September 04, 2022

PENTINGNYA KREATIVITAS DALAM BERWIRAUSAHA

 


Luthfia Hamidah (@V31-LUTHFIA)

ABSTRAK

Orang-orang yang memiliki kreativitas dan invoasi yang tinggi dalam hidupnya. Secara epistimologis, sebenarnya kewirausahaan hakikatnya adalah suatu kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat dan kiat dalam menghadapi tantangan hidup. Seorang wirausahawan tidak hanya dapat berencana, berkata-kata tetapi juga berbuat, merealisasikan rencana rencana dalam pikirannya ke dalam suatu tindakan yang berorientasi pada sukses. Maka dibutuhkan kreatifitas, yaitu pola pikir tentang sesuatu yang baru, serta inovasi, yaitu tindakan dalam melakukan sesuatu yang baru.

Kata Kunci : Kewirausahaan, Kreativitas, Wirausaha

 

PENDAHULUAN

Wirausaha adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya-sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih sukses. Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif. Sedangkan yang dimaksudkan dengan seorang Wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat, mengambil keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meraih sukses.

 

PERMASALAHAN

Bahagimana hubungan kreativitas dengan kewirausahaan?

 

PEMBAHASAN

Hubungan antara kreatifitas dengan kewirausahawan adalah, dengan adanya kreatifitas, kita dapat menciptakan atau mengkreasikan produk baru yang inovatif, lalu dengan adanya produk tersebut, maka kita bisa membuka peluang untuk menjadi wirauasahawan. Hubungan    menjadi  penting  karena adanya  pendapat  atau  paling tidak argumentasi  yang mengatakan  bahwa  kemajuan  dan keunggulan  dalam  kewirausahaan  adalah  karena  adanya  kreativitas.  Dari  hubungan  ini  akan terlihat tiga hal  yang  terkait dalam  bentuk  pertanyaan,  yaitu  apa  yang  disebut  atau dimaksud  dengan entrepreneur (wirausaha), apa entrereneurship (kewirausahaan) itu, dan apa yang  dimaksud  dengan  kreativitas  (creative).

·         Wirausahawan adalah, seseorang yang tanggap terhadap peluang dan memiliki rasa kebebasan baik secara pribadi maupun organisasi untuk bertindak atas peluang tersebut. Kewirausahaan, itu berkonotasi implementasi, melakukan.

·         Sementara kreativitas menyiratkan, visi tentang apa yang mungkin, wirausahawan menerjemahkan visi kreatif itu ke dalam tindakan, menjadi visi manusia yang memandu pekerjaan sekelompok orang.

·         Istilah inovasi menyarankan, proses implementasi di mana inspirasi kreatif mengarah pada hasil praktis.

Dengan memiliki kreativitas dalam berusaha, maka seorang wirausaha selalu memiliki terobosan baru untuk usahanya dan memilki peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Jika kreativitas dikembangkan maka usaha tersebut akan maju dan terus berkembang sehingga tujuan perusahaan tersebut akan tercapai dengan baik. Tujuan diperlukannya suatu kreativitas adalah memiliki keunggulan dalam suatu produk dibandingkan dengan para pesaing. Jika suatu perusahaan tidak memiliki dan mengembangkan suatu kreativitas maka perusahaan tersebut tidak akan dapat berkembang dan akan tertinggal oleh perusahaan-perusahaan lainnya.

 

KESIMPULAN

Jadi dapat disimpulkan bahwa kreatifitas erat hubungannya dengan wirausaha. Seorang wirausahawan pasti akan mempunyai kreatifitas yang tinggi, ide yang dimilikinya dijadikan sebuah wirausaha. Berbeda dengan berdagang, tidak ada nilai kreatifitasnya, dimana mereka menjalankan usaha memang untuk mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

 

DAFTAR PUSTAKA

Modul Mata Kuliah Kewirausahaan III. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Pranama, Aditya Putra, DKK. 2014. “Hubungan Antara Kreativitas Terhadap Bisnis dan Memahami Diri”. Universitas Brawijaya Malang.

http://trisilfia17.blogspot.com/p/blog-page_0.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.