September 04, 2022

TECHNOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING

                                    oleh: Vanie Cahyani Rachmanindya (@V29-VANIE)
PENDAHULUAN


            Technopreneurship merupakan istilah bentukan dari dua kata, yakni ‘teknologi’ dan ‘enterpreneurship’. Secara umum, kata Teknologi digunakan untuk merujuk pada penerapan praktis ilmu pengetahuan ke dunia industri atau sebagai kerangka pengetahuan yang digunakan untuk menciptakan alat-alat, untuk mengembangkan keahlian dan mengekstraksi materi guna memecahkan persoalan yang ada. Sedangkan kata entrepreneurship berasal dari kata entrepreneur yang merujuk pada seseorang atau agen yang menciptakan bisnis/usaha dengan keberanian menanggung resiko dan ketidakpastian untuk mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada (Zimmerer dan Scarborough, 2008).

                Berwirausaha tidak hanya sebatas kecerdasan akademik, akan tetapi dibutuhkan suatu keterampilan dalam menghasilkan suatu produk tetapi juga jiwa dinamis dalam menangkap tantangan dan resiko dan mengubahnya menjadi suatu peluang dan petumbuhan (Marti’ah, 2017).

PEMBAHASAN

                Technopreneurship tidak hanya bermanfaat dalam pengembangan industri-industri besar dan canggih tetapi juga dapat diarahkan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi lemah dan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Dengan demikian technopreneurship diharapkan dapat mendukung pembangunan berkelaniutan (sustainable development) Menurut Suparno et al (2008), technopreneurship dapat memberikan memiliki manfaat atau baik dampak, baik secara ekonomi, sosial, maupun lingkungan.

                Technopreneurship adalah suatu karakter integral antara kompetensi penerapan teknologi serta spirit membangun usaha, Dengan menjadi seorang technopreneur kita dapat turut berkontribusi meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia dongan menchasilkan lapangan pekerjaan dan membangun perekonomian sekaligus toknologi Indonesia.

KESIMPULAN
                Perkembangan bisnis dalam bidang teknologi sebagian besar dihasilkan dari sinergi antara pemilik ide kreatif (technopreneur), yang umumnya berafiliasi dengan berbagai pusat riset (seperti Perguruan Tinggi ), dengan penyedia modal akan digunakan dalam berbinis.

DAFTAR PUSTAKA
https://careers.its.ac.id/media/publikasi/Technopreneurship.pdf
https://seremonia.kontan.co.id/news/technopreneurship-dalam-industri-kreatif
https://info.populix.co/articles/apa-itu-technopreneurship/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.