September 11, 2022

Strategi  Bisnis Langkah Meraih Kesusksesan Bisnis

Oleh : Shazfa Zakirah Yasmeenah (@V22-SHAZFA)


Abstrak

Penulisan ini berisi tentang pemahaman seputar strategi bisnis mulai dari pengertian, pengembangan strategi, komponen srategi, fungsi strategi hingga contoh-contoh strategi bisnis. Dalam memulai suatu bisnis, tentunya banyak hal penting yang perlu disiapkan guna menunjang kelancarannya. Salah satunya yaitu merancang strategi bisnis. Strategi bisnis merupakan tindakan yang dilakukan atas dasar pengambilan keputusan oleh perusahaan untuk mencapai target dan tujuan bisnisnya. Hal-hal yang meliputi pengembangan strategi kewiraushaan yaitu orientsai strategi, komitmen terhadap peluang, komitmen terhadap sumber daya, kontrol terhadap sumber daya dan kebijkan balas jasa. Memahami strategi bisnis sangat penting untuk para pelaku usaha sebagai tahap awal merintis suatu bisnis

Kata kunci : Strategi Bisnis, Bisnis, Kewirausahaan


PEDAHULUAN

        Dalam memulai suatu bisnis, tentunya banyak hal penting yang perlu disiapkan guna menunjang kelancarannya. Salah satunya yaitu merancang strategi bisnis. Strategi bisnis adalah rancangan keputusan terkait ide atau aksi yang akan dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai target dan tujuan bisnisnya.Untuk membuat strategi bisnis, terdapat beberapa komponen serta fungsi yang perlu di perhatikan. Maka dari itu, strategi bisnis harus dirancang dengan tepat ketika memulai sebuah bisnis.

         Dalam lingkungan bisnis yang semakin ketat, sebuah usaha harus memiliki keunggulan kompetittf agar dapat mempertahankan keberlanjutan usaha dan memenangkan persaingan. Fungsi paling kritis yang dilakukan oleh para pemimpin perusahaan untuk bisnisnya adalah menentukan dan mengelola perencanaan strategis. Pemimpin perusahaan harus dapat menciptakan strategi yang efektif, dalam arti bahwa strategi tersebut dapat mendorong terjadinya keselarasan antara perusahaan dengan lingkungannya dan juga dengan pencapaian tujuan strategisnya. Kendala yang sering terjadi dalam sebuah manajemen adalah inkonsistensi dalam pelaksanaan strategi, seringkali dikatakan ganti manajemen maka akan berganti kebijakan, inkonsistensi ini yang biasanya akan menjadi kendala.


PEMBAHSAN

           Strategi bisnis adalah tindakan yang dilakukan atas dasar pengambilan keputusan oleh perusahaan untuk mencapai target dan tujuan bisnisnya. Dengan kata lain, strategi bisnis adalah aksi dan proses perusahaan dalam mendukung aktivitas bisnisnya sehingga mendapatkan keuntungan. Tujuan utama dari dibuatnya strategi bisnis adalah, perusahaan dapat mengontrol jalannya bisnis melalui identifikasi, pasar, kompetitor, konsumen dan lainnya. Strategi bisnis di dalam suatu perusahaan juga mampu menyatukan antar departemen untuk dapat bekerja sama, dalam mengambil keputusan.

Pengembangan Strategi Kewirausahaan

1.      Orientasi Strategis

Dalam membentuk strategi suatu perusahaan, orientasi kewirausahaan lebih menekankan pada penggunaan peluang terhadap sumber daya yang tersedia. Perubahan teknologi, perubahan kemampuan serta kemauan konsumen untuk membayar lebih tinggi harga barang atau jasa yang diinginkan, dan perubahan gaya hidup serta perubahan politik seperti adanya peraturan-peraturan baru akan menarik perusahaan ke dalam pola tingkah laku kewirausahaan.

2.      Komitmen terhadap Peluang

Perbedaan seorang yang berjiwa wirausaha dengan yang tidak berjiwa wirausaha adalah dalam kemampuannya memahami bisnis dengan sangat baik sehingga mereka bukan hanya mampu membuat komitmen lebih dahulu dibandingkan orang lain, mereka juga mengetahui kapan harus keluar dari suatu bisnis. 

3.      Komitmen Terhadap Sumber Daya

Para wirausaha harus mampu mendapatkan hasil maksimal dengan sumber daya minimal. Tekanan dari dunia internasional untuk menggunakan sumber daya secara lebih efisien akan mendorong perusahaan ke arah pola tingkah laku kewirausahaan. Sedangkan, pelaku ekonomi terdorong ke arah pola tingkah laku administratif bila muncul dorongan untuk mengurangi risiko dengan jalan menyediakan lebih banyak sumber daya sesuai dengan kebutuhan untuk sebuah sistem perencanaan yang lebih konservatif.

4.      Kontrol Terhadap Sumber Daya 

Menurut Stevenson, pola tingkah laku kewirausahaan mencakup kemampuan untuk menggunakan sumber daya yang dimiliki orang lain seperti keahlian-keahliannya, ide-idenya, dan bakat-bakatnya serta memutuskan sumberdaya apa saja yang akan diperlukan perusahaan.

5.      Kebijakan Balas jasa 

Faktor-faktor yang mendorong pola tingkah laku kewirausahaan adalah harapan-harapan individu serta persaingan kemampum yang ahirnya menciptakan sistem balas jasa yang adil di dalam perusahaan. Sedangkan, kesukaran di dalam mengukur kontribusi yang telah diberikan seseorang, serta keengganan para pemegang saham untuk memberikin imbalan yang tinggi akan menciptakan pola tingkah laku administratif yang tidak mendorong kreativitas dan bisa memudarkan semangat kewirausahaan dalam organisasi.

