Oktober 16, 2022

Digital Marketing, “Bahan Bakar” Bisnis Pribadi

 


Oleh  : Ellyza Tri Septianingrum (@V23-Ellyza)

ABSTRAK

            Kemajuan teknologi yang ada saat ini mendorong proses digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan seperti perbelanjaan online, taksi online, promosi online, dan lainnya. hal tersebut sangat membantu kehidupan manusia menjadi lebih efektif dan efisien. Tren digitalisasi ini juga saya terapkan dalam bisnis saya sendiri yang saya kembangkan bersama dengan saudara saya. Dengan menerapkan kemajuan teknologi, saya memanfaatkan digital marketing guna mempromosikan bisnis saya. Dari penerapan tersebut, input yang saya dan saudara saya rasakan ialah kemajuan pada bisnis kami, jangkauan yang kami dapatkan lebih luas dan kemudahan dalam menjalankan bisnis. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa kemajuan teknologi dan proses digitalisasi ini sangat membantu dalam dunia bisnis.

Keyword    : Teknologi, Bisnis, Digital Marketing

 

PENDAHULUAN

            Dunia digital tampaknya sudah sangat dekat dengan kehidupan manusia saat ini. Hampir seluruh aspek menerapkan digital sebagai faktor pendukungnya. Hal tersebut membuat kemajuan teknologi yang ada saat ini semakin berkembang pesat. Salah satu aspek yang terhubung dengan dunia digital ialah aspek bisnis dan usaha. Dalam dunia bisnis, banyak pelakubisnis yang saat ini sudah menerapkan digitalisasi sebagai salah satu faktor pendukung kemajuan bisnisnya. Mereka menggunakan digitalisasi sebagai ajang untuk pemasaran, penjualan, pemesanan, pengiriman, dan masih banyak lagi. Hal tersebut tentunya merupakan dampak yang cukup baik yang dirasakan tidak hanya oleh pelaku bisnis melainkan juga oleh konsumen. Efektifitas dan efisiensi waktu dapat dirasakan oleh konsumen apabila sebuah bisnis tersebut menerapkan digitalisasi.

            Menurut Wikipedia Digitisasi (bahasa Inggris: digitizing) merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan proses alih media dari bentuk tercetak, audio, maupun video menjadi bentuk digital. Digitisasi dilakukan untuk membuat arsip dokumen bentuk digital, untuk fungsi fotokopi, dan untuk membuat koleksi perpustakaan digital. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini penerapan teknologi pada bidang bisnis sudah semakin maju. Sebagai contoh saat ini tren E-Commerce atau pasar online seperti Shopee, Tokopedia, dll, sedang digandrungi oleh masyarakat. Berbagai alasan mendukung banyaknya pengguna E-Commerce  ini mulai dari kemudahan memilih dan membeli barang tanpa harus pergi ke took, hingga kemudahan membayar tanpa harus transfer. Dari dua faktor tersebut dapat dikatakan bahwa adanya teknologi dan digitalisasi ini cukup membantu para pelaku bisis dan konsumennya. Digitalisasi juga sangat membantu UMKM yang belum memiliki nama besar untuk dapat memasarkan produknya. Hanya dengan memanfaatkan media social, UMKM tersebut sudah dapat membuat produknya dikenal oleh masyarakat tanpa harus memiliki nama besar dan memiliki kios pada sebuah pusat perbelanjaan.

            Kemajuan teknologi dan digital ini juga menjadi salah satu alasan saya menggunakan digital sebagai wadah promosi bisnis saya, yang mana penerapan digital ini saya manfaatkan dalam bentuk digital marketing. Contohnya akan dibahas pada bagian pembahasan


PERMASALAHAN

Dari uraian di atas maka terdapat beberapa permasalahan yang akan di bahas pada artikel ini, yaitu :

1.      Apa yang dimaksud dengan digital marketing dan bagaimana penerapannya ?

2.      Contoh penerapan Digital Marketing dalam bisnis pribadi (Wedding Organizer)


PEMBAHASAN

1.      Digital Marketing  & Penerapannya

Ø  Digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien. Jika pemasaran tradisional menggunakan media cetak sebagai sarananya, pemasaran digital banyak menggunakan media-media daring.

Ø  Penerapan Digital marketing memiliki berbaga macam bentuk seperti promosi melalui akun social media pribadi (Social Media Marketing) Promosi berbayar melalui artis (Endors), Promosi melalui Website, Promosi melalui konten (Content Marketing) dan masih banyak lagi

 

2.      Contoh Penerapan Digital Marketing dalam Bisnis Pribadi (Wedding Organizer)

 




Ø  Penerapan digital marketing dalam bisnis yang saya jalankan bersama saudara saya menggunakan social media marketing, dimana kami menawarkan jasa dan mempromosikan penawaran kami melalui social media (instagram, facebook, tiktok) yang kami punya. Hasil dari penerapan social media marketing ini ialah kami berhasil mendapatkan banyak konsumen dan mengembangkan bisnis kami dengan cara menambah jalinan kerja sama dengan beberapa vendor besar seperti hotel bintang 5, restoran, gedung, dsb sebagai tempat penyelenggaraan acara. Kami juga pernah menerapkan promosi berbayar melalui instagram dengan tujuan agar jangkauan yang kami dapatkan bisa lebih luas.

 

KESIMPULAN

            Adanya kemajuan teknologi dan digitalisasi memang memiliki segudang manfaat yang dapat dirasakan oleh siapa saja. Mulai dari belanja online, taksi online, promosi online, dan yang lainnya terbukti sangat memudahkan pelaku usaha dan masyarakat umum dalam menjalani kehidupan sehari – hari. Namun pengaruh kemajuan teknologi dan digitalisasi juga memiliki dampak buruk seperti konten tidak pantas bagi anak dibawah umur yang masih bisa diakses dengan mudah. Tentunya kita sebagai pengguna teknologi harus dapat menggunakannya dengan bijak. Memanfaatkan teknologi sebaik mungkin seperti untuk ajang digital marketing dan menjauhi dampak negative yang diberikan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Wikipedia. 2022. Digitalisasi. Dalam : https://id.wikipedia.org/wiki/Digitisasi

Gumilang, Risa Ratna. 2019. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Dalam : file:///C:/Users/X441B/Downloads/25-Article%20Text-116-2-10-20191124.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.