September 04, 2022

PELUANG MENDIRIKAN USAHA BARU DALAM BERBISNIS KEWIRAUSAHAAN

 

PELUANG MENDIRIKAN USAHA BARU DALAM BERBISNIS KEWIRAUSAHAAN

Oleh:Rajib Fahmi (V@27-Rajib)

ABSTRACK:

Mendirikan sebuah usaha atau lebih tepat disebut memulai bisnis ternyata gampang-gampang susah. Seperti orang yang belajar naik sepeda, pertama kali duduk di atas sadel sepeda akan merasa gamang dan takut, ragu-ragu untuk memulai mengayuh, janganjangan nanti jatuh dan menabrak pagar orang atau bahkan masuk parit. Namun ketika pedal sepeda mulai dikayuh dan si anak dapat menguasai rasa takutnya, ternyata naik sepeda itu mudah, semudah kita berjalan kaki. Seperti kiasan di atas, hal tersebut juga terjadi pada saat kita akan memulai suatu usaha/ bisnis. Berbisnis jika berhail akan memberikan earning yang jauh berlipat daripada bekerja pada orang lain, namun resikonya juga sepadan dengan hasilnya. Tantangan-tantangan yang akan dihadapi pada saat kita ingin memulai sebuah bisnis baru. Kata-kata kunci: Bisnis.

 

PENDAHULUAN

Karakteristik yang berintikan kemauan   dan   kemampuan   merupakan syarat   bagi   seseorang   wirausahawan. Sifat karakteristik sebagian besar bersumber dari kekuatan interal yang ada pada diri wirausaha. Sifat karakteristik itu perlu   terus   dibina   dan   dikembangkan dalam   konteks   hubungan   sosial.Banyak orang mengatakan bahwa “Ide atau gagasan” mahal harganya. Tentunya tidak sembarang ide, tetapi ide yang mempunyai nilai komersial dan ide itu ditulis dalam suatu rencana usaha atau rencana bisnis. Sebenarnya banyak orang mempunyai ide cemerlang, ide yang hebat-hebat serta mempunyai nilai komersial tinggi tetapi ide itu tetaplah hanya sekedar ide bahkan hanya sekedar impian yang numpang lewat, karena ide yang hebat tadi tidak pernah ditulis atau dikomunikasikan kepada pihak lain ataupun diimplementasikan. Tulisan ini mencoba mengupas tentang business plan, dengan harapan dapat digunakan sebagai pengetahuan ataupun menyiapkan langkah awal bagaimana untuk menggali, menumbuhkan ataupun menjaring ide-ide atau gagasan bisnis dan sekaligus menuangkannya dalam sebuah rencana usaha/bisnis. Realita di lapangan menunjukkan bahwa banyak ide/gagasan-gagasan bisnis hebat dan ide-ide orisinil yang justru lahir dari para kawula muda. Tentunya kalau peluang atau kemampuan ini dikemas dengan baik dan mampu dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dikemas sebagai rencana usaha/bisnis yang layak dan mampu diterapkan ke dalam sebuah bisnis riil, tentunya akan banyak memberi manfaat bagi para kawula muda sendiri dan sekaligus memberikan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungannya. Salah satu kunci sukses memulai usaha adalah membuat sebuah perencanaan usaha/bisnis yang matang dan realistis. Apapun jenis usaha yang akan kita jalankan. Tulisan ini mencoba menguraikan selangkah demi selangkah bagaimana membuat perencanaan usaha/bisnis. Perencanaan usaha/bisnis sangat berguna untuk menilai apakah usaha/bisnis yang akan kita tekuni layak, profitable dan berjangka panjang/berprospek. Dengan perencanaan usaha/bisnis yang matang, juga sangat berguna apabila kita ingin mengajak mitra bisnis, investor ataupun calon kreditor untuk merealisasi impian kita agar jadi kenyataan.


