Oktober 30, 2022

MENGENAL APA ITU PROMOSI PENJUALAN

 

Rajib Fahmi (@V27-Rajib)

MENGENAL APA ITU PROMOSI

ABSTRAK

Promosi memiliki peran penting dalam dunia bisnis untuk selalu mencari, memperoleh, dan mempertahankan pangsa pasarnya. Merek adalah salah satu kata paling populer yang sering digunakan dalam hal menerbitkan produk yang baik melalui media massa seperti koran, majalah dan tabloid atau melalui media elektronik seperti televisi, radio dan lain-lain.

Kata kunci: peran penting, dunia bisnis dan populer

 


PENDAHULUAN

Promosi adalah sebuah kegiatan komunikasi di dalam suatu perusahaan penjualan produk atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat, dengan tujuan agar produk atau jasa di perusahaan dikenal oleh masyarakat serta dapat mempengaruhi masyarakat supaya berminat untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa perusahaan. Di dalam perusahaan kegiatan promosi merupakan salah satu kegiatan yang sangat diperlukan oleh perusahaan karena disatu pihak meyakinkan konsumen terhadap produk yang ditawarkan sedangkan di pihak lain ini sangat menentukan suksesnya perusahaan menghadapi persaingan pasar. Menurut Hamdani dalam Sunyoto (2014:154), “Promosi merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk”. Sedangkan menurut Gitosudarmo (2014:155) “promosi adalah merupakan kegiatan yang ditujukan untuk memengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut”. Sebagai salah satu bagian dari pemasaran, promosi merupakan suatu unsur yang penting serta dapat mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk atau jasa yang sudah perusahaan tawarkan. Di dalam perusahaan ada empat jenis kegiatan promosi yang biasa disebut dengan promotion mix atau bauran promosi. romotion mix terdiri dari periklanan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas. Personal selling merupakan suatu cara untuk berkomunikasi langsung maupun tatap muka antara penjual dan calon pembeli untuk memperkenalkan sebuah produk perusahaan sehingga calon pembeli pun berminat untuk membelinya.

 

PEMBAHASAN

Tujuan Promosi Penjualan

Lantas apa saja tiga hal mendasar dalam promosi penjualan, pertama public relation, konsumen dan iklan produk. Tiga hal mendasar tersebut menjadi dasar dari tujuan promosi itu sendiri. Terdapat beberapa hal yang menjadi tujuan dari dilakukannya sebuah promosi, yaitu:

 

·         Meningkatkan penjualan

·         Stabilisasi penjualan

·         Meningkatkan nilai produk

·         Mengingatkan konsumen

·         Membedakan suatu produk dengan produk lainnya (kompetitor)

·         Memberi informasi kepada konsumen

·         Membujuk konsumen untuk membeli

Garis besar dari tujuan promosi tersebut yaitu untuk meningkatkan penjualan itu sendiri. Serangkaian kegiatan yang dilakukan seperti membuat iklan produk misalnya, untuk memberi informasi, mengingatkan konsumen hingga membujuk konsumen untuk membeli produk.

hal di atas dilakukan untuk meningkatkan penjualan yang dapat membuat penjualan berada dalam posisi stabil yang bisa memberikan pemasukan/penghasilan terhadap perusahaan. Yang lebih penting, sebuah promosi bertujuan membuat sebuah produk terlihat berbeda dengan produk lainnya yang sejenis yang dikeluarkan oleh kompetitor. Hal ini bisa membuat sebuah produk berbeda dan membuat konsumen memilih yang terbaik.

 

Manfaat Promosi Secara Umum

Promosi yang dilakukan bukan tanpa manfaat, terdapat beberapa manfaat promosi yang sekaligus juga menjadi tujuan dari promosi itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat dilakukannya promosi itu sendiri:

 

1. Menciptakan Branding dari Suatu Produk

Brand dari suatu produk ini memiliki nama, logo dan slogan. Tujuannya adalah agar mudah diingat oleh masyarakat sebagai konsumen. Promosi yang dilakukan untuk menciptakan branding dan membangun branding agar mudah diingat oleh konsumen. Branding yang baik akan berdampak pada kegiatan promosi yang mudah dilakukan.

 

2. Memperkenalkan Produk Baru

Manfaat dari promosi selanjutnya yaitu dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan produk baru. Jika ada produk baru yang masih berkaitan dan perlu diperkenalkan, makan cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan promosi.

 

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat selanjutnya adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Terdapat dua jenis pelanggan, pertama pelanggan loyal yang bertahan lama, kedua adalah pelanggan baru. Untuk pelanggan lama yang telah loyal, tidak perlu melakukan banyak hal karena mereka telah menjadi pelanggan loyal. Sementara pelanggan baru, butuh treatment khusus. Pada titik ini promosi hadir untuk meningkatkan loyalitas pelanggan baru.

 

Jika promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan baru, lantas bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru tersebut? Jawabannya adalah dengan promosi itu sendiri. Seperti pepatah, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Dalam satu kali promosi dapat menarik pelanggan baru dan meningkatkan loyalitasnya.

