Oktober 16, 2022

Dengan Digital Marketing, Pemasaran Dalam Berwirausaha Jadi Lebih Efektif dan Efisien


                                                @V35-Kamaludin

Abstrak

        Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dalam berwirausaha atau berbisnis dengan menggunakan  internet atau teknologi informasi. Digital marketing dapat membantu pemasar menjalin hubungan dengan pelanggan dengan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pada jaman yang modern ini orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya di internet, Bahkan banyak pusat perbelanjaan melalui online. contohnya, shopee, lazada, tokopedia, dan lain-lain yang hampir menjual barang apa saja. Pemasaran dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari penawaran ke teman terdekat, memasang iklan serta bisa juga dengan mengadakan promo. Tujuannya yaitu untuk mendapat volume pendapatan. Dalam berwirausaha, orang pasti tak kenal gengsi, karena terdapat banyak kompetitor yang membuatnya semangat dalam mencapai suatu tujuan.

Kata Kunci : Digital Marketing, Pemasaran, Berwirausaha.

Pendahuluan

        Perubahan zaman semakin kedepan semakin canggih, salah satunya dengan adanya digital marketing ini yang awalnya konvensional (offline) menjadi digital (online). Digital marketing yang berbasis media elektronik dapat menggunakan iklan di televisi maupun di radio, sedangkan yang berbasis pada media internet seperti pemasaran melalui media sosial maupun e-commerce. Digital marketing adalah upaya aktivitas pemasaran melalui media digital atau online. Biasanya media digital populer yang digunakan adalah Facebook, Instagram, Tik Tok, Youtube dan lain-lain. 

        Digital Marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen (Kleindl & Burrow, 2005).

Pembahasan

        Digital marketing adalah perkembangan dari digital marketing melalui web, telepon genggam dan perangkat games, menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor-gemborkan dan sangat berpengaruh. Jadi mengapa para marketer di seluruh Asia tidak mengalihkan penggunaan budget dari marketing tradisional seperti TV, radio dan media cetak ke arah media teknologi baru dan media yang lebih interaktif ( Heidrick & Struggless (2009:1)).

Dengan begitu digital marketing adalah kegiatan pemasaran atau penggunaan media digital atau internet untuk mempromosikan suatu merek atau produk. Tujuan pemasaran digital adalah untuk menarik konsumen dan calon pelanggan dengan cepat. Masyarakat dikenal merangkul teknologi dan internet dengan sangat luas, sehingga tidak mengherankan jika kampanye pemasaran digital menjadi pilihan utama bagi bisnis. Akibatnya, perusahaan saling bersaing untuk membuat konten yang menarik untuk dipamerkan dalam pemasaran mereka di dunia maya. Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam pemasaran digital antara lain iklan online (seperti iklan Facebook dan Google Ads), promosi media cetak, iklan TV dan radio, billboard elektronik, pemasaran email, pemasaran seluler, dan lain-lain. Oleh karena itu, digital marketing mempunyai kelebihan,sebagai berikut ;
  1. Kecepatan Penyebaran
    Strategi  pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Tentu ini sangat menghemat waktu bagi para konsumen untuk berbelanja. Selain itu, Digital Marketing juga dapat diukur secara realtime dan tepat.
  2. Jangkauan Lebih Luas 
    Geografis dari digital marketing yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet. Internet mempermudah para wirausahawan untuk melakukan pemasaran.
  3. Kemudahan Evaluasi
    Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. Setelah mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk pemasaran berikutnya dengan membuat konten yang menarik dan mengundang konsumen.
  4. Membangun nama Brand
    Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik. Dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online untuk mencari tahu sebelum membeli produk Anda.
  5. Lebih Efektif
    Salah satu tujuan utama dari digital marketing adalah menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada. Dengan begitu, digital marketing diharapkan dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas.

Kesimpulan

        Digital Marketing sangat berpengaruh bagi suatu bisnis karena dapat menambah angka volume pendapatan serta hubungan dengan konsumen. Digital marketing yang berbasis media elektronik dapat menggunakan iklan di televisi maupun di radio, sedangkan yang berbasis pada media internet seperti pemasaran melalui media sosial maupun e-commerce.
Pembahasan Digital marketing adalah perkembangan dari digital marketing melalui web, telepon genggam dan perangkat games, menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor-gemborkan dan sangat berpengaruh. Dengan begitu digital marketing adalah kegiatan pemasaran atau penggunaan media digital atau internet untuk mempromosikan suatu merek atau produk. Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam pemasaran digital antara lain iklan online (seperti iklan Facebook dan Google Ads), promosi media cetak, iklan TV dan radio, billboard elektronik, pemasaran email, pemasaran seluler, dan lain-lain.

Referensi

Chakti, Gunawan. (2019). THE BOOK OF DIGITAL MARKETING. Makassar. Celebes Media Perkasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.