PEMBAHASAN

A.Pengertian peluang usaha

Pengertian   Peluang   Usaha   Dalam   Kewirausahaan   Menurut   Para   AhliPeluang usaha terdiri dari dua kata yaitu " peluang " dan " usaha ". Peluang yangdalam bahasa Inggris di sebut dengan  opportunity memiliki arti sesuai denganKBBI   adalah   kesempatan.   Secara   sederhana   peluang   di   artikan   sebagaikesempatan   muncul   atau   terjadi   pada   satu   peristiwa.   Sementara   itu,   usaha memiliki   pengertian   berbagai   daya   untuk  mendapatkan   apa   yang  di  inginkan.Sehingga secara terminologis pengertian peluang usaha adalah kesempatan yangdapat   dimanfaatkan   seseorang   untuk   mendapatkan   apa   yang   di   inginkannya( keuntungan -  kekayaan   -   uang ) dengan memanfaatkan  berbagai   faktor   baikfaktor eksternal maupun internal.

Peluang usaha adalah sebuah kesempatan untuk kita dalam mengembangkan usaha dengan melihat hal-hal positif yang ada untuk dapat dimanfaatkan dalampengmbangan usaha yang dimiliki. Dengan adanya peluang berarti adanya hal-hal positif   yang   mengarah   pada   kemajuan   atau   perkembangan   suatu   usaha   yangsedang di bangun atau yang baru mulai di bangun dengan melihat prospek kedepan usaha nantinya akan menjadi  lebih  baik   dan   meningkatnya   pendapatan usaha tersebut.

Ciri-ciri peluang usaha yang baik :

1) Peluang itu orisinil dan tidak meniru.

2) Peluang itu harus dapat mengantisipasi perubahan, persaingan, dan kebutuhan pasar dimasa yang akan datang.

3) Benar-benar sesuai dengan keinginan agar peluang bisa bertahan lama

 

B.Sumber – Sumber Peluang Usaha

Peluang   usaha   dapat   muncul   dari   hobi   kita   sendiri,   yang   sebelumnyamungkin Anda tidak sadar bahwa hobi Anda bisa dijadikan sebagai usaha. Kalauhobi atau bidang yang Anda kuasai saat ini belum layak untuk dijadikan peluangusaha, anda membutuhkan ide-ide yang menimbulkan peluang usaha. Ide yang berpeluang usaha bisa didapatkan dari hal-hal seperti berikut ini :

1. Cita-cita

Peluang bisa muncul dari cita-cita Anda sendiri. Bila keinginan Anda untukmenjadi   seorang   pengusaha   sangat   kuat,   maka   Anda   akan   melihat   peluang-peluang di hampir semua bidang. Hampir setiap apa yang dilihat adalah peluangusaha. Atau setidaknya, Anda secara  naluri akan berupaya  mencari peluang disuatu jenis usaha. Hal ini tidak akan terjadi pada orang yang tidak memiliki cita-cita menjadi seorang pengusaha.

2.Tekanan

Bila   seseorang   menghadapi   tekanan   maka   banyak   gagasan   yang   mucul.Tekanan   bisa   datang   dari   luar,   bisa   pula   diciptakan   oleh   diri   sendiri.   Ketikaseseorang mendapatkan tekanan untuk bisa hidup dan menghidupi keluarganya,biasanya dia akan banyak berpikir untuk mendapatkan solusinya.

3.Inovasi baru

Gagasan untuk menciptakan produk baru timbul karena adanya kebutuhan,sementara produk itu belum ada di pasaran. Apabila kita berhasil menciptakanproduk tersebut dan dibutuhkan konsumen maka kita dapat menjadi yang pertamadan menguasai usaha tersebut (leader).

4.Wawasan

Orang   yang   wawasannya   luas,   pergaulannya  luas   dan   dia   mau   berpikir,maka akan menemukan peluang usaha. Misalnya seseorang yang sering melihatusaha   yang   dilakukan   di   luar   negeri   (bisa   didapatkan   dari   media   massa   atauberkunjung) dan usaha tersebut belum ada di negaranya, ini merupakan cara untukmendapatkan peluang usaha.