 

4. Sebagai Media Komunikasi dengan Pelanggan

Promosi juga merupakan salah satu media untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Ketika promosi ditayangkan, para pelanggan tentunya akan menanyakan beberapa pertanyaan. Hal ini menciptakan sebuah komunikasi antara konsumen sebagai pelanggan dan produsen sebagai pemilik produk.

 

Jenis Promosi Penjualan

A.Promosi Secara Fisik

Bentuk promosi penjualan yang pertama adalah promosi secara fisik. Promosi ini biasanya dilakukan secara langsung kepada konsumen. Bisa mendatangi konsumen saat berpapasan di jalan, atau menyusur perumahan warga dan mendatangi setiap rumah satu persatu dan menawarkan produk secara langsung. Kendati merupakan cara lama, contoh promosi penjualan ini masih kerap dilakukan dan masih terbilang efektif.

 

B. Promosi Melalui Media Tradisional

Contoh promosi penjualan atau bentuk dari promosi sendiri yaitu promosi secara tradisional, dalam bahasa asing kita mengenalnya dengan istilah Tradisional Marketing. Media tradisional yang dimaksud adalah televisi, radio dan media cetak. Menggunakan cara ini dapat secara efektif menjangkau masyarakat secara luas, karena media tradisional merupakan media yang banyak dimiliki oleh masyarakat

 

C.Promosi Melalui Media Digital

Jenis promosi terakhir adalah yang paling mutakhir, yaitu melalui media digital. Bentuk promosi penjualan melalui media digital sangat beragam, bisa menggunakan teks, visual hingga audio. Saat ini juga berkembang banyak media digital yang memang digunakan sebagai media promosi.

Cara ini merupakan cara efektif untuk menjaring konsumen muda yang melek terhadap dunia digital. Namun yang perlu diperhatikan adalah membuat materi promosi penjualan. Sebagai produsen kita harus membuat materi promosi sekreatif mungkin agar mampu menarik konsumen muda yang cenderung lebih variatif.

 

 

Contoh Promosi Penjualan

1. Diskon Harga

Contoh promosi yang pertama sekaligus yang paling kita sukai adalah diskon harga. Diskon harga atau pemotongan harga sebuah produk merupakan bagian dari promosi, tentu saja untuk mengeluarkan sebuah produk itu sendiri dan meningkatkan pemasukan. Kadang kala, diskon harga juga dilakukan dalam rangka cuci gudang yang artinya mengeluarkan produk hingga habis terjual

 

2. Kupon

Contoh promosi selanjutnya adalah kupon. Kupon dianggap sebagai push promotional strategy dan pull promotional strategy. Hal tersebut disebabkan karena kupon dapat meningkatkan penjualan sebuah produk dan membuat konsumen ramai melakukan transaksi pembelian sebuah produk

 

3. Lotre

Lotre adalah salah satu contoh promosi yang dapat membuat konsumen lebih aktif melakukan pembelian. Karena, lotre merupakan salah satu jenis promosi yang menawarkan sebuah hadiah dan mengharuskan konsumen untuk melakukan pembelian agar bisa mendapatkan hadiah tersebut.

 

4. Hadiah

Jika lotre adalah contoh promosi yang menjanjikan hadiah pada konsumen dengan syarat melakukan suatu hal. Contoh promosi yang paling efektif adalah dengan langsung memberikan hadiah kepada konsumen ketika telah melakukan pembelian beberapa produk. Hadiah yang diberikan bisa dalam bentuk tas tangan atau keperluan-keperluan saat melakukan belanja.

 

5. Kontes

Contoh promosi selanjutnya dengan melakukan kontes atau perlombaan. Sebagai produsen, melakukan kontes atau perlombaan bisa sangat efektif meningkatkan penjualan produk. Contohnya melakukan kontes menulis dengan membeli sebuah produk sebagai syaratnya. Berikan juga pemenang kontes sebuah hadiah yang menggiurkan, seperti voucher wisata atau uang tunai.

 

6. Voucher

Sebagai produsen kita juga bisa memberikan voucher, contohnya voucher belanja. Dengan voucher tersebut, konsumen akan mendapatkan potongan harga atau diskon lainnya. Voucher merupakan salah satu contoh promosi penjualan makanan yang sering kita temui di pusat perbelanjaan.

 

KESIMPULAN

hal di atas dilakukan untuk meningkatkan penjualan yang dapat membuat penjualan berada dalam posisi stabil yang bisa memberikan pemasukan/penghasilan terhadap perusahaan. Yang lebih penting, sebuah promosi bertujuan membuat sebuah produk terlihat berbeda dengan produk lainnya yang sejenis yang dikeluarkan oleh kompetitor. Hal ini bisa membuat sebuah produk berbeda dan membuat konsumen memilih yang terbaik.

 

 

REFRENSI

https://www.qoalaplus.com/media/bisnis-dan-strategi/pemasaran/promosi-penjualan/

http://repository.ubharajaya.ac.id/492/2/201210415042_Lisna%20Asmania_BAB%20I.pdf

https://repository.unair.ac.id/81992/1/Abstrak%20KKB%20KK%202%20B.%2025%2019%20Naf%20p.pdf

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.