Oktober 09, 2022

Mekanisme Permintaan Orientasi Pasar

 

 


Indah Permata Widayanti (@V11-WIDAYANTI)

  

Abstrak

Pasar merupakan tempat untuk menampung hasil dari produksi dan menjualnya kepada mereka yang membutuhkan. Pasar, negara, individu dan masyarakat selalu menjadi topik pembahasan yang hangat dalam ilmu ekonomi.

Riilnya ekonomi negara yang baik itu digerakkan oleh mekanisme pasar yang menjunjung kebebasan dan keadilan, karenanya pasar itu bebas dan tidak berpihak. Berjalannya sebuah pasar akan ditentukan oleh beberapa faktor, pertama tentang harga, permintaan & penawaran, distribusi dan spesialisasi pekerja, yang mana ketika faktor di atas berjalan sesuai aturan yang ada dalam negara tersebut, maka bisa dipastikan perekonomian dalam negara tersebut akan stabil. Maka dari itu pentinglah mempelajari hukum permintaan, macam-macam permintaan, dan faktor yang mempengaruhi permintaan pasar.

Kata kunci : Permintaan, Hukum, Macam-macam, Faktor

 

Pendahuluan

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sebagai makhluk sosial dan konsumen selalu membuat berbagai permintaan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari untuk berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan. Permintaan yang dilakukan oleh konsumen adalah cara mereka memperoleh kepuasan tersendiri dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam membuat permintaan, konsumen harus selalu melakukan penyesuaian terhadap permintaan yang dilakukan dengan pendapatan konsumen yang mereka peroleh. Dari sini terlihat jika pendapatan konsumen tinggi, maka konsumen dapat melakukan permintaan dalam jumlah banyak. Sebaliknya, jika pendapatan konsumen rendah, maka konsumen hanya bisa membuat permintaan kecil atau sedikit. Selain pendapatan, harga juga bisa mempengaruhi jasa juga, belum tentu barang. Semakin mahal harga barang atau jasa, konsumen akan mengurangi konsumsi barang atau jasa dilihat dari pendapatan atau pindah ke harga yang lebih rendah untuk menyamakan pendapatan. Dan sebaliknya, jika harga barang atau jasa semakin murah, konsumen akan terus mengkonsumsi barang atau jasa tersebut layanan, dan tidak akan mencari harga yang lebih murah.

 

Pembahasan

Definisi Permintaan

Permintaan adalah suatu proses dalam meminta sesuatu atau sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang atau jasa yang ingin dipenuhi dengan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa itu tidak terbatas. Permintaan  timbul akibat adanya kebutuhan seseorang terhadap barang tertentu dan barang yang diminta konsumen pada umumnya berbeda-beda. Dalam konsep permintaan tersebut terdapat dua variable yaitu variable tingkat harga, dan variabel jumlah harga yang diminta atau yang akan dibeli dan tingkat harga menunjukkan adanya hubungan satu dengan yang lainnya. Permintaan juga timbul akibat keinginan. Hal itu menunjukkan bahwa keinginan dan permintaan itu merupakan dua hal yang berbeda satu dengan yang lainnya. Permintaan bukanlah keinginan, sebagaimana keinginan bukan permintaan.

Hukum Permintaan

            Hukum permintaan adalah hokum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Apabila harga naik, maka jumlah barang yang diminta sedikit. Apabila harga rendah, maka jumlah barang yang diminta meningkat. Beginilah bunyi hokum permintaan :

“Semakin turun tingkat harga itu, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga, maka  semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.”

Hukum permintaan menjelaskan bahwa jumlah barang yang diminta akan selalu berbanding terbalik dengan harga barang yang diminta. Kedua besaran berkorelas negative artinya jika harga barang cenderung naik, misal akibat inflasi, maka jumlah barang yang diminta akan cenderung berkurang. Sebaliknya, jika harga barang cenderung turun, maka jumlah barang yang diminta akan cenderung bertambah.

Hukum permintaan tersebut berlaku jika keadaan yang lainnya di luar harga harus dianggap tetap. Keadaan lain yang dimaksud adalah pendapatannya tetap, seleranya tetap, harga barang yang lain tetap, dan tidak ada barang substitusi atau barang pengganti.

Macam-macam Permintaan

Permintaan adalah kesediaan pembeli untuk membeli barang dengan berbagai tingkat harga dalam waktu dan tempat tertentu. Permintaan dapat digolongkan menjadi tiga,  yaitu :

1.      Permintaan efektif adalah permintaan terhadap suatu barang yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.

2.      Permintaan absolut adalah permintaan terhadap suatu barang yang tidak disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.

3.      Permintaan potensial adalah permintaan yang memiliki kemampuan membeli namun tolak dengan segera melaksanakan pembelian. Keadaan ini merupakan potensi permintaan.

Faktor yang mempengaruhi permintaan

a)      Harga barang itu sendiri

b)      Jumlah penduduk

c)      Tingkat pendapatan per kapita

d)     Selera atau kebiasaan dalam permintaan

e)      Perkiraan harga di masa mendatang

f)       Harga barang lain

g)      Distribusi pendapatan

h)      Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan  

 

Kesimpulan

    Permintaan itu akan terjadi dan selalu terjadi apabila terdapat dua orang atau lebih yang saling berkaitan satu sama lain. Dua orang atau lebih yang saling berkaitan ini dinamakan konsumen yang melakukan permintaan dan produsen yang menangani permintaan konsumen tersebut. Setiap konsumen itu berbeda-beda, ada yang melakukan permintaan dan langsung dibeli, ada juga konsumen yang melakukan permintaan namun tidak membeli barang itu, ada juga konsumen yang membeli barang dari produsen itu lalu dijual kembali dengan harga yang berbeda selisih sedikit tidak jauh dari harga konsumen membeli pertama kali.

 

Saran

    Bagi pelaku usaha atau pedagang hendaknya dalam menetapkan harga memperhatikan kualitas dan kuantitas barang yang rasional sehingga kegiatan ekonomi khususnya jual beli dapat berjalan dengan sehat tanpa ada maksud mencari keuntungan dengan memanfaatkan kesempatan. Khususnya pada saat situasi dan kondisi tertentu dari pelaku usaha baik penjual dan pembeli.

 

Daftar Pustaka

https://www.academia.edu/9757569/MEKANISME_PASAR_PERMINTAAN_DAN_PENAWARAN

http://stimbedua.blogspot.com/2015/11/makalah-mekanisme-pasar-permintaan-dan.html

https://contohdanfungsi.blogspot.com/2013/03/macam-macam-permintaan.html?m=1

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.