September 11, 2022

PROSES KREATIF DAN IDE DALAM MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAAH

 

Oleh: Rahmat Bagus Dewanto (@V40-RAHMAT)

ABSTRAK

Perkembangan zaman ini, proses kreatif dan ide dalam meningkatkan jiwa kewirausaahan bisa dilakukan dalam bidang apa saja. Dengan makin banyak nya kebutuhan manusia di zaman maju dan berkembang ini, ke efektifan dan kepraktisan sangat diutamakan. Sebagai seorang wirausahaan harus dapat mengambil peluang tersebut dengan melihat keresahan dan kebutuhan masyarakat.

PEMBAHSAN

Proses kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan atau daya cipta, kreatif juga merupakan kemampuan seseorang untuk melahrikan sebuah gagasan untuk melahirkan sesuatu yang baru berupa gagasan, karya yang belum ada. Sedang kan Ide merupakan suatu rancangan yang tersusun didalam pikiran, gagasan, maupun cita-cita.

Untuk membangun jiwa kewirausahaan, seorang-seorang harus berfikir kritis dan menggali ide-ide kreatif. Berikut merupakan beberapa cara seseorang meningkatkan jiwa kewirausahaan.

MEMULAI BISNIS DENGAN NIAT & KEYAKINAN

Seorang wiraushaan harus mempunyai niat dan keyakinan dalam memulai sebuah bisnis, kenapa ? karna niat dan keyakinan menjadi kunci dasar dan pondasi seseorang dalam memulai sebuah bisnis.

MELIHAT PELUANG BISNIS DENGAN CEPAT & TEPAT

Banyak orang memulai bisnis mandiri karena memanfaatkan peluang yang mereka peroleh di lingkungannya. Peluang harus dicari, bila perlu pergilah melakukan perjalanan sekedar untuk mencari peluang-peluang bisnis. Karena setiap orang yang berwirausaha harus pandai mencari peluang. Dari peluang itulah bisa tercipta produk atau jasa yang dibutuhkan banyak orang.

MEMILIKI KEMAMPUAN MARKETING

Hal ini sangat penting dimiliki oleh calon entrepreneur. Bila tidak, semua hanya tinggal angan-angan. Kemampuan menjual adalah satu-satunya cara untuk menarik minat orang agar mau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan terus melatih dan mencoba, kemampuan menjual dapat berkembang dari waktu ke waktu.

 

DAFTAR PUSTAKA

Kbbi.web.id

Jurnal.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.