September 04, 2022

Pentingnya Enterprenuer Dalam Menjalankan Ekonomi Negara



Oleh: Abiel Wira Pramana ( @V20-ABIEL)


Abstrak

                Enterpreneur merupakan suatu istilah kata yang memiliki arti yaitu pencipta dan pengelola. Permasalahan ekonomi pada suatu daerah terjadi karena para pelaku usaha atau enterpreneur ini terkena kendala karna satu dan lain hal. Dampak dari kendala yang terjadi pada pelaku usaha ini dapat memberikan dampak yang sangat besar pada kehidupan suatu daerah secara menyeluruh. Tidak hanya permasalahan ekonomi, tetapi juga dapat memberikan efek domino negatif yang menjalar seperti suatu ketidak stabilan yang mengakibatkan ketidak amanan dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, peran seluruh lapisan masyrakat dan pemerintah dalam membangun kesadaran dalam berenterpreneur ini sangat penting.

Kata kunci: Enterpreneur, Penting, Ekonomi

 

Pendahuluan

                Enterpreneur merupakan suatu kata yang selalu diasosiasikan dengan kata kewirausahaan yang sangat identik dengan memproduksi barang ataupun suatu jasa. Sedangkan, enterprenuership merupakan perilaku yang bertujuan untuk mengelola, mengendalikan, dan menyatukan faktor produksi. Menurut Zimmerer, seorang entrepreneur adalah seorang yang menciptakan sebuah bisnis, dengan menghadapi risiko dan ketidakpastian serta mempunyai tujuan untuk mencapai laba serta pertumbuhan melalui pengidentifikasian peluang-peluang melalui kombinasi sumber daya yang diperlukan untuk mendapatkan manfaatnya.

                Enterprenuer sering dianggap sebagai sebuah aset nasional yang penting untuk dikembangkan, dimotivasi, dan didukung secara finansial semaksimal mungkin. Enterprenuer besar memiliki kemampuan untuk mengubah cara seseorang hidup dan bekerja. Jika berhasil, inovasi yang mereka kembangkan mampu meningkatkan standar hidup. Disamping juga menciptakan kekayaan dengan berwirausaha, pelaku usaha juga menciptakan lapangan kerja serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

 

Permasalahan

                Ekonomi menjadi salah satu faktor suatu negara dapat dikatakan sebagai negara maju atau negara berkembang. Selain itu, indeks ekonomi suatu negara juga dapat di jadikan alat untuk menilai apakah negara tersebut sejahtera atau prasejahtera. Enterprenuer sendiri di dalamnya terdapat kegiatan produksi yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Dengan penjelasan di atas, apakah enterprenuer itu memiliki hubungan yang penting dalam kemajuan ekonomi suatu negara?.


Pembahasan

Di bawah ini merupakan beberapa alasan yang menjelaskan mengapa enterprenuer itu sangat penting untuk ekonomi suatu negara.

Menciptakan Market baru

                Enterprenuer seringkali mampu ‘mendefinisikan kembali aturan’ dari sebuah industri yang sudah mapan. Misalnya, pada tahun 90-an, saat ingin menyewa rumah, kita harus banyak melihat iklan pada koran untuk menentukan pilihan hanya dari beberapa kata singkat. Namun, dengan hadirnya layanan baru seperti OLX dan Mamikos, anda bisa dengan mudah menemukan tempat tinggal yang nyaman sesuai kebutuhan. Hal ini telah menciptakan market dengan layanan baru sehingga meningkatkan efisiensi.

Menghadirkan Value Baru

                Enterprenuer bukan hanya soal harga dan keuntungan. Para enterprenuer mungkin juga termotivasi untuk memasuki industri dengan menawarkan produk yang bervalue lebih atau fokus memberikan layanan pada masyarakat. Misalnya saja, Anita Roddick mengembangkan Body Shop di saat kebanyakan produk kosmetik diuji coba pada hewan. Ia membawa aturan baru yang menghindari pengujian produk pada hewan. Ini menjadi strategi bisnis yang cukup sukses dan segera menjadi sebuah standar di industri tersebut.

