September 04, 2022

STRATEGI YANG EFEKTIF DALAM MEMULAI BISNIS STRAT-UP

oleh : Indah Setyawati (@V10-SETYAWATI) 


 

ABSTRAK 

stratup adalah bisnis yang memiliki tujuan untuk membangun ide dan inovasi agar dapat bertumbuh dengan cepat. Selain meningkatkan produk, perusahaan stratup juga ingin memperluas pelanggan dengan cepat agar dapat membantu mereka membangun pasar yang semakin besar. Dengan begitu, mereka dapat menjual produk dan mengumpulkan lebih banyak uang untuk mengembangkan produk dan terus mengumpulkan lebih banyak audiens lagi. Pada umumnya, bisnis stratup ini sendiri lebih mengutamakan berbagai ide baru yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan masyarakat maupun konsumen yang ada di pasaran.

Key word: strategi, bisnis, startup, ide 

PEMBAHASAN 

Perkembangan perusahaan rintisan di Indonesia memang cukup kencang dalam beberapa tahun belakangan ini. Karena pesatnya perkembangan startup, seringkali menciptakan disrupsi ekonomi. Dikutip dari Kompas TV terkait apa itu startup dan contohnya, sebuah usaha bisa disebut sebagai startup kalau memiliki minimal 3 faktor yaitu pendiri atau founder, investor atau pemilik dana, dan produk atau layanan. Startup kemudian bisa menjadi kategori unicorn apabila nilai korporasinya sudah melebihi 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 14 triliun (kurs Rp 14.000). Di Indonesia saat ini sendiri, kita sudah melihat banyak pengusaha muda yang sudah memulai keberuntungannya melalui membangun serta mengembangkan bisnis startup. Namun pada realitanya, mengembangkan ide start up bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak orang membutuhkan beberapa kali trial and error sampai bisa menemukan formula yang tepat. Apalagi, pengembangan ide dan peluang usaha dalam bisnis tidak bisa dilakukan secara setengah-setengah. Sebagai pelaku usaha, kita harus memulai bisnis dengan penerapan ide awal dan pengembangan yang paling sesuai dengan kondisi saat ini. Agar sukses dalam berbisnis, kita juga harus memulai bisnis kita dengan perencanaan yang matang. Modal yang besar saja tidak cukup untuk membuat bisnis menjadi sukses. kita perlu melakukan langkah-langkah yang tepat, agar ide bisnis baru bisa dieksekusi dengan baik.Setelah berdiri pun masih banyak perjalanan yang harus dilakukan untuk membuatnya bertahan. Namun bukan berarti bisnis baru tidak memiliki harapan. Bisnis yang kerap diisi oleh anak-anak muda ini masih bisa mempertahankan eksistensinya dengan strategi jitu dari ide-ide segar. Strategi apa yang efektif membuat bisnis baru bisa bertahan? Berikut streteginya

1. Membentuk tim yang solid dan konsisten 

Tips pertama dalam membuat serta mengembangkan bisnis startup adalah membentuk tim yang solid serta konsisten. Tanpa adanya sebuah tim yang solid pada sebuah bisnis startup maka perkembangan tidak akan terjadi yang dapat menimbulkan terjadinya kegagalan. Pilihlah orang-orang yang mampu melihat kebutuhan pasar, dapat mengembangkan perspektif, mampu mengeksekusi keputusan dengan cepat dan pastinya mampu bekerja sama. Karena startup biasanya memiliki sumber daya yang terbatas, produktivitas tinggi sangat diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan.

2. Membuat road map usaha \Tips kelima dalam membuat serta mengembangkan bisnis startup adalah membuat  usaha yang digunakan untuk menjadi petunjuk dalam menjalankan suatu usaha dalam mencapai tujuan yang ada. Kesalahan yang sering diperbuat oleh para pelaku bisnis startup ini adalah melupakan hal-hal sepele namun penting seperti ini, yaitu membuat roadmap maupun master timeline. Hal-hal tersebut yang nantinya dapat berguna dalam menganalisis data, pertanyaan yang muncul, riset yang dilakukan, serta memantau apakah lancar dan sesuai tidakkah jalan usaha yang kamu miliki.