 

C.Pemanfaatan Peluang Usaha

"Peluang   Adalah   EMAS",   istilah   itu   memang   bukan   mengada-ngada,peluang memang di ibaratkan sebagai emas yang bernilai yang sayang jika harusdilewatkan.   Apakah   yang   dimaksud   dengan   peluang   usaha?,   peluang   usahamerupakan   suatu   kesempatan   atau   waktu   yang   seharusnya   diambil   ataudimanfaatkan bagi seorang wirausahawan agar mereka mendapatkan keuntungan. Jika   anda   ingin   menjadi   seorang   pengusaha   sukses,maka   jangan   sekali-sekali   mengabaikan peluang   usaha yang   ada   yang   sebenarnya  banyak   disekitarkita. Namun sayangnya peluang itu sering kali kita abaikan karena kita serasabingung untuk memanfaatkannya,serta harus dimulai dari mana padahal peluangitu hanya datang satu kali saja.bisa saja jika kita melewatkan peluang tersebutyang menurut kita itu peluang usaha yang niche atau bagus lantas keburu diambiloleh orang lain. Banyak peluang usaha yang tersia-siakan,sehingga berlalu begitu saja hal ituterjadi karena tidak semua orang atau manusia dapat melihat peluang dan jikamereka   melihatpun   belum   tentu   berani   untuk   memanfaatkan   peluang   tersebut.hanya   seorang   wirausahawan   yang   bisa   berfikir   kreatif   serta   berani   dalammengambil risiko dengan tanggap dan cepat untuk memanfaatkan peluang itu.Peluang  usaha  yang  telah   di ambil   tentu akan terdapat konsekuensi olehpengambil   keputusan   itu.   namun   jika   berhasil   dapat   dikatakan   mendapat

keuntungan,   dan   jika   gagal   maka   itu   adalah   bagian   dari   risiko   yang   harus dihadapi, meskipun demikian, hal itu dapat dijadikan pengalaman yang berhargabagi seorang wirausahawan agar dapat bekerja lebih baik sehingga mendapatkankeuntungan dari hasil kerja dan peluang yang telah ia manfaatkan tersebut

 

D. Beberapa aspek berikut ini:

1) Jenis   Usaha.   sebagai   wirausahawan   kita   harus   mempunyai   Visi   danMisi. Jika usaha bersifat tren, usaha itu tidak akan berlangsung lamasetelah   bergantinya   tren   jaman,   namun   usaha   itu   akan   mempunyaiprospek saat tren itu menjadi top topik jaman itu. Jika usaha bersifatintuisi, atau dengan kata lain adalah obsesi, cita-cita, sebaiknya pikirkanulang  dan   buat   suatu  hal   yang  unik   dan   berbeda,   juga   kembangkanbisnis panggilan jiwa (intuisi) tersebut.

2) Produk .Teliti   dan   kaji   baik-baik,   karena   itu   akan   mendapatkankeuntungan   hanya   dari   produk   yang   terjual.   Apakah   produktersebut  cepat   habis,   sehingga   pelanggan   mempunyai   traffic   atauperputaran omzet yang banyak? Apakah produk tersebut  lama habisnyatetapi keuntungan besar ketika produk terjual?

3) Target Pasar. Produk bisa terjual jika terdapat pasar yang mana produktersebut akan terjual di dalamnya. Tentukan pasar, atau tempat entah itukota   lain,   pulau   lain,   bahkan   ekspor   ke   negara   lain   jika   perlu   agarproduk tersebut terjual.

4) Usaha Di Sekitar kita. Jika kita  sudah  menemukan  jenis  usaha, kitaharus melihat satu aspek lagi, yaitu melihat usaha di sekitar. Banyaknyapesaing mengakibatkan produk kurang terjual, bahkan yang mengerikanadalah tidak terjualnya produk kita. Kita harus melihat para pesaing dankita harus  yakin   kita akan  berhasil,   terlebih   kita harus  mencobanya.

 

KESIMPULAN

Peluang usaha merupakan sebuah kesempatan untuk kita dalam mengembangkan usaha dengan melihat hal-hal positif yang ada untuk dapat dimanfaatkan dalampengmbangan usaha yang dimiliki. Dengan adanya peluang berarti adanya hal-halpositif   yang   mengarah   pada   kemajuan   atau   perkembangan   suatu   usaha   yangsedang di bangun atau yang baru mulai di bangun dengan melihat prospek kedepan usaha nantinya akan menjadi  lebih  baik   dan   meningkatnya   pendapatanusaha tersebut

 

 

Refrensi

https://adoc.pub/memulai-bisnis-beberapa-pertanyaan-kunci-dosen-program-studi.html

https://media.neliti.com/media/publications/17216-ID-business-plan-sebagai-langkah-awal-memulai-usaha.pdf

https://www.studocu.com/id/document/universitas-muhammadiyah-jambi/manajemen/makalah-mengenai-peluang-usaha/28568237


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.