Memacu Pertumbuhan Ekonomi

                Produk dan layanan baru yang dibuat oleh para enterpreneur mampu menghasilkan efek domino. Di mana hal tersebut mampu merangsang bisnis maupun sektor terkait untuk mendukung bisnis baru untuk memajukan pempertumbuhan ekonomi. Misalnya saja, selama tahun 90 an sejumlah perusahaan teknologi informasi membentuk industri TI di India. Industri tersebut dengan cepat berkembang dan banyak sektor lain mendapatkan manfaat darinya. Bisnis di industri terkait, seperti operasi call center, perusahaan pemeliharaan jaringan, dan penyedia hardware berkembang cukup pesat.

                Demikian juga, upaya pembangunan di masa depan di negara-negara berkembang memerlukan dukungan logistik yang kuat, investasi modal, dan tenaga kerja yang berkualitas. Dari programer high qualified hingga pekerja konstruksi, enterpreneur sangat bermanfaat dalam pertumbuhan perekonomian.

Meningkatkan Penghasilan Nasional

                Usaha yang dijalankan oleh seorang enterpreneur membantu menghasilkan kekayaan baru. Bisnis yang ada mungkin tetap terbatas pada market yang ada dan mampu mencapai batas tertinggi dalam hal pendapatan. Produk, layanan, atau teknologi baru yang ditawarkan enterpreneur memungkinkan market baru untuk dikembangkan sehingga mampu menciptakan kekayaan baru. Dengan demikian, peningkatan jumlah lapangan kerja serta pendapatan yang lebih tinggi berkontribusi pada peningkatan pendapatan nasional. Hal tersebut bisa terlihat dan  jumlah pendapatan pajak yang lebih tinggi dan pengeluaran pemerintah yang lebih tinggi. Pendapatan tersebut dapat digunakan pemerintah untuk berinvestasi di sektor lain yang perlu dukungan modal.

Menciptakan Perubahan Sosial

                Melalui penawaran barang dan jasa yang unik, enterpreneur mengubah ketergantungan pada sistem dan teknologi yang telah usang menjadi sesuatu yang baru. Hal ini menghasilkan peningkatan kualitas hidup, peningkatan moral, dan kebebasan ekonomi yang lebih besar. Misalnya, pasokan air yang langka di sejumlah wilayah, terkadang memaksa seseorang berhenti bekerja hanya untuk mengambil air. Hal ini tentu berpengaruh pada bisnis, produktivitas, dan pendapatan mereka. Bayangkan jika sebuah pompa inovatif bisa mengisi tampungan air mereka secara otomatis. Jenis inovasi ini memastikan seseorang bisa fokus dengan pekerjaan mereka tanpa harus khawatir mengenai kebutuhan dasar seperti air. Ketika memiliki waktu yang lebih banyak untuk ini bekerja menandakan adanya pertumbuhan ekonomi.

                Untuk contoh yang lebih kontemporer, smartphone dan aplikasi telah merevolusi kerja dan bermain di seluruh dunia. Smartphone tidak eksklusif diperuntukan bagi negara tertentu atau orang kaya. Seiring tumbuhnya pasar ponsel cerdas, enterpreneur di bidang teknologi bida memiliki dampak mendalam dan tahan lama bagi dunia. Selain itu, globalisasi teknologi membuat para enterpreneur  di negara-negara berkembang bisa memiliki akses yang sama dengan rekan-rekan enterpreneur di negara-negara kaya. Selain itu juga mendapatkan keuntungan dari biaya hidup yang jauh lebih rendah. Sehingga seorang enterpreneur muda dari negara berkembang mampu bersaing dengan produk bernilai jutaan dolar dari negara maju.

Pengembangan Masyarakat

                Enterpreneur secara teratur memelihara usaha dengan orang-orang yang berpikiran sama. Mereka juga berinvestasi dalam berbagai proyek komunitas dan memberikan dukungan finansial kepada badan amal setempat. Hal ini memungkinkan pengembangan lebih lanjut di luar bisnis yang mereka jalankan.