3. Mengedepankan Pelayanan Konsumen

Di dunia bisnis yang berkembang dengan pesat banyak sekali saingan yang juga berlari dengan cepat. Layanan konsumen berkualitas tinggi harus jadi hal yang dipertahankan. Bisnis startup dilakukan secara online, maka manfaatkanlah dunia digital semaksimal mungkin untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen. Follow up kembali konsumen lama dengan memberikan informasi terbaru mengenai produk dan jasa  kita. Impresi baik yang didapatkan konsumen akan jadi salah satu yang membuat mereka mau bertahan pada satu penyedia produk dan jasa.Karena konsumen biasanya akan berduyun-duyun datang pada bisnis yang menyediakan solusi.

4. Inovasi Teknologi

Walaupun startup sebenarnya memiliki arti perusahaan rintisan, namun umumnya orang lebih mengenal startup sebagai bisnis di bidang teknologi. Karena keterbatasan biaya, bisnis startup kerap kali dimulai di dunia maya.Tidak mengherankan jika dewasa ini bisnis startup kebanyakan beroperasi di bidang teknologi dan mengeluarkan produk berupa aplikasi. Itulah mengapa inovasi di bidang teknologi tidak bisa dijauhkan dari dunia startup. Selain itu inovasi teknologi yang dikembangkan juga akan membantu meringankan banyak kegiatan operasional.

5. Berani Mengambil Risiko

Jalan menuju sukses memang identik dengan kegagalan. Hampir mustahil orang bisa berhasil tanpa merasakan kegagalan terlebih dahulu.

Namun kabar baiknya adalah bisnis startup biasanya diisi oleh generasi muda dengan semangat yang tinggi. pebisnis startup bisa belajar sebanyak mungkin dari percobaan-percobaan yang pernah gagal. Ada banyak bisnis startup di luar sana yang berusaha mengambil jalan dengan risiko paling sedikit. Namun bisnis yang ditempa dengan hambatan yang cukup banyak berpeluang besar memberikan sesuatu yang unik pada produk dan jasanya. Karena yang terpenting dari kegagalan adalah bagaimana kita terus berusaha dan bangkit kembali. Oleh karena itu cobalah untuk menghadapi.

6. Efisiensi

‘Besar pasak daripada tiang’, ungkapan ini seringkali relevan pada pebisnis yang baru memulai usahanya. Oleh karena itu dibutuhkan pola efisiensi dalam bisnis yang dikembangkan. Kita harus benar-benar mengawasi dana yang dihabiskan, operasional serta pendapatan yang dihasilkan. Ini  dilakukan untuk memastikan kebutuhan yang dipenuhi oleh bisnis selaras dengan apa saja yang harusnya didapatkan untuk menciptakan pertumbuhan perusahaan. Maka dari itu dibutuhkan perkiraan dalam hal keuangan dan operasional perusahaan. Contohnya, kita harus memperhatikan coast per lead untuk saluran pemasaran yang berbeda sebelum memutuskan untuk melakukan pemasaran selanjutnya. Contoh lainnya adalah dengan melihat kinerja dari tim kita. Apakah kita perlu mempekerjakan karyawan atau menyewa alat lebih banyak lagi ataukah sudah cukup? Yang terpenting dari perkiraan tersebut, Anda dapat mengetahui seberapa efisien proses yang telah dijalani untuk menjadi lebih besar lagi.

KESIMPULAN 

Startup adalah sebuah istilah yang merujuk pada suatu bisnis atau perusahaan rintisan. Perusahaan rintisan merupakan perusahaan yang baru beroperasi dan masih berada pada fase pengembangan untuk menemukan pasar dan mengembangkan produk. Pembentukan startup bermula dari keresahan pendiri atas sebuah masalah yang selanjutnya ingin mereka selesaikan dengan membangun sebuah startup. Pendiri kemudian dibantu karyawan yang bekerja di perusahaan startup untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut, misalnya dengan menciptakan produk atau layanan. Bisnis startup harus memiliki keunikan serta inovasi yang dapat membuat mereka terlihat berbeda dengan kompetitor lain, karena startup adalah bisnis yang harus memiliki nilai lebih agar dapat terus bertahan


REFERENSI 

Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Idris Muhammad, 2021. Apa Itu Startup dan Contohnya?. Kompas.com

https://www.jurnal.id/id/blog/9-strategi-efektif-yang-membuat-bisnis-startup-bertahan/

https://www.gramedia.com/best-seller/bisnis-startup/#Tips_dalam_Mendirikan_dan_Menjalankan_Bisnis_Startup

MERINTIS STARTUP DIAWALI DARI SEBUAH IDE (#KEWIRAUSAHAANTIGA001A) https://youtu.be/CteX8i0hJeQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.