September 23, 2022

PERAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMASUKI PASAR GLOBAL

Oleh : Shazfa Zakirah Yasmeenah (@V22-SHAZFA)


Abstrak 

Perkembangan zaman atau yang disebut dengan era globalisasi turut mempengaruhi lingkungan dan cara berbisnis. Globalisasi, mengacu pada keseberagaman hubungan dan saling keterkaitan antara negara dan masyarakat yang membentuk sistem dunia modern. Adanya globalisasi mempermudah transaksi jual beli antar negara seperti ekspor dan impor. Dalam ekspor dan impor terdapat manfaat maupun efek samping. 

Kata Kunci : Globalisasi, Kewirausahaan, Ekspor, Impor 


PENDAHULUAN

Era globalisasi sekarang ini banyak negara didunia sudah mulai bergerak dengan segala potensi yang dimilikinya. Indonesia masih tertinggal jauh dengan masalah perekonomian itu. Hal ini disebabkan rendahnya pertumbuhan ekonomi, banyaknya jumlah pengangguran, kemiskinan yang menjamur, kesenjangan penghasilan dan kurangnya minat untuk berwirausaha.

Kondisi yang dihadapi akan semakin diperburuk dengan situasi persaingan global (misal pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN/MEA) yang akan memperhadapkan lulusan perguruan tinggi Indonesia bersaing secara bebas dengan lulusan dari perguruan tinggi asing. Dunia kerja semakin menjadi sempit, sementara masyarakat yang membutuhkan kerja terus meningkat. 

Globalisasi telah mengubah cara wirausaha berbisnis dan mempengaruhi kesuksesan maupun kegagalan sebuah usaha. Menurut Audretsh (2003), globalisasi telah mempengaruhi praktik Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam dua cara, yaitu memfasilitasi aktivitas transnasional bagi UKM dan mengubah Peran UKM di dalam negeri itu sendiri. Aktivitas transnasional meliputi ekspor hingga investasi'asing langsung (foreign direct inaestment) serta partisipasi aktif di saluran pemasaran global yang mampu memberikan nilai tambah bagi UKM.


PEMBAHASAN

Menurut Peter Drucker (1993) globalisasi merupakan era masyarakat pengetahuan dengan sumber daya utama masyarakat bukan lagi bertumpuh pada alam, namun pada pengetahuan. Pengertian Globalisasi, mengacu pada keseberagaman hubungan dan saling keterkaitan antara negara dan masyarakat yang membentuk sistem dunia modern. Pergeseran ekonomi global yang sangat pesat membuka peluang dan tantangan besar bagi wirausahawan yang berkeinginan mengusai dunia. 

Kewirausahaan (entrepreneurhip) merupakan suatu kemampuan dalam menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda (Suryana, 2006). Dalam hal ini, tidak dapat di pungkiri bahwa kewirausahaan dapat membantu menyediakaan begitu banyak kesempatan kerja, berbagai kebutuhan konsumen, jasa pelayanan, serta menumbuhkan kesejahteraan dan tingkat kompetisi suatu negara. Saat ini setiap perguruan tinggi sudah mengusahakan agar mahasiswanya dapat bersaing ketika mereka mengabdi di masyarakat. Banyak pelatihan dan pembelajaran tentang kewirausahaan dilakukan oleh masing masing perguruan tinggi di Indonesia. 


Strategi Memasuki Pasar Global

Ekspor adalah salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan cara penjualan atau mengeluarkan barang dari dalam negeri dan di kirimkan ke negara lain. Sedangkan Impor adalah kegiatan pembelian jasa atau barang dari satu negara di kirim ke negara lain. Bila kegiatan pengiriman barang ini berskala besar, kita memerlukan bantuan bea cukai. Namun terkadang pemerintah menaikkan tariff pajak pada produk impor yang harus ditanggung oleh importir. 

