Oktober 13, 2022

Layanan Pelanggan Untuk Kesuksesan Bisnis

 


Oleh: Yulfara Kartini (@V05-Yulfara)

Abstrak

Artikel ini membahas tentang pentingnya layanan pelanggan untuk kesuksesan sebuah bisnis atau usaha. Latar belakang dari artikel ini sendiri adalah masih kurangnya pelayanan pelanggan yang baik. Hal ini menyebabkan sebagian bisnis atau usaha menganggap pelanggan sebagai pembeli produk atau jasa saja. Artikel ini disusun bertujuan agar pelaku bisnis atau usaha mengetahui bahwa layanan pelanggan yang baik dapat memberikan kesuksesan untuk bisnis atau usahanya. Pelaku usaha juga harus mulai memikirkan cara untuk memenuhi keinginan serta harapan pelanggan, salah satunya yaitu dengan cara memberikan pelayanan yang lebih baik dibanding pesaing.

Keywords: Layanan pelanggan, bisnis, usaha, pelanggan.

Pendahuluan

Dalam era perdagangan bebas, setiap bisnis akan menghadapi persaingan yang ketat. Meningkatnya intensitas persaingan menuntut suatu bisnis untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta berusaha untuk memenuhi harapan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan dari pada yang dilakukan oleh pesaing. Dengan demikian, hanya bisnis yang berkualitas yang mampu bersaing dan menguasai pasar. Setiap bisnis dituntut untuk membuat pelanggan merasa puas dengan memberikan penawaran dan pelayanan yang lebih baik, mengingat setiap bisnis harus mampu untuk mempertahankan posisi pasarnya di tengah persaingan yang semakin katat untuk memenangkan persaingan yang dimana suatu bisnis harus mampu memberikan kepuasan pada pelanggan. Upaya-upaya yang dilakukan oleh setiap bisnis untuk memuaskan pelanggan dalam pelayanan kebutuhan konsumen dengan berbagai strategi dan berbagai cara dengan harapan agar pelanggan merasa puas dan selanjutnya untuk datang kembali. Upaya memberikan pelayanan adalah melayani pelanggan dengan baik, memenuhi kebutuhan yang diinginkan pelanggan, bangun hubungan kerja sama dengan baik agar pelanggan percaya dan terus bekerja sama.  

Permasalahan

Bagi pemilik usaha, pelanggan mungkin dianggap sebagai pihak yang membeli produk atau jasa. Namun, sebenarnya peran pelanggan bagi kelangsungan sebuah usaha jauh lebih besar dari itu. Mau sebesar apapun sebuah usaha, jika tidak memiliki pelanggan tetap usahanya tidak akan berjalan. Tanpa adanya pelanggan, usaha tidak dapat menjual produknya. Saat produk tidak terjual, maka usaha pun akan kesulitan untuk mendapatkan pemasukan, ini artinya biaya produksi pun tidak akan terpenuhi. Hal inilah yang mengakibatkan kegiatan produksi tidak bisa berjalan dan usaha terancam gulung tikar atau mengalami kebangkrutan.

Pembahasan

Hubungan antara perusahaan dan pelanggan adalah saling membutuhkan atau simbiosis mutualisme. Pelanggan membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan dan begitupun sebaliknya. Sebagai pemilik bisnis atau usaha juga membutuhkan pemasukan dari pelanggan agar kegiatan produksi perusahaan dapat tetap berjalan. Layanan pelanggan menjadi aspek terpenting dari sebuah bisnis atau usaha. Karena faktanya pelanggan akan beralih ke pesaing hanya karena satu pengalaman layanan pelanggan yang buruk. Berikut merupakan alasan mengapa layanan pelanggan sangat penting untuk kesuksesan bisnis atau usaha, yaitu:

1.     Reputasi

Kesan pertama dan terakhir ini tidak diragukan lagi, saat berusaha memberikan pengalaman yang baik dan positif kepada pelanggan itu akan mempengaruhi pandangan mereka terhadap bisnis yang dimiliki dengan cara yang positif. Dan ketika berulang kali memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa, mereka akan membantu penyebaran berita tentang bisnis atau usaha tersebut. Baik dari mulut ke mulut atau dari media sosial, yang nantinya publik akan belajar tentang tingkat layanan pelanggan yang diberikan dan akan lebih cenderung memilih usaha anda daripada usaha pesaing.

2.     Customer Relationship

Sebenarnya layanan pelanggan adalah tentang membangun hubungan dengan pelanggan. Ini merupakan jenis hubungan antara bisnis dengan pelanggannya yang membuat mereka merasa diperhatikan dan didengarkan. Ini memiliki arti bahwa layanan pelanggan yang tepat tidak hanya tentang menjual produk atau layanan pelanggan, tetapi juga memenuhi kebutuhan pelanggan sebelum, selama dan setelah pembelian untuk memberikan mereka kesan dan pengalaman terbaik dengan bisnis atau usaha yang dimiliki.

3.     Membantu Efisiensi Bisnis

Peran pentingnya pelanggan bagi perusahaan berikutnya adalah pelanggan terbukti dapat membantu efisiensi perusahaan. Jika perusahaan memiliki sekelompok pelanggan yang loyal, maka tingkat retensi pelanggan pun cenderung tinggi. Dengan begitu, tidak perlu mengeluarkan tambahan biaya untuk strategi mempertahankan pelanggan. Efisiensi perusahaan pun dapat dicapai karena dapat menekan pengeluaran.

4.     Berdampak Seluruh Bisnis

Segala bentuk sikap dan perbuatan akan mencerminkan bisnis yang dijalankan, jika memberikan pelayanan dengan baik, orang secara natural akan berasumsi produk yang dijual memiliki kualitas yang baik. Sebaliknya jika memberikan pelayanan yang buruk, orang juga akan berasumsi produk yang dijual tidak jauh lebih baik. Sehingga pelayanan yang diberikan akan berdampak besar ke seluruh bisnis.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa peran pelayanan pelanggan terhadap bisnis atau usaha menjadi sangat vital. Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan maka akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa untuk bisnis yang dijalankan. Karena pelanggan tidak hanya melihat kualitas produk yang ditawarkan, namun mereka juga melihat cara bersikap kepada mereka tentan baik atau buruk. Maka dari itu, tingkatkan terus pelayanan terhadap pelanggan demi kelancaran dan kesuksesan bisnis yang dimiliki.

Daftar Pustaka

Setiowati, Restia. (2020). Mengapa Layanan Pelanggan Sangat Penting Bagi Bisnis Anda. Qiwii.

Turboly. (2017). Penting Pelayanan Terhadap Konsumen. Dalam https://turboly.com/blog/2017/04/MENGAPA-CUSTOMER-SERVICE-BEGITU-PENTING.html

Sodexo. (2020). Pentingnya Pelanggan bagi Perusahaan. Dalam https://www.sodexo.co.id/pentingnya-pelanggan-bagi-perusahaan/

Sahabat UMKM. Pentingnya Kepuasan Pelanggan untuk Menciptakan Konsumen Loyal. Dalam https://sahabatumkm.id/galeri/pentingnya-kepuasaan-pelanggan-untuk-menciptakan-konsumen-loyal

Modul Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.