September 25, 2022

PIRAMIDA KEWIRAUSAHAAN GLOBAL MODERENISASI

 



ABSTRAK

Menjadi global adalah upaya perusahaan untuk memperluas jangkauan bisnisnya ke seluruh dunia. Ini tidak hanya berbicara tentang basis pelanggan tetapi juga fasilitas produksi, pengambilan keputusan, manajemen, dan pendapatan.

PENDAHULUAN

Perubahan yang cepat akibat pemanfaatan Artificial Intelligence (AI), Internet of Things, Human-Machine Interface, dan merebaknya fenomena sharing economy. Hal ini menjadi momentum untuk menjadikan kewirausahaan UMKM yang didukung kreativitas dan inovasi sebagai garda terdepan memenangkan persaingan ekonomi global.

Era revolusi industri 4.0  semakin menjadikan pengembangan kewirausahaan UMKM sebagai salah satu isu strategis yang perlu mendapatkan perhatian kita bersama, utamanya  dalam memastikan  pengembangan kebijakan yang kondusif dalam mendukung Indonesia Maju.

 Kewirausahaan UMKM dilakukan dengan membangun sinergitas dalam pemetaan potensi kewirausahaan, menciptakan iklim kewirausahaan, menumbuhkembangkan kewirausahaan dan inkubasi kewirausahaan serta dukungan pembiayaannya.

PERMASALAHAN

Perkembanga dunia sangat berkembang pesat dalam bidang apapun terutama dalam bidang kewirausahaan, yang di mana perkembangan kewirausahaan ini sudah dapat terakses kedalam berbagai belahan dunia, berkembangnya kreativitas dan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang pada pada akhirnya mendisrupsi berbagai sendi kehidupan global, termasuk persaingan dalam bidang ekonomi. Maka dalam hal tersebut :

            -Beradaptasi dalam perubahan yang sangat signifikan

            -Meng-upgread cara berwirausaha yang efektif

            - Kunci permainan perdagangan global

PEMBAHASAN

I.                   BERADAPTASI DALAM PERUBAHAN

Kewirausahaan UMKM dilakukan dengan membangun sinergitas dalam pemetaan potensi kewirausahaan, menciptakan iklim kewirausahaan, menumbuhkembangkan kewirausahaan dan inkubasi kewirausahaan serta dukungan pembiayaannya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, terminologi kewirausahaan pertama kali muncul pada abad 18. Diawali dengan penemuan-penemuan baru seperti mesin uap, mesin pemintal, di mana dalam awal sejarah perkembangannya kewirausahaan menjadi motor pertumbuhan dan perluasan organisasi melalui inovasi dan kreativitas.

Pengertian kewirausahaan relatif berbeda-beda antar para ahli/sumber acuan sesuai dengan titik berat perhatian atau penekanannya. Kewirausahaan dapat dimaknai sebagai penciptaan organisasi baru (Gartner, 1988), menjalankan kombinasi (kegiatan) yang baru (Schumpeter, 1934), ekplorasi berbagai peluang (Kirzner, 1973), menghadapi ketidakpastian (Knight, 1921), dan mendapatkan secara bersama faktor-faktor produksi (Say, 1803).

Dari beragam pengertian kewirausahaan yang ada, secara sederhana makna wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan, berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti (Kasmir, 2007).

Lebih lanjut Schumpeter memaparkan bahwa kunci utama perkembangan ekonomi adalah para inovator dan wiraswasta. Kemajuan ekonomi suatu masyarakat hanya bisa terwujud dengan adanya inovasi oleh para entrepreneur. Schumpeter juga membedakan pengertian antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi.

II.                KEWIRAUSAHAAN UPGREAD METODE

Mengembangkan strategi perdagangan internasional dapat menjadi usaha yang signifikan untuk bisnis dari berbagai ukuran. Oleh karena itu, mengembangkan satu untuk usaha kecil menimbulkan beberapa tantangan unik. Inti dari setiap strategi global untuk perdagangan harus fokus pada tujuh konsep utama:

Pada teori kewirausahaan destruksi kreatif (the creative destruction theory of entrepreneurship) yang digagas oleh Joseph A. Schumpeter, wirausahawan dipandang sebagai inovator utama dan kewirausahaan adalah pendorong utama ekonomi, menciptakan pertumbuhan ekonomi melalui badai penghancuran kreatif (Schumpeter, 1947).

Representasi modern yang hebat dari teori Schumpeter tentang penghancuran kreatif dalam kewirausahaan adalah perusahaan rintisan (start-up) yang inovatif. Start-up bertujuan untuk memecahkan masalah yang ada yang dialami oleh pasar dan penawaran incumbent saat ini. Start-up juga bertujuan untuk menciptakan solusi baru yang pada akhirnya akan mengambil alih produk atau layanan yang ada di pasar dengan menghancurkannya.

