakin banyaknya wirausaha, perekonomian juga terangkat.

Pendahuluan

Perkembangan bisnis digital di indonesia Besarnya potensi bisnis digital di indeonesia yang sangat menjanjikan, menjadi bukti perkembangan bisnis digital di Indonesia berkembang sangat pesat. Indonesia menjadi Negara dengan banyak individu kreatif yang berlomba membuat inovasi kreatif berbasis digital, ini dibuktikan dengan munculnya berbagai macam startup. Jika kita melihat kembali perkembangan startup yang ada di Indonesia, terkhusus marketplace yang sudah berhasil membuat antara penjual dan pembeli dalam satu lapak. Era digital telah memberikan dampak besar bagi perkembangan kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis. Tanpa modal biaya yang besar dan tempat usaha, saat ini semua orang bisa menjalankan bisnis hanya dengan memanfaatkan teknologi Internet.

Fenomena ini disikapi dengan maraknya bisnis online yang dijalankan oleh generasi muda dengan memanfaatkan peluang dan menyalurkan ide-ide kreatif mereka. Bisnis online saat ini sangat menarik untuk dijalani, semua bisa dilakukan dengan mudah hanya dari rumah dengan menghasilkan income yang lebih besar. Ditambah budaya masyarakat akan belanja online juga sudah menjadi kebiasaan modern karena lebih praktis. Cukup dengan memesan barang yang diinginkan melalui smartphone dan menunggu barang di rumah.

Pembahasan

Kewirausahaan di Era Digital Kewirausahaan di era digital yang lebih dikenal dengan istilah kewirausahaan digital (digital entrepreneurship) adalah kewirausahaan yang dipengaruhi oleh teknologi digital dengan mengadopsi dan memanfaatkan tekonologi digital dalam melakukan transformasi bisnis konvensional menjadi bisnis digital (Wardhana, et al, 2021; Puspitawati, Nurhasanah, Khaerunnisa, 2021; Sangaji, Wiyono, Mulyaningsih, 2019) Pada dasarnya berbagai prinsip dasar kewirausahaan (basic principles of entrepreneurship) masih tetap berlaku dan dapat diterapkan di dunia digital seperti: motivasi dan pola pikir kewirausahaan, kemampuan dalam mengidentifikasi peluang dengan baik, meningkatkan kompetensi sumber daya kunci, memberikan proposisi nilai pada produk dan layanan yang unggul dan bebeda dari pesaing, menjalin hubungan baik dengan pemasok dan distributor serta reseller, mengenali dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan, memenuhi aturan legalitas, mencari sumber-sumber modal usaha, melakukan promosi yang efektif dan efisin, dan lain sebagainya. Pada kewirausahaan di era digital, perubahan yang mendasar terletak pada aktifitas bisnis berbasis teknologi digital yang terkoneksi dengan konsumen. maupun pelanggan yang mampu menggunakan tekonologi digital (Wardhana, et, al, 2021; Alhadlaq, 2016).

Kewirausahaan di era digital ini dituntut untuk mampu berwirausaha dengan produk yang lebih bervariasi dan berbeda dengan pesaing, layanan yang lebih cepat, lebih mudah dijangkau, lebih mudah diakses, bahkan memperluas kesempatan berkolaborasi agar usaha menjadi lebih efektif dan efisien. Era digital menawarkan berbagai sumber daya baru bagi para wirausahawan untuk dapat memanfaatkannya mulai dari kemudahan pencarian berbagai informasi, pengumpulan data, pembuatan konten yang menarik, permintaan produk dan layanan yang terus bertumbuh sejalan dengan dinamika perubahan pasar, memanfaatkan berbagai jaringan promosi melalui berbagai platform, fitur aplikasi berbasis Artificial Intelligence, freelancer baik nasional maupun global, aplikasi penerjemah bahasa yang cepat dan mudah, dan lain sebagainya (Wardhana et, al, 2021; Puspitawati, Nurhasanah, Khaerunnisa, 2021; Sangaji, Wiyono, Mulyaningsih, 2019).

Kesimpulan

Era digital telah memberikan dampak besar bagi perkembangan kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis. Kewirausahaan digital adalah yang dipengaruhi oleh teknologi digital dengan mengadopsi dan memanfaatkan teknologi digital dalam melakukan transformasi bisnis konvensional menjadi bisnis digital. Terdapat lima tipe digital content-based business, community-based business,online store.

Kriteria yaitu memiliki Call to Action (CTA) yang jelas atau gambar maupun tulisan yang mendorong calon konsumen untuk melakukan transaksi, menyediakan gambar detail produk, menyediakan gambar produk ketika digunakan,memberikan saran produk lain, menunjukkan ratingproduk, menyediakan navigasi yang mudah dan terstruktur, menyediakan checkout yang lengkap, dan lain sebagainya.


Daftar Pustaka

https://www.bfi.co.id/id/blog/19-ide-bisnis-digital-paling-update-dan-menguntungkan 

https://www.jurnal.id/id/blog/kenali-peluang-dan-tantangan-bisnis-di-era-digital/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.