September 11, 2022

STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS YANG EFEKTIF

Oleh : Umi Nurul Solikhah (@V08-UMI)

ABSTRAK

Artikel ini dilatar belakangi dengan adanya persaingan bisnis yang begitu ketat. Munculnya persaingan dalam berwirausaha merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Dengan adanya persaingan, maka wirausahawan dihadapkan pada berbagai peluang dan ancaman. Untuk itu dalam pengembangan bisnis, seorang wirausahawan harus benar-benar membaca situasi yang ada. Tujuannya agar wirausahawan mengetahui calon konsumen potensial untuk produknya, serta dapat merencanakan strategi pengembangan bisnis yang efektif. Strategi pengembangan bisnis merupakan upaya mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin timbul di masa mendatang yang sulit dipastikan dan dapat memberikan arah kegiatan operasional bagi pelaksanaan kegiatan usahanya.

Kata Kunci : Persaingan, Strategi, Pengembangan Bisnis

PENDAHULUAN

Perkembangan dunia bisnis saat ini sangatlah cepat dan membuat pihak-pihak yang terlibat didalamnya harus bekerja keras agar keberadaannya tetap diakui oleh pelanggan. Bervariasinya merk dan jenis produk menunjukkan bahwa perusahaan tidak dapat hanya berdiam diri dalam melakukan bisnisnya. Mereka harus mulai berpikir dan mengalahkan para pesaingnya. Hanya perusahaan yang betul-betul kuat yang akan memenangkan persaingan.

Munculnya persaingan dalam berwirausaha merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Dengan adanya persaingan, maka wirausahawan dihadapkan pada berbagai peluang dan ancaman baik yang berasal dari luar maupun dari dalam perusahaan yang akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kelangsungan hidup usaha. Untuk itu setiap wirausaha dituntut untuk selalu mengerti dan memahami apa yang terjadi dipasar dan apa yang menjadi keinginan konsumen, serta berbagai perubahan yang ada di lingkungan bisnis sehingga mampu bersaing dengan dunia bisnis lainnya dan berupaya untuk meminimalisasi kelemahan-kelemahan dan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki. Dengan demikian para wirausaha dituntut memilih dan menetapkan strategi yang dapat digunakan untuk menghadapi persaingan.

PERMASALAHAN

Dengan adanya tekanan persaingan begitu ketat, baik secara langsung maupun tidak langsung sangat mempegaruhi kinerja organisasi bisnis baik dalam hal teknologi, kebutuhan pelanggan dan siklus produk. Pada saat kondisi seperti itulah sangat diperlukan strategi yang tepat dalam mengambil keputusan maupun langkah-langkah tertentu untuk mempertahankan usahanya. Strategi bersaing juga diperlukan teknik atau cara-cara yang akan dilakukan untuk pengembangan usaha.

PEMBAHASAN

Strategi adalah suatu rencana aksi yang menyelaraskan sumber-sumber dan komitmen organisasi untuk mencapai kinerja unggul. Keunggulan bersaing/kompetitif adalah suatu manfaat yang ketika suatu perusahaan mempunyai dan menghasilkan suatu produk dan atau jasa yang dilihat dari pasar targetnya lebih baik dibandingkan dengan para kompetitif terdekat.

Strategi pengembangan bisnis adalah proses yang digunakan untuk mengidentifikasi, memelihara dan memperoleh klien baru serta peluang bisnis untuk mencapai pertumbuhan bisnis (profitabilitas). Lingkup pengembangan bisnis akan berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, tergantung dari bisnis model yang diterapkan.

Strategi Pengembangan Bisnis yang Efektif

1.     Membangun Merk atau Brand

Merk atau brand adalah tanda yang diasosiasikan terhadap suatu produk. Merk juga bertujuan untuk menjadi pembeda antara suatu produk dengan produk lainnya. Saat melihat merk, konsumen atau calon konsumen akan dengan mudah mengenal produk yang dijual.

2.     Strategi Penjualan yang Tepat

Strategi pengembangan bisnis tidak bisa dilepaskan dari strategi penjualan yang digunakan. Ada beberapa strategi penjualan yang umum digunakan saat ini. Salah satunya, buy market share, yaitu menjual produk yang sama kepada orang-orang yang sama. Dalam hal ini, ada 3 hal yang akan dibandingkan, yaitu kualitas, layanan, dan harga.