III.             GERBANG KEWIRAUSAHAAN MODEREN

Penawaran Kuat

Setiap rencana yang berhasil untuk perdagangan internasional harus dimulai dengan produk yang unik dan berkualitas tinggi. Meniru apa yang sudah tersedia di pasar akan mencegah pendatang baru mengukir ruang, karena pemain lama dan produsen dalam negeri di luar negeri memiliki keuntungan menjadi pemain lama. Produk yang tepat membuat perbedaan besar dalam hal peluang perdagangan di luar negeri.

Peluang pasar

Membangun strategi global berarti melakukan riset pasar yang ekstensif. Usaha kecil harus siap mengerjakan pekerjaan rumah mereka: ini berarti menyelami secara mendalam nuansa peluang pasar yang sedang dipertimbangkan, mengukur pesaing internasional dan domestik, menilai permintaan produk, dan mengembangkan proposisi bisnis unik yang membuatnya berharga untuk membangun operasi internasional .

Logistik Rantai Pasokan

Pertimbangan rantai pasokan, seperti manajemen dan logistik, menjadi semakin penting saat memasuki perdagangan global. Baik Anda mengekspor barang langsung dari Kanada atau menginstruksikan produsen luar negeri untuk mengirimkan barang ke lokasi geografis baru, Anda harus membangun rantai pasokan yang kuat dengan sesedikit mungkin kelemahan. Pastikan bahwa mitra Anda saat ini dapat mendukung pengiriman yang stabil ke klien dan pos terdepan internasional. Kegagalan untuk melakukannya dapat menimbulkan masalah signifikan saat mengajukan pesanan awal karena bisnis Anda mulai mendapatkan daya tarik di lokasi barunya.

Kepatuhan Hukum Internasional

Pertimbangan hukum untuk perdagangan internasional mungkin melibatkan tiga rangkaian aturan dan peraturan yang berbeda: hukum domestik di basis negara, hukum di negara tempat Anda ingin mendirikan toko, dan hukum internasional yang mengatur perdagangan global. Kepatuhan terhadap ketiga rangkaian standar ini membutuhkan kepatuhan yang teguh terhadap pedoman serta dedikasi untuk mengikuti perubahan yang sering terjadi. Membawa tim hukum yang kuat yang memahami seluk beluk kepatuhan adalah yang terpenting. Pertimbangkan untuk menyewa bantuan lokal di negara tujuan ekspor Anda juga, karena mereka akan berada dalam posisi terbaik untuk memberikan saran tentang perubahan yang terjadi.

Kemitraan Strategis

Menemukan mitra lokal untuk membantu logistik dan penjualan last-mile juga penting. Apakah Anda berencana untuk mendirikan kantor di negara lain atau hanya ingin memperluas tempat Anda melakukan bisnis, memiliki jaringan kontak dan mitra yang dapat dipercaya dapat membuat proses yang sulit menjadi sedikit kurang menantang. Mitra lokal yang baik dapat membantu memandu bisnis melalui kebiasaan dan tantangan yang muncul saat beroperasi di lokasi baru.

Sumber Daya Lokal

Saat membangun koneksi dengan entitas lokal, pastikan untuk tidak mengabaikan sumber daya lokal yang dapat membantu Anda dengan ambisi internasional Anda. CanExport adalah sumber daya yang luar biasa untuk usaha kecil dan menengah yang ingin mendapatkan panduan (dan bahkan bantuan keuangan) untuk menjalankan dan menjalankan operasi internasional mereka. Pemerintah Kanada juga menawarkan kiat dan alat bermanfaat lainnya yang dirancang khusus untuk bisnis yang ingin memasuki pasar baru, yang juga dapat menjadi sumber yang bagus.

Setiap strategi perdagangan internasional hanya sekuat tim di belakangnya. Staf perusahaan Anda membutuhkan panduan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti agar berhasil membawa bisnis Anda ke pasar baru. Mempekerjakan talenta yang tepat—idealnya kandidat dengan pengalaman di bidang ekspor—dan mendorong pertumbuhan internal dapat membuat inisiatif ambisius yang berpotensi padat modal lebih mudah diluncurkan.

 

KESIMPULAN

Manfaat kewirausahaan global membentuk piramidanya yang berbeda pada pertumbuhan ekonomi untuk bisnis lebih besar daripada tantangan dan pekerjaan yang terlibat dalam memulai. Meskipun ada banyak sekali faktor yang harus masuk ke lini bisnis bisnis internasional yang kuat dan sukses, menanganinya dengan kerangka berpikir yang benar akan membuat perbedaan besar.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www.americanexpress.com/en-ca/business/trends-and-insights/articles/7-strategies-for-international-trade/

https://www.setneg.go.id/baca/index/kewirausahaan_umkm_dan_pertumbuhan_ekonomi

https://www.askattest.com/blog/articles/6-ways-to-break-through-the-barriers-to-international-expansion


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.