September 11, 2022

Penentu Strategi Bisnis Kewirausahaan Guna Mencapai Kesuksesan

 Oleh : Muhammad Kamaludin Fasya (@V35-Kamaludin)



Abstrak

        Artikel ini merupakan langkah-langkah yang harus pebisnis baru ketahui. Strategi yang tepat adalah kunci untuk meraih kesuksesan bisnis, peluang usaha baru akan mendatangkan berbagai jenis risiko. Oleh karena itu, Untuk memulai bisnis baru kita harus mempunya rasa percaya diri dan tekad yang kuat untuk menjalani bisnis tersebut. Komitmen, perencanaan, pengelolaan organisasi yang baik dan fleksibel merupakan langkah awal yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis baru. Kesuksesan sebuah usaha datang karena kita mau mencoba suatu tantangan yang terlintas dikepala, maka dari itu kesuksesan juga bisa dibilang datang dari hal-hal kecil.

Kata kunci : bisnis, sukses.

Abstract

        This article is a step-by-step new businessman to know. The right strategy is the key to achieving business success, new business opportunities will bring various types of risks. Therefore, to start a new business we must have confidence and a strong determination to run the business. Commitment, planning, good and flexible organizational management are the first steps that every new businessman must have. The success of a business comes because we want to try a challenge that comes to mind, therefore success can also be said to come from small things.

Key words : business, success.

Pendahuluan

          Kewirausahaan atau entrepreneur berasal dari bahasa perancis enterprende yang artinya melakukan. Secara terminologi kewirausahaan terdiri dari dua kata yaitu wira artinya berani dan usaha yang artinya upaya. Sehingga makna kewirausahaan merupakan sikap atau kemampuan dan menciptakan sesuatu yang baru dan berguna bagi dirinya dan orang lain (Hastuti et al., 2020; Sari et al., 2020; Siregar et al., 2020) Kewirausahaan Strategis adalah aktivitas pencarian atau penciptaan peluang usaha dan pencarian atau penciptaan keunggulan usaha yang membangun keunggulan daya saing. Pewirausaha dan usaha yang berhasil dan lestari pasti kuat dalam dua kegiatan besar itu. Menurut Jong dan Wennekers, kewirausahaan adalah pengambilan risiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan yang inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangan-tantangan persaingan.

Permasalahan

  1. Apa saja penentu keberhasilan sebuah wirausaha ?
  2. 8 Langkah yang membuat kewirausahaan menjadi sukses ?

Pembahasan

  1. A. Kemampuan inovatif
    Inovasi berarti mengadakan perbaikan, menciptakan atau mengombinasikan barang atau jasa menjadi produksi yang lebih baik.

    B. Keinginan untuk Berprestasi
    Keinginan untuk berprestasi adalah tanda-tanda penting dari dorongan kewirausahaan Hal ini menandai para pemiliknya sebagai orang yang tidak mengenal menyerah di dalam mencapai tujuan yang telah mereka tetapkan.

    C. Kemampuan perencanaan realitstis
    Menetapkan tujuan yang menantang dan dapat diterapkan merupakan ciri dari perencanaan realistis. Tujuan yang ditetapkan harus sesuai dengan kemampuan wirausahawan.

    D. Kepemimpinan terorientasi pada tujuan
    Wirausahawan harus mempunyai tujuan. Hal ini untuk memotivasi mereka untuk mencapai suatu organisi tersebut.

    E. Objektivitas
    Wirausahawan mampu objektif dalam mengarahkan pikirannya secara pragmatis, misalnya mengumpulkan fakta-fakta yang ada, mempelajarinya sertaa menentukan tindak-tindakannya.

    F. Tanggung jawab pribadi
    Wirausahawan memikul tanggung jawab pribadi, menetapkan tujuan, dan memutuskan cara mencapai tujuan dengan kemampuannya sendiri.

    G. Kemampuan beradaptasi serta Perorganisasian dan Administrator
     Para wirausahawan harus bisa beradaptasi dengan menyesuaikan diri pada perubahan lingkungan jika terhambat oleh kondisi yang berbeda dan hal-hal yang diharapkan. Kemampuan tersebut juga dapat mengorganisasi dan mengidentifikasi serta mengelompokkan orang-orang berbakat untuk mencapai tujuan.

