September 11, 2022

PENTINGNYA STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

 

Oleh: Vanie Cahyani Rachmanindya (@V29-VANIE)

ABSTRAK
Sebuah perusahaan harus mampu mengikuti peruubahan yang terjadi baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan. Salah satu faktor terjadinya perubahan suatu peruusahaan adalah adanya persaingan. Seiring dengan perubahan berkembangnya suatu bisnis yang membuat persaingan menjadi ketat. Oleh karena itu, setiap peruusahaan tentunya memiliki strategi masing – masing dalam menghadapi persaingan, permasalahannya adalah tepatkah strategi itu dipergunakan oleh perusahaan tersebut.


Kata Kunci: Strategi pemasaran, Kewirausahaan.



PENDAHULUAN
Persaingan sekarang semakin dinamis dan hal itu mendorong banyaknya bermuculan perusahaan, baik itu bergerak di bidang jasa maupun barang. Para wirausahawan berlomba-lomba untuk memanfaatkan disetiap peluang yang ada untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan para konsumen sehingga para konsumen tetap loyal. Secara umum semua perusahaan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang optimal,maka kegagalan dalam melaksanakan kegiatan pemasaraan akan membawa akibat-akibat yang cukup fatal bagi perusahaan.

Strategi pemasaran adalah cara yang paling tepat dalam upaya meningkatkan volume penjualan, caranya ialah dengan menerapkan harga,promosi serta saluran distribusi terhadap barang dan jasa yang bisa memberikan kepuasaan kepada konsumen. Setiap perusahaan dapat meningkatkan penjualan produknya dengan menggunakan sistem yang efektif, serta strategi-strategi yang khusus dalam meningkatkan pasar konsumen yang ada.

PEMBAHASAN
Pemasaran
Pemasaran (dalam Bahasa inggris:marketing) adalah aktivitas, serangkaiain institusi dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien dan masyarakat umum.pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.proses dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran.mulai dari pemenuhan produk(product), penetapan harga(price), dan memproduksikan barang (promotion).
Kotler (2004,81):strategi pemasaran adalah pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya.strategi pemasaran berisi strategi spesik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaran pemasaran.

Penjualan
Menurut Wiliam G.Nickels (1998:10) penjualan adalah proses dimana sang penjual memuaskan segala kebutuhan dan keinginan pembeli agar dicapai manfaat baik bagi sang penjual maupun pembeli yang berkelanjutan dan yang menguntungkan kedua belah pihak.
Sedangkan Sugiyono (2008 : 115) mengemukakan bahwa populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek / subjek, yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

KESIMPULAN
Strategi pemasaran berpengaruh terhadap peningkatan penjualan pada perusahaan, tinggi atau rendahnya strategi pemasaran di pengaruhi peningkatan penjualan. Dengan mengembangkan strategi pemasaran yang menarik akan semakin menarik perhatian konsumen.

DAFTAR PUSTAKA
William, G. Nickels. 2000. Marketing Principles, Second Edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.
Kotler, Philip. (2004,81). Definisi Strategi Pemasaran, www.sarjanaku.com, 15 Desember 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.