September 25, 2022

Pentingnya Cara Meningkatkan Bisnis Digital


 Dhea septiana (@V39-DHEA) 

Cara meningkatkan penjualan online menjadi salah satu pembahasan yang banyak dicari di internet saat ini. Bahkan, menurut pakar perdagangan dan pembangunan PBB, UNCTAD, sektor eCommerce berhasil mengalami peningkatan yang dramatis di semua lini penjualan ritel, dari yang awalnya hanya 16 persen menjadi 19 persen pada tahun 2020. Peningkatan itu juga didukung oleh naiknya aktivitas online selama pandemi COVID-19. 

Oleh karenanya, jangan lewatkan peluang tersebut dan coba tingkatkan penjualan online Anda sekarang juga! Ikuti 10 cara meningkatkan penjualan online di bawah ini.

Pahami Siapa Target Audience Anda


Untuk memastikan bahwa Anda membuat keputusan yang tepat tentang produk dan aktivitas pemasaran online yang hendak dijalankan, pertama-tama pahami dahulu siapa pelanggan Anda. Manfaatkan berbagai tool analisis dan sistem point-of-sale (POS) untuk mengidentifikasi pola dan preferensi pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. 


Cari Tahu Bagaimana Customer Menemukan Toko Online Anda


Cara meningkatkan penjualan online yang berikutnya adalah mencari tahu bagaimana pelanggan menemukan toko Anda. Cara mudahnya bisa dengan memanfaatkan tool seperti Google Analytics misalnya, untuk meneliti bagaimana pelanggan, yang akhirnya melakukan pembelian di toko Anda, bisa menemukan toko tersebut. 


Temukan Sesuatu yang Membuat Toko Anda Terlihat Lebih Unik 


Kira-kira, apa yang bisa ditawarkan toko Anda, tetapi tidak bisa diberikan orang lain? Lalu, apa cerita di balik toko Anda, produk Anda, dan diri Anda sendiri sebagai founder-nya? Setelah Anda tahu apa yang membuat toko online Anda berbeda, selanjutnya hanya tinggal menyusun strategi pemasaran digital yang tepat. Keunikan-keunikan tersebut juga bisa Anda masukkan ke dalam tagline toko, menyorotnya di homepage, atau bahkan mengumumkannya di iklan media sosial.


Permudah Proses Pembelian Produk 


Buat proses pencarian hingga pembelian di toko online Anda jadi semudah mungkin bagi pelanggan. Karena pada kebanyakan kasus, toko online dengan customer experience yang rumit akan membuat calon pelanggan hanya mengakses situs web dan kemudian pergi tanpa membeli. Dalam hal ini, sektor yang umumnya diperbaiki untuk meningkatkan pengalaman pelanggan adalah fitur pencarian di situs web, navigasi produk, dan halaman checkout.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.