  2. Langkah-langkah tersebut ialah:

    A. Susun langkah terorganisir
    Jika tujuan Anda adalah mencapai kesuksesan. Jadi, terorganisir di sini adalah mengatur segalanya. Cara terbaik untuk mengatur bisa dilakukan dengan membuat daftar tugas setiap hari.

    B. Buat catatan rinci 
    Dalam prosesnya setiap bisnis pasti menghadapi tantangan-tantangan yang berbeda. Dari daftar yang anda buat di poin pertama, akan banyak catatan yang bisa dibuat mengikuti tantangan-tantangan tersebut. Nah, bisnis yang sukses selalu menyimpan catatan ini secara terperinci. Gunanya adalah anda akan tahu di mana posisi bisnis anda.

    C. Buat analisa kompetitor
    Semua bisnis selalu menghasilkan persaingan. Jangan takut untuk menghadapinya, karena ini adalah menjadi sukses dan menciptakan hasil terbaik.

    D. Memahami risiko dan keuntungan
    Bisnis juga memiliki risiko. Risiko yang diambil terhadap segala sesuatu yang bertentangan dengan bisnis tersebut. misalnya kerugian karena tidak mencapai target.

    E. Jangan lupakan kreativitas
    Semua yang ada di sini adalah tentang cara untuk membuat bisnis Anda menjadi lebih sukses. dengan kreativitas maka ide-ide baru akan muncul. Pasalnya ide-ide tersebut pada akhirnya akan menciptakan pendekatan yang berbeda untuk bisnis Anda dan cara menghadapi pesaing

    F. Selalu Fokus dan Konsisten
    Menciptakan bisnis tidak seperti membuat Candi Prambanan yang mitosnya hanya dibangun semalam, ketika anda berbisnis, apalagi baru merintisnya, bukan berarti anda mendapat keuntungan. Jadi, membuat diri Anda selalu fokus – mulailah dari tujuan jangka pendek – adalah harga yang tidak bisa ditawar. Banyak pakar bisnis yang sudah mengatakan, komponen kunci untuk menghasilkan uang dalam bisnis adalah konsistensi.Maksudnya, di sini Anda melakukan terus menerus poin-poin yang sudah disebutkan.

    G. Perlu pengorbanan
    Bisnis memang butuh kerja keras. Ketika Anda baru merintis, maka sama saja pekerjaan Anda baru dimulai. Di sinilah salah satu contoh pengorbanan Anda. Meski waktu bekerja Anda sendiri yang mengatur, namun biasanya ketika berbisnis maka waktu Anda bersama teman dan keluarga tentu akan berkurang. 

    H. Prioritaskan pelayanan terbaik
    Lagi-lagi, pelanggan adalah segalanya bagi semua bisnis. Ketika bisnis Anda dapat memberikan layanan terbaik kepada konsumen untuk menjadi pelanggan tetap,maka sama saja itu proses untuk meraih kemenangan.

Kesimpulan

        Dari pembahasan yang kita bahas kesuksesan berawal dari sebuah strategi, oleh karena itu kita sebagai wirausaha yang ingin bertekad sukses harus memiliki penentu sebuah keberhasilan dan langkah-langkahnya, tanpa adanya langkah dan penentu, kita sebagai wirausahawan pasti bingung harus memulai dari mana. Oleh karena itu jangan menyepelekan hal-hal tersebut.

Referensi

Modul Perkuliahan Kewirausahaan III, Advance Business Strategy (Leadership and Management) – Atep Afia Hidayat,Ir.MP,  2022

JTO. (2022, February 23). Cukup 9 Langkah, Strategi Ini Membuat Bisnis Lebih Sukses. retrieved by : https://pintek.id/blog/cukup-9-langkah-strategi-ini-membuat-bisnis-lebih-sukses/

https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-bisnis-untuk-mencapai-keuntungan-maksimal/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.