Oktober 27, 2022

Keunggulan Email Marketing dalam Bisnis Online

 Keunggulan Email Marketing dalam Bisnis Online


Penulis : Muhammad Agi Bahrul Faiz (@V36-AGI)

Abstrak 

Lebih dari 500 juta orang dan badan usaha telah tergabung di internet. Pada umumnya, mereka telah terbiasa untuk memanfaatkan fitur dan aplikasi yang tersedia di internet, seperti email, mailing list, web, blog dan situs jejaring sosial. Diantara fitur dan aplikasi internet itu yang hampir digunakan oleh setiap orang dan badan usaha adalah email, karena mereka telah memiliki alamat email, bahkan lebih dari satu buah. Kini, fitur email telah dimanfaatkan untuk kegiatan pemasaran, khususnya promosi dengan biaya yang sangat murah. Namun, tidak semua pemilik alamat email mau menerima email promosi. Selain itu, sejumlah aplikasi email, seperti yahoo.com dan gmail.com juga membatasi jumlah pengiriman email, sehingga kesempatan para pemasar untuk mengirimkan email promosi secara gencar akan terhambat. Adanya penolakan dari sejumlah pemilik alamat email terhadap email promosi, serta pembatasan pengiriman email promosi pada aplikasi-aplikasi email, maka para pemasar dihadapkan pada persoalan bagaimana mengirimkan email promosi secara efektif. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pemasar jangan meninggalkan media offline agar dapat menumbuhkan minat pemilik alamat email, agar email promosi yang dikirimkan efektif. Selain itu, pemasar harus memastikan bahwa alamat email tujuan benar dan penerimanya memang prospektif untuk mempertimbangkan penawaran yang dikirimkan.

Kata kunci: email marketing, email promosi


Pendahuluan

    Banyaknya orang dan badan usaha yang terhubung ke internet melahirkan peluang bagi para pemasar untuk membangun relasi, sehingga mereka dapat menjadi pelanggan atas produk barang dan jasanya. Berbagai fitur dan aplikasi yang tersedia di internet dapat digunakan sebagai sarana untuk membangun relasi dengan orang atau badan usaha yang ada dalam jejaring maya tersebut.

    Para pengguna internet tersebut juga intensif dalam memanfaatkan media tersebut sebagai sarana untuk mencari informasi, maupun untuk mendukung kegiatan bisnis. Badan usaha telah memanfaatkan fitur web untuk membangun situs bisnis untuk memperkenalkan produk, maupun memberikan layanan informasi dan transaksi, serta email dan mailing list untuk komunikasi bisnis. Sedangkan pengguna perorangan telah memanfaatkan email dan aplikasi jejaring sosial untuk memperluas relasi dan memperlancar komunikasi. 

    Diantara fitur dan aplikasi internet yang ada, hanya email yang hampir digunakan oleh setiap orang dan badan usaha, baik untuk surat-menyurat maupun untuk kegiatan promosi. Oleh karena itu, setiap orang dan badan usaha yang terhubung ke internet telah memiliki alamat email, bahkan mereka memilikinya lebih dari satu buah.

    Fitur email telah dikenal sebagai salah satu fasilitas yang tersedia di dalam internet yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pemasaran, khususnya promosi dengan biaya yang sangat murah. Namun, tidak semua pemilik alamat email mau menerima email promosi. Sebagian orang atau badan usaha merasa terganggu, bahkan mereka menganggap email promosi sebagai sampah, sehingga tidak banyak orang atau badan usaha memberitahukan secara luas alamat emailnya. Selain itu, sejumlah aplikasi email, seperti Yahoo dan GMail juga membatasi jumlah pengiriman email, sehingga kesempatan para pemasar untuk mengirimkan email promosi secara gencar akan terhambat.