3.     Mengoptimalkan Analisis SWOT

Meski terdengar klasik, metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) masih cukup relevan untuk digunakan dalam pengembangan bisnis. Metode ini bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi yang sedang terjadi dalam sebuah perusahaan. Mengetahui keempat hal ini akan memudahkan dalam menentukan keputusan yang efektif dan menghasilkan keuntungan.

4.     Melakukan Inovasi

Inovasi bisnis dapat mencegah konsumen setia untuk berpaling ke merk lain sekaligus menarik perhatian konsumen baru. Hal-hal baru yang disematkan dalam produk inovatif diharapkan dapat meningkatkan minat calon pembeli. Namun, sebuah inovasi tidak boleh dilakukan secara asal. Harus ada pertimbangan dan perhitungan yang matang sehingga hasil inovasi nantinya benar-benar dibutuhkan oleh pengguna. Modal utama untuk melakukan inovasi adalah riset dan data pelanggan.

Syarat-Syarat Strategi

Syarat-syarat strategi untuk mencapai keunggulan bersaing mencakup kemampuan merumuskan strategi bauran pemasaran (4P) yang meliputi :

1.     Strategi Produk

Berkaitan dengan produk secara utuh atau keseluruhan mulai dari nama, kualitas, manfaat, spesifikasi, bentuk dan atribut produk lainnya. Produk adalah sesuatu yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen dengan tepat untuk jangka panjang, baik ptoduk berupa fisik maupun jasa.

2.     Strategi Price (harga)

Setelah strategi tercapai, selanjutnya adalah menetapkan strategi harga. Harga adalah sejumlah nilai (dapat diukur dengan uang) yang harus dibayar oleh konsumen untuk membeli atau menikmati produk dan atau jasa tersebut. Laku tidaknya produk sangat ditentukan oleh harga.

3.     Strategi Place (tempat dan distribusi)

Strategi place adalah cara perusahaan menyalurkan produk dari tempatnya sampai ketangan konsumen akhir secara efisien dan efektif, sehingga tidak mengganggu strategi harga. Strategi ini penting dan harus mempertimbangkan bagaimana perusahaan dapat melayani konsumen tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat sasaran. Ketidaktepatan dan waktu dapat mengakibatkan pelanggan beralih keperusahaan bersaing. Untuk itu, perusahaan harus mampu menetapkan strategi distribusi yang tepat agar tidak diambil oleh para pesaing.

4.     Strategi Promosi

Strategi promosi mencakup usaha mempromosikan seluruh produk/jasa yang dimilikinya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Perusahaan harus dapat memilih sarana yang tepat, sehingga efisiensi dan efektifitas dapat tercapai. Sarana promosi yang bisa dipakai antara lain periklanan, promosi penjualan, publikasi, dan penjualan secara personal.

KESIMPULAN

Ketika seorang wirausahawan mengelola suatu bisnis harus selalu sadar akan perubahan. Perubahan yang dapat mempengaruhi bisnis dalam hal apapun. Mengevaluasi setiap strategi yang telah direncakan untuk tujuan mengatasi ketatnya persaingan dan mengantisipasi perubahan yang terjadi maupun yang akan terjadi. Setiap bisnis membutuhkan skill dan intuisi wirausahawan yang tajam untuk sebuah bisnis berjalan dengan semestinya. Dalam awal memulai bisnis wirausahwan pasti memiliki kendala masing-masing, jadi seorang wirausahwan harus benar-benar membaca situasi yang ada. Hal yang perlu wirausahawan ketika memulai untuk membuat bisnis yakni mengenai perilaku para konsumen yang akan disasar. Tujuannya agar wirausahawan mengetahui calon konsumen potensial untuk produknya, serta untuk merencanakan strategi promosi dalam mulai menjual produk.

DAFTAR PUSTAKA

Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Erlangga: Jakarta

Fadillah, Haris. 2012. Pengembangan Usaha. Retrieved September 8, 2022 from https://harrisfadilah.wordpress.com/2012/04/17/pengembangan-usaha/

Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Alma, Buchari. 2008. Pengantar Bisnis. Bandung : Alpabeta

Ramadhani, Niko. 2019. 6 Strategi Mengembangkan Bisnis Yang Efektif. Retrieved September 8, 2022 from https://www.akseleran.co.id/blog/strategi-mengembangkan-bisnis/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.