Komponen Strategi Bisnis

Selanjutnya, ada beberapa komponen atau unsur dalam strategi bisnis yang perlu diketahui. Komponen-komponen strategi bisnis adalah diantaranya.

1.      Visi dan Misi Perusahaan

Dengan membuat visi dan misi, perusahaan dapat lebih terarah dalam mencapai target bisnis. Visi dan misi dalam strategi bisnis adalah dasar kebijakan dari bisnis dalam menyusun tugas-tugas apa saja yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan. Dan juga siapa saja yang bertanggung jawab atas tugas tersebut.

2.      Nilai Dasar (Core Value) Perusahaan

Tujuan dari Nilai dasar perusahaan pada strategi bisnis adalah untuk mengkoordinasikan pemangku kepentingan serta departemen-departemen perusahaan. Hal tersebut terkait dengan apa saja yang wajib dan tidak boleh dilakukan.

3.      Analisa SWOT

Strength, weakness, opportunity, dan threat atau disingkat SWOT adalah komponen strategi bisnis yang umumnya dilakukan perusahaan. Analisa SWOT dapat membantu perusahaan dalam menyadari kekuatannya dan memanfaatkannya sebagai peluang menguntungkan serta dapat membantu perusahaan dalam memahami setiap kekurangan dan ancaman.

4.      Metode Strategi Bisnis

Metode atau taktik dalam strategi bisnis adalah memaparkan rangkaian aktivitas operasional bisnis secara rinci seperti tempo melakukan pekerjaan harus dilakukan semaksimal mungkin.

5.      Rencana Pembagian Sumber Daya

Selanjutnya, strategi bisnis adalah dimana Anda dapat mencari, menemukan, serta membagikan sumber daya tersebut untuk menunjang pencapaian target serta tujuan bisnis. Dalam hal ini juga, Anda perlu menentukan siapa saja yang menerima sekaligus bertanggung jawab atas sumber daya tersebut.

6.      Pengukuran

Komponen terakhir, strategi bisnis juga meliputi pengukuran kuantitas dan kualitas output perusahaan serta mengevaluasi kinerjanya terkait dengan target yang dituju sesaat sebelum melaksanakan strategi bisnis.

Fungsi & Pentingnya Strategi Bisnis

1.      Perencanaan

Strategi bisnis adalah sebagai alat bantu dalam merancang dan meneliti langkah-langkah kunci yang akan diambil guna mencapai target dan tujuan bisnis.

2.      Kelebihan dan Kekurangan

Dalam membangun sebuah strategi bisnis, perusahaan perlu menyadari, memahami, serta mengevaluasi kelebihan dan kekurangan bisnis perusahaan. Sehingga dapat memanfaatkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan perusahaan.

3.      Efisiensi

Selain itu, dalam menyusun strategi bisnis sebuah perusahaan harus bisa mengalokasikan dan memanfaatkan segala sumber daya secara efektif dan efisien demi kelancaran bisnis kedepannya.

4.      Monitoring dan Kontrol

Monitoring dan kontrol dapat membantu untuk mengetahui bagaimana jalannya aktivitas dan proses mencapai tujuan bisnis, apakah lancar atau tidak.

5.      Keunggulan Bersaing

Fungsi terakhir dari strategi bisnis adalah untuk menciptakan keunggulan bersaing dengan kompetitor. Dengan strategi bisnis yang jelas dan rinci dan mengetahui bagaimana memanfaatkan kelebihan perusahaan.

Macam-macam Strategi Bisnis

Setelah mengetahui pengertian, komponen, serta fungsi dari strategi bisnis. Hal selanjutnya yang dapat menggambarkan lebih jelas mengenai strategi bisnis adalah contoh penerapannya. Berikut ini 10 contoh strategi bisnis adalah sebagai berikut:

·        Mengembangkan jenis produk agar semakin kreatif dan inovatif agar konsumen semakin tertarik.

·        Mempertahankan pelayanan yang prima kepada setiap konsumen agar semakin loyal.

·        Mencoba target pasar baru yang sesuai dengan nilai dan tujuan perusahaan.

·        Melakukan strategi bisnis online dan pemanfaatan teknologi secara efektif.

·        Melakukan promosi penjualan secara efektif untuk meningkatkan minat beli ulang konsumen.

·        Menjual produk dengan menggunakan berbagai platform agar konsumen semakin mudah membelinya.

·        Memberikan harga yang kompetitif namun memiliki keunggulan yang lebih.

·        Mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk secara konsisten.

·        Melakukan diferensiasi produk yang dapat menimbulkan kesan positif terhadap konsumen.

·        Mengelola segala sumber daya (manusia, waktu, energi, dan uang) secara tepat dan efisien.



KESIMPULAN

1.      Strategi bisnis adalah tindakan yang dilakukan atas dasar pengambilan keputusan oleh perusahaan untuk mencapai target dan tujuan bisnisnya.

2.      Pengembangan Strategi meliputi, orientsai strategi, komitmen terhadap peluang, komitmen terhadap sumber daya, kontrol terhadap sumber daya dan kebijkan balas jasa.

3.      Memahami strategi bisnis sangat penting untuk para pelaku usaha sebagai tahap awal merintis suatu bisnis



Daftar Pustaka

  1. Hidayat, A. A. (2022). W162100004 : Kewirausahaan III : Advance Business Strategy (Leadership and Management) [Word File]. Universitas Mercu Buana.
  2. Suci, Rahayu Puji, 2009, Peningkatan Kinerja melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Startegi Bisnis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 11, No. 1, Maret 2009 ; 46 -58, FE Universitas Widyagama, Malang.
  3. https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/12/30/strategi-bisnis-adalah 


 


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.