Pembahasan

Pengertian Email Marketing

Email singkatan dari electronic mail, dimana dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai surat elektronik. Email merupakan jenis layanan internet yang paling popular. Melalui email, para pengguna dapat mengirimkan berita, informasi, surat, dokumen, gambar, data dan file. Secara khusus, email merupakan fasilitas yang digunakan untuk mengelola surat menyurat beserta lampirannya secara elektronik. Fasilitas ini sangat praktis digunakan oleh siapa saja. Pengirim surat tidak perlu menambahkan amplop dan perangko, serta membawanya ke kantor pos untuk mengirimkannya. Selain itu, email lebih cepat dari pada pengiriman surat melalui jasa pos atau kurir. Hanya dalam hitungan detik atau menit, surat sudah terkirim kepada orang yang dituju atau sejumlah alamat sekaligus. Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk koneksi internet lokal, padahal jangkauannya dapat mencapai luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri. Email ini bersifat personal, sehingga surat dapat langsung sampai kepada orang yang dituju.

Jenis-Jenis Email

Aplikasi email dapat dibagi menjadi 2 : Email online dan Email offline

1. Email online 

Untuk mengakses aplikasi email model pertama, pengguna harus online ke email server, karena proses pengiriman dan penerimaan email dilakukan satu persatu. Penyedia layanan email online yang sering digunakan antara lain hotmail.com, yahoo.com dan gmail.com.

2. Email offline

Email offline, pengguna tidak terus menerus online selama sesi pengaksesan, karena proses pengiriman dan penerimaan dapat dilakukan secara kumulatif. Dalam proses penerimaan surat, aplikasi akan men-download semua email baru yang ada di email server ke dalam komputer pengguna dan semua email tersebut akan tersimpan dalam komputer pengguna. Selanjutnya pengguna dapat membaca email tanpa terkoneksi ke internet.

Keunggulan Email Marketing

  • Jangkauan promosi lebih luas
Email marketing dapat kita kirim ke siapa saja di seluruh dunia. Oleh karena itu email marketing memiliki jangkauan promosi yang jauh lebih luas dari teknik digital marketing yang lainnya.

  • Ditujukan langsung kepada pelanggan yang memiliki minat

Dalam pengiriman email marketing, pada umumnya kita akan mendapatkan alamat email calon konsumen dari data yang mereka isikan pada website atau landing page yang kita buat.  Sehingga potensi terjadinya konversi menjadi lebih besar karena email dikirimkan kepada orang-orang yang memang memiliki minat kepada produk kita atau ingin mendapatkan info lebih lanjut mengenai perusahaan atau produk yang kita tawarkan

  • Memiliki Fitur Respon Otomatis

Salah satu keunggulan email marketing adalah sistem ini memiliki fitur respon otomatis yang dapat membantu Anda menjawab email-email yang dikirimkan oleh para pelanggan kepada Anda. Sebanyak apapun email yang dikirim oleh pelanggan, email tersebut akan langsung dibalas otomatis oleh sistem. Hal ini membuat kita lebih memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan lainnya dan hanya memerlukan pengecekan secara berkala.

  • Biaya murah

Email marketing merupakan salah satu teknik digital marketing yang memiliki biaya yang cukup murah dibanding dengan teknik digital marketing yang lainnya.Namun walaupun biaya yang dikeluarkan murah namun hasil yang diperoleh apabila kita menerapkan teknik email marketing ini dengan baik akan sangat membantu penjualan secara signifikan.


Kesimpulan

Fitur email telah dikenal sebagai salah satu fasilitas yang tersedia di dalam internet yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pemasaran, khususnya promosi dengan biaya yang sangat murah. Namun, tidak semua pemilik alamat email mau menerima email promosi. Sebagian orang atau badan usaha merasa terganggu, bahkan mereka menganggap email promosi sebagai sampah, sehingga tidak banyak orang atau badan usaha memberitahukan secara luas alamat emailnya. Email merupakan jenis layanan internet yang paling popular. Melalui email, para pengguna dapat mengirimkan berita, informasi, surat, dokumen, gambar, data dan file. Secara khusus, email merupakan fasilitas yang digunakan untuk mengelola surat menyurat beserta lampirannya secara elektronik. Selain itu, email lebih cepat dari pada pengiriman surat melalui jasa pos atau kurir. Hanya dalam hitungan detik atau menit, surat sudah terkirim kepada orang yang dituju atau sejumlah alamat sekaligus.


Daftar Pustaka

 Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kasmir, Kewirausahaan, PT Raja Grafindo Persada, 2006

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lave. (2008). Marketing Manajement (Benyamin Molan, Terjemahan), Jakarta: Indeks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.