September 11, 2022

TUJUAN TECHNOPRENEURSHIP DAN ENTREPRENEURSHIP


Oleh : Dhea Septiana (@V39-DHEA)

Technopreneurship adalah mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam bentuk bisnis yang akan memberikan manfaat bagi khalayak ramai. Fungsi utama adanya teknologi untuk mempermudah pekerjaan manusia tentu akan lebih optimal jika digunakan di bidang yang tepat. Berikut beberapa tujuan adanya technopreneurship adalah:


1. Kemajuan Teknologi

Adanya pemanfaatan teknologi dalam dunia sebuah bisnis tentu mendukung adanya perkembangan dan kemajuan inovasi teknologi itu sendiri. Hal ini dinilai akan mendorong percepatan teknologi yang tidak hanya bermanfaat bagi bisnis tersebut tapi juga masyarakat dan negara.


2. Membuka Kesempatan Kerja

Terlepas dari adanya integrasi teknologi dalam bisnis, tenaga kerja manusia masih dibutuhkan dalam sebuah usaha. Melalui perkembangan technopreneurship yang semakin meningkat, maka jumlah tenaga kerja untuk diserap juga semakin tinggi.


3. Mendorong Kewirausahaan pada Generasi Muda

Technopreneurship adalah jenis usaha yang identik dengan anak muda dengan segala bentuk inovasi dan kreativitasnya. Perkembangan technopreneurship yang semakin berkembang akan mendorong dan memotivasi anak muda untuk menciptakan inovasi mereka sendiri.


Perbedaan Technopreneurship dan Entrepreneurship

Entrepreneurship adalah istilah lain yang juga menjadi bagian dari kegiatan kewirausahaan. Lalu, apa perbedaan technopreneurship dan entrepreneurship? Jika dilihat dari bentuk usahanya, technopreneurship juga bisa disebut entrepreneurship.


Perbedaan mendasar dari keduanya terletak pada penggunaan teknologi pada technopreneurship. Sementara itu, entrepreneurship masih menggunakan model bisnis konvensional yang menawarkan produk barang atau jasa. Biasanya, seorang technopreneur akan menawarkan sebuah terobosan baru sebagai produknya.


Oleh karena itu, persaingan pasar juga menjadi pembeda selanjutnya dari kedua jenis bisnis ini. Bahkan, seorang technopreneur juga menawarkan produk berupa substitusi dari produk konvensional sebuah bisnis entrepreneur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.