                Sebuah komunitas akan menjadi lebih baik jika basis pekerjaannya sangat beragam di antaranya banyak bisnis enterpreneur kecil. Hal ini membuat fasilitas ritel menjadi berlimpah, tingkat kepemilikan rumah jadi lebih tinggi, menurunnya kawasan kumuh dan peningkatan standar sanitasi. Hingga anggaran yang lebih tinggi untuk biaya pendidikan, rekreasi, serta kegiatan keagamaan. Dengan demikian, enterpreneur mengarah pada stabilitas dan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik.

Menciptakan Peluang Kerja

                Perusahaan-perusahaan enterpreneur menyumbang banyak lapangan pekerjaan baru. Hal tersebut memberikan pekerjaan tingkat awal sehingga membutuhkan pelatihan kerja atau agar bisa mendapatkan pengalaman kerja bagi pekerja tidak terampil. Perusahaan kecil menjadi satu-satunya sektor yang menghasilkan sebagian besar lapangan kerja dari total lowongan pekerjaan yang ada setiap tahun. Lebih jauh lagi, bisnis enterpreneur juga mempersiapkan dan memasok tenaga kerja berpengalaman ke sejumlah industri besar.

Menghadirkan Inovasi

                Bisa dikatakan jika enterpreneurship atau kewirausahaan merupakan inkubator inovasi. Inovasi menciptakan disequilibria dalam kondisi keteraturan saat ini. Hal ini melampaui penemuan dan melakukan implementasi dan komersialisasi, inovasi.

                Inovasi, penelitian, dan pengembangan disumbangkan oleh kewirausahaan. Dengan demikian, wirausaha menghadirkan inovasi dengan menawarkan bisnis baru. Baik dari segi produk, teknologi, pasar, kualitas barang dan lain sebagainya. Dan pada ekonomi, hal tersebut meningkatkan Produk Domestik Bruto dan standar hidup masyarakat.

Meningkatkan Standar Hidup

                Standar hidup merupakan konsep yang dibangun dari peningkatan jumlah konsumsi rumah tangga mengenai berbagai barang dan jasa selama periode tertentu. Jadi hal tersebut sangat tergantung pada ketersediaan produk yang beragam di pasar. Dan usaha kewirausahaan menyediakan berbagai jenis produk berbeda dengan inovasi mereka.

                Di samping itu, hal tersebut juga meningkatkan pendapatan orang-orang yang bekerja di lingkungan bisnis wirausaha. Hal tersebut mampu menyerap tenaga kerja sehingga mampu meningkatkan konsumsi barang dan jasa lebih banyak. Dengan begitu, kewirausahaan mampu meningkatkan standar hidup rakyat di suatu negara.

 

Kesimpulan

                Enterprenuer merupakan suatu hal yang penting dalam memajukan perekonomian negara. Selain mampu mengombinasikan faktor-faktor produksi seperti alam, tenaga kerja, modal dan keahlian, pada titik tertentu enterprenuer bisa meningkatkan produktivitas nasional. Banyak dampak positif yang bisa kita rasakan bila Entrepreneur dalam suatu negara itu berkembang. Seperti dapat menyediakan lapangan pekerjaan untuk para pencari kerja. Dengan terserapnya tenaga kerja maka tingkat pengangguran jadi berkurang. Menurunnya tingkat pengangguran ini dapat berdampak positif terhadap kenaikan pendapatan perkapita. Selain itu, enterprenuer juga dapat menyumbang devisa negara melalui pajak usaha. Bisa dikatakan bahwa entrepreneurship itu adalah tulang punggung perekonomian bangsa (the backbone of economy) sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah para entrepreneur.

Daftar Pustaka

Ø  Harefa, Andrias,dkk. The Ciputra’s way: Praktik Terbaik Menjadi Entrepreneur sejati. 2007. Jakarta: Gramedia

Ø  https://investor.id/business/201327/peran-penting-kewirausahaan-bagi-pertumbuhan-ekonomi-dan-bisnis

Ø  https://bec.bsi.ac.id/baca-artikel/2016/11/apa-kewirausahaan-itu-penting-dalam-kehidupan-kita


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.