Oktober 23, 2022

MANFAAT INVESTASI DALAM BISNIS


 Dhea Septiana

(@V39-DHEA)

Bukan tanpa alasan hal ini bisa terjadi. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah dan pasar domestik yang besar. Jumlah masyarakat yang banyak berpotensi dalam pengembangan tenaga kerja. Dengan segala kekayaan yang dimiliki Indonesia, banyak investor yang menjadikan negara ini sebagai tujuan investasi yang potensial melahirkan pertumbuhan aset.

Ada tiga manfaat utama pasar modal bagi negara, di antaranya sebagai berikut.

1. Mengurangi Pengangguran
Dengan modal yang bergulir ke perusahaan dan pemerintahan, pembangunan akan dilakukan dan peluang menambah sumber daya akan terbuka secara lebar. Investasi yang kita lakukan akan membangun pabrik, infrastruktur, meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan, dan secara otomatis membuka banyak lapangan pekerjaan yang diperlukan untuk mewujudkan tujuan pembangunan.

Dengan begitu, aktivitas produksi dapat berjalan dengan baik didukung dengan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Memajukan Negara dalam Jangka Panjang
Jika investor domestik memiliki peran yang lebih besar, perekonomian negara dalam jangka panjang bisa lebih terjamin. Investor luar memang membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia dalam jangka menengah. Tetapi dalam jangka panjang, keuntungan yang lebih besar akan mengalir ke negara asal investor tersebut.

Jika investor domestik menyadari hal ini, seharusnya, mengambil peran besar di negara sendiri tidak lagi jadi masalah. Sebab dalam jangka panjang, investasi bisa menghasilkan buah yang diinginkan. 

3. Meningkatkan Pendapatan Per Kapita
Masih ingat dengan rumus perhitungan Produk Domestik Bruto (PDB)? PDB atau pendapatan nasional merupakan cermin pertumbuhan ekonomi negara yang dihitung melalui empat komponen utama, di antaranya konsumsi (C), investasi (I), belanja pemerintah (G), dan total bersih ekspor (X) dikurangi impor (M).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.