Oktober 07, 2022

Keunggulan Kompetitif Yang Dalam Menciptakan Inovasi Untuk Kewirausahaan Strategis

Keunggulan Kompetitif Yang Dalam Menciptakan Inovasi Untuk Kewirausahaan Strategis

Oleh: Putri Adelia (@V41-ADELIA)



Abstrak


Saat ini dalam lingkungan penggunaan keunggulan kompetitif bagi perusahaan perlu sangat gesit dan adaptif.  Meskipun seringkali tidak dapat membuat tingkat kinerja tertentu berdasarkan teknologi pada kemajuan yang ada, perusahaan juga sering datang untuk masuk dalam teknologi baru yang muncul.  Bagaimana menyikapi kewirausahaan secara strategis sebagai cara dimana perusahaan secara bersamaan memanfaatkan keunggulan kompetitif mereka sekarang sambil mencari peluang untuk masa depan.  Pencapaian ini berdasarkan keseimbangan antara eksplorasi dan eksploitasi terdiri dari lebih dari sekedar alokasi sumber daya yang sebanding antara kedua proses tersebut. 


Pendahuluan


Hal ini menunjukkan bahwa bukannya semua perusahaan harus go international tetapi harus membuat perencanaan untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup di era persaingan global. Tentunya perusahaan tidak dapat mengandalkan hanya hidup di pasar domestik saja. Dengan kata lain tidak terdapat lagi tempat bagi perusahaaan untuk bersembunyi dari pesaing-pesaing di luar negeri. Dalam kondisi demikian maka tidak ada pilihan lain bagi perusahaan yang berada dalam era persaingan global untuk tidak ikut berkompetisi global melalui peningkatan kemampuan bersaing secara global.


Menyikapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam waktu singkat dalam era persaingan global seperti sekarang ini, maka bagi perusahaan agar tetap survive serta mampu meningkatkan kemampuan bersaingnya secara global dalam kondisi yang turbulen harus merumuskan strategi yang adaptif serta mudah disesuaikan untuk mengikuti perkembangan perubahan yang terjadi secara mendadak2. Strategi yang memungkinkan perusahaan beradaptasi serta meningkatkan kemampuan bersaingnya secara global dalam kondisi yang turbulen adalah dengan melalui aliansi strategis.


Pembahasan 


Bharadwaj et al. (993, p.83-84) menjelaskan bahwa keunggulan bersaing merupakan hasil dari implementasi strategi yang memanfaatkan berbagai sumberdaya yang dimiliki perusahaan. Keahlian dan asset yang unik dipandang sebagai sumber dari keunggulan bersaing. Keahlian unik merupakan kemampuan perusahaan untumenjadikan para karyawannya sebagai bagian penting dalam mencapai keunggulan bersaing.


Kewirausahaan strategis ini bisa digunakan oleh seseorang yang ingin menjadi pengusaha sosial. Peluang dari kewirausahaan ini merupakan sebuah kondisi di mana barang atau jasa baru dapat memenuhi semua kebutuhan yang ada di pasar. Inti dari kewirausahaan adalah untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang tersebut. Yang penting, pengusaha atau manajer kewirausahaan harus mampu mengidentifikasi peluang yang tidak dirasakan oleh orang lain. Dalam Mengidentifikasi peluang dalam lingkungan yang dinamis dan tidak pasti membutuhkan pola pikir kewirausahaan yang memerlukan semangat mengejar peluang.


Sebuah pola pikir merupakan sumber keunggulan kompetitif karena sebuah tindakan adalah sesuatu yang dihasilkan dari fokus, seperti tindakan yang diambil ketika pengusaha bersemangat mengejar peluang. Setelah mengidentifikasi sebuah peluang, pengusaha harus bertindak untuk mengembangkan kemampuan dasar yang kemudian akan menjadi dasar dari kompetensi inti perusahaan dalam menciptakan sebuah keunggulan kompetitif. Proses mengidentifikasi peluang dari kewirausahaan tidak cukup dalam menciptakan kekayaan maksimal atau bahkan untuk bertahan hidup dari waktu ke waktu. Pemanfaatan untuk sebuah peluang, perusahaan harus mengembangkan semua kemampuan yang berharga, langka, sulit ditiru, dan tidak dapat disubstitusikan oleh beberapa competitor. Ketika kemampuan memenuhi empat kriteria tersebut, perusahaan memiliki satu atau lebih keunggulan kompetitif untuk memanfaatkan peluang-peluang yang diidentifikasi. Tanpa keunggulan kompetitif kesuksesan perusahaan hanya akan bertahan sementara.


Kesimpulan 


Pengembangan kewirausahaan memang sangat di perlukan ketika dihadapkan dengan sebuah inovasi dan pengembangan ide dalam sebuah persauhaan dalam menghadapi persaingan global. Pengembangan dimulai dari pengembangan jiwa kewirausahaan sumberdaya manusia, pengembangan internal perusahaan meliputi sumberdaya manusia dan teknologi. Selain itu perlu adanya pemahaman yang rinci terkait kewirausahaan internasional. Untuk pemenuhan itu semua perlu adanya strategi kooperatif yaitu dengan saling membantu antar lini dan segmen dari internal perusahaan dalam menciptakan kewirausahaan yang strategis. Kewirausahaan strategis merupakan metode kewirausahaan yang tepat dan efisien ketika dilakukan sebauh implementasi dalam kegiatan nyata dengan IPO yang bagus dan pengembangan ide pokok dari masing masing aspek internal.


Referensi


Afia Hidayat, Atep. Modul Kewirausahaan 6. Productivity in Line with Market Demand and Customer Orientation. Universitas Mercu Buana Jakarta.


Aya Fitriyatul Bilgies. Keunggulan Kompetitif Yang Dalam Menciptakan Inovasi Untuk Kewirausahaan Strategis. Jurnal Manajemen Inovasi Vol. 03, No. 02, April 2017 ж 341.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.