Tujuan diadakan kegiatan ekspor dan impor adalah upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan menambah pendapatan devisi bagi negara dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat. 

Berikut ini beberapa tujuan dari kegiatan ekpor antara lain:

1. Membuka perdagangan di luar negeri.

2. Menambah pendapatan devisa.

3. Menambah harga jual tinggi.

Sedangkan tujuan dari impor antara lain:

1. Kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

2. Kebutuhan barang produksi dapat diperoleh dari luar negeri.

3. Kebutuhan barang diperoleh dapat terjangkau oleh masyarakat.

4. Kegiatan dari ekspor dan impor banyak memberikan manfaat bagi negara maupun masyarakat yang melakukannya. 


manfaat ekspor sebagai berikut:

1. Menambah pendapat devisa Devisa, berfungsi untuk meningkatan perekonomian suatu negara berkembang maupun maju.

2. Memperluas perdagangan bagi produk dalam negeri Kegiatan ekspor berperan sentral dalam pemasaran produk-produk dalam negeri ke luar negeri.

3. Menambah lapangan kerja. Tersedianya lapangan kerja yang besar dalam upaya untuk mengurangi angka pengangguran di dalam negeri.

4. Meningkatkan kerjasama antar negara Hubungan kerjasama antar negara dibidang ekonomi sangatlah penting, karena tiap negara saling membutuhkan barang atau material.

Selain ekspor, impor juga mempunyai beberapa manfaatnya antara lain sebagai berikut:

1. Memperoleh bahan baku. Bahan baku sangat dibutuhkan dalam kegiatan produksi barang, maka ketersedian pemasokan bahan baku harus terjaga agar produksi berjalan lancar dan aman untuk ke depannya.

2. Memperoleh teknologi modern. Di Indonesia sangat minim tersedianya teknologi modern, maka dari itu Indonesia impor beberapa barang teknologi modern guna memperoleh hasil produksi sangat efisien.

3. Menambah pendapatan devisa. Bukan hanya ekspor yang menambah pendapatan devisa, ternyata manfaat impor juga menambah pendapata devisa dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor nilai jual barang dibandingkan dari kegiatan ekpor.


Efek-efek Strategis dengan Memasuki Pasar Global

Memasuki pasar global menimbulkan beragam jenis lingkungan dan cara baru dalam berbisnis, masuk pasar global juga disertai sekumpulan masalah yang beragam dan luas, yang benar-benar baru. Kedekatan fisik dan psikologis pada pasar internasional mempengaruhi beberapa pengusaha global.

Kedekatan geografis pada pasar asing mungkin tidak selalu memberikan suatu kedekatan yang dirasakan oleh konsumen asing. Kadang kala variabel budaya, bahasa, dan faktor-faktor hukum dapat membuat sebuah pasar asing secara geografis dekat tampak jauh secara psikologis.


KESIMPULAN

1. Globalisasi merupakan era masyarakat pengetahuan dengan sumber daya utama masyarakat bukan lagi bertumpuh pada alam, namun pada pengetahuan.

2. Kewirausahaan (entrepreneurhip) merupakan suatu kemampuan dalam menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda

3. Strategi dalam memasuki pasar global yaitu dapat dimulai dengan melakukan ekspor maupun impor

4. Dalam ekpor impor selain terdapat manfaat, terdapat efek samping salah satunya seperti beragam jenis lingkungan dan cara baru dalam berbisnis. 


Daftar Pustaka

Hidayat, A. A. (2022). U002100013 : Kewirausahaan III : Strategies For Going Global and Barrier to International Trade [Word File]. Universitas Mercu Buana.

Atmaja, H. E., Verawati, D. M. (2021). MENINGKATKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN DI ERA GLOBAL MELALUI E-COMMERCE. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Unsurya Vol. 6, No. 1.

http://www.pendidikanekonomi.com/2013/05/kewirausahaan-memasuki-pasar-global.html?m=1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.