Oktober 25, 2022

Direct Marketing


Muhammad Fikri Aditya (@V03-FIKRI)


Direct marketing adalah jenis iklan yang berusaha mencapai tindakan tertentu di antara sekelompok konsumen yang dipilih (seperti melakukan pemesanan, mengunjungi situs web, atau meminta informasi). Aspek penting dari pemasaran langsung adalah bahwa respons konsumen dapat diukur. Strategi pemasaran yang sifatnya langsung mengarah pada pelanggan dinilai lebih efektif daripada periklanan konvensional. Dengan melakukan direct marketing, otomatis kamu dapat menyampaikan pesan yang terasa lebih personal kepada konsumen. Jika teknik ini bisa dilakukan dengan baik, jumlah penjualan pun bisa meningkat dengan drastis.

Bentuk Direct Marketing

1.      Face to Face Selling, Penjualan tatap muka atau face to face selling merupakan bentuk pertama dari direct marketing, artinya adanya komunikasi secara langsung antara penjual dan pembeli dalam rangka memperkenalkan produk yang akan dijual atau ditawarkan kepada pembeli. Tujuan dilakukannya bentuk ini tentu agar calon pembeli dan konsumen tertarik membeli barang tersebut.

2.      Direct Mail Marketing, Pemasaran langsung yang memanfaatkan media sebagai alat dalam menjalin komunikasi dengan calon pembeli atau konsumen. Aktivitas penawaran, pengumuman hingga pemberitahuan dilakukan melalui penggunaan daftar pengeposan terpilih. Produsen sebagai pihak pemasar nantinya akan mengirim surat dalam setiap tahunnya, bisa berupa iklan, sampel dan email.

3.      Catalogue Marketing, penjualan dengan melibatkan katalog harus melalui proses yang cukup panjang. Mulai dari diposkan lebih dahulu ke dalam daftar pelanggan yang sudah dipilih atau didapatkan lebih dulu. Selain itu penjualan langsung melalui katalog juga sudah disediakan oleh toko-toko distribusi.

4.      Telemarketing, Pemasaran langsung dalam bentuk telemarketing membuat penjual harus menggunakan alat berupa telepon untuk bisa menjual produk secara langsung kepada konsumen. Desain yang sengaja dibuat dengan baik hingga membuat cara ini memiliki banyak sasaran dalam memudahkan proses pembelian dan pengadaan informasi produk serta jasa yang ditawarkan.

5.      Direct Response Television Marketing, engiklanan tanggapan langsung dan belanja dari rumah. Iklan tanggapan langsung merupakan cara yang dipakai pihak pemasar yang secara langsung menayangkan iklan melalui televisi. Biasanya durasi pengiklanan ini bisa mencapai 60-120 detik berisi dialog penjelasan produk yang dijual.

6.      Kios Marketing, Usaha sebuah perusahaan dalam memasarkan produk-produk yang caranya dengan menempatkan mesin informasi di toko. Selain toko, beberapa tempat yang bisa menjadi tempat mesin informasi terkait produk yang dijual seperti bandara, terminal, stasiun hingga tempat-tempat umum lainnya dengan kapasitas orang banyak.

Karakteristik Direct marketing

1.      Interactive,  informasi terkait produk yang bisa diubah dan disesuaikan dengan keinginan atau tanggapan dari para pelanggan.

2.      Customize,  informasi terkait produk yang bisa diubah dan disesuaikan dengan keinginan atau tanggapan dari para pelanggan.

3.      Non-Public, pesan dan informasi terkait produk yang ditujukan untuk konsumen, namun informasi ini hanya boleh diakses dan didapatkan oleh pelanggan tertentu.

Manfaat Direct Marketing

1.      Menghemat Anggaran Pemasaran

2.      Lebih Banyak Pelanggan yang dijangkau

3.      Menumbuhkan Loyalitas Pelanggan

4.      Mendapat respn langsung dari pelanggan

5.      Memiki kendali penuh atas media atau platform yang digunakan

Perusahaan Yang Menggunakan Direct Market

Toyota Corolla

Perusahaan Toyora Corolla menggunakan direct marketing sebagai peluang besar bagi bisnis jika digunakan dengan cara yang benar, tetapi juga merupakan cara yang baik bagi agensi untuk melenturkan otot mereka. Jika mereka memasukkan semua kreativitas mereka ke dalam strategi dan menggunakan teknik periklanan yang benar-benar mengejutkan, kampanye akan lama diingat oleh publik dan menarik pelanggan potensial.

 

 

References

Direct Marketing. Sampoerna University

Rizeki, Dini N. 2022. Direct Marketing. Mojoo

Hartono, Tristin. 2022. Direct Marketing. Dewaweb

Campos, Berta. 2022. Direct Marketing. Cyberclick

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.