Oktober 13, 2022

MEMAHAMI PENTINGNYA PELAYANAN TERBAIK UNTUK KEPUASAN PELANGGAN

 

RAJIB FAHMI (@V27-Rajib)

ABSTRAK:

Pada  era  digital  saat  ini  banyak  sekali persaingan pada dunia bisnis,kepuasan konsumen merupakan    salah    satu    modal    utama    dalam memulai  suatu  bisnis.  dalam  satu  istilah  terdapat sebutan   bahwa   pelanggan   adalah   raja.   karena dengan   adanya   konsumen,suatu   bisnis   dapat berkembang  dan  bertahan.  kepuasan  konsumen adalah  suatu indikator yang menunjukkan respon kualitas   suatu   produk   yang   dibuat   dan   suatu pelayanan  yang  sudah  diberikan.Apabila  respon yang  mereka  berikan  bagus,  maka  mereka  akan loyal  terhadap  pruduk  yang  kita  buat.  maksud dari    konsumen    yang    loyalitas    ialah    bahwa konsumen  tersebutakan  membeli  produk  kita secara  berulang  dan  tidak  memilih  merek  merek yang  menjadi  pesaing  dalam  bisnis  kita.  Maka dengan  adanya  hubungan  yang  positif  dengan Kepuasan  konsumen  kita  maka  hal  tersebut  akan meningkatkan   profit   bagi   usaha   kita   setiap bulannya.

Kata   Kunci: Kepuasan   konsumen,   Loyalitas Pelanggan, Bisnis

 

PENDAHULUAN

Pada  era  digital  saat  ini  banyak  sekali  persaingan  pada  dunia  bisnis,kepuasan pelanggan  adalah  salah  satu  kunci  utama. Mengapa  kepuasan konsumen dapat  disebut sebagai  hal yang  penting  dalam  berbisnis? Karena  apabila  tingkat  kepuasan  konsumen kita tinggi,maka konsumen tersebut bepotensi memiliki loyalitas untuk membeli Kembali barang tersebut. Kemudian karena hal tersebut bisnis yang kita buat maka dapat bertahan lama  dan  terus  meningkatkan  omzet  yang  kita  peroleh  pada  setiap  bulannya.  Selain dengan keuntungan tersebut apabila bisnis kita sudah terkenal dengan pelayanan terhadap konsumen,maka  hal  tersebut  juga  akan  membuat konsumenkita  semakin  banyak  dari hari ke hari.kepuasan konsumendapat menunjukan bahwa bisnis yang dijalankan tersebut akan berjalan dengan baik atau tidak. Jika tingkat kepuasannya tinggi maka bisnis yang dijalankan  akan  semakin  baik  sedangkan  apabila  tingkat  kepuasan konsumen rendah maka  bisnis  yang  kita  jalankan  akan  tidak  berjalan  dengan  baik  bahkan  lama-kelamaan akan mengalami bangkrut. Kepuasan pelanggan merupakan suatu tanggapan dari konsumen atas kinerja yang telah diberikan sesuai dengan harapan pelanggan. Menurut Band (1991) dalam (Setiyawati,2009) kepuasan pelanggan merupakan suatu tingkatan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan dari pelanggan dapat terpenuhi yang akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut. Pentingnya kepuasan pelanggan bagi pebisnis yaitu demi mempertahankan kelangsungan hidup bisnis tersebut dalam jangka panjang.

 

PEMBAHASAN

Pelanggan adalah raja. Artinya, kepuasan pelanggan menjadi nomor satu dalam bisnis. Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh suatu bisnis memengaruhi keputusan pembelian mereka. Bukan hanya pelayanan kepada calon pelanggan, hal yang sama juga berlaku untuk pelanggan tetap, jika pelayanan memuaskan, maka mereka akan memberikan kepercayaan lebih. Tidak jarang, seseorang batal membeli barang, karena mereka tidak dilayani dengan baik, atau karena pertanyaan yang tidak dijawab. Bisnis yang mementingkan pelanggan di atas keuntungan adalah bisnis yang mampu bertahan dalam persaingan yang ada.Memberikan pelayanan terbaik bukan tentang anggapan bahwa pelanggan selalu benar, tapi mengenai kemampuan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Apabila perusahaan memberikan pelayanan yang terbaik, maka pelanggan akan memberikan kepercayaan yang setara dengan pelayanan yang didapatkan.

 

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

Hal terpenting yang wajib diperhatikan setiap perusahaan untuk menciptakan kepuasan pelanggan adalah mutu dari produk yang digunakan. Beberapa macam faktor-faktor yang dinilai sebagai konsumen untuk tetap bertahan pada salah satu perusahaan, diantaranya

1. Pelayanan

Pelayanan merupakan pilar utama yang bersifat jasa yang bertujuan memelihara hubungan baik dan meningkatkan hubungan antara produsen dan pelanggan. Ada hal yang tak kalah penting dalam pelayanan yaitu untuk mendengarkan berbagai keluhan atau masukan pelanggan supaya memberi jalan keluar yang tertuju dan produk semakin baik dan diminati para pelanggan.

2. Kualitas Produk

Setelah menampung masukan yang terbaik, kualitas produk sangat penting, karena kualitas produk merupakan representasi (ekspektasi) konsumen dengan apa yang produsen buat. Beberapa hal agar kualitas produk dipercaya dengan memperhatikan kesesuain yang dibutuhkan, rentan waktu daya tahan produk yang harus diperhatikan, kelebihan produk yang telah dibuat, dan keandalan suatu produk pembuatan akan mempengaruhi minat konsumen. Dari sinilah kepercayaan (loyalitas) datang untuk tetap membeli produk produsen yang dibuat.

3. Harga

Patokan harga menjadi sangat penting di setiap bisnis, karena setiap harga yang ditawarkan perusahaan pada konsumen merupakan tolak ukur produk itu sendiri. Harga akan berpengaruh terhadap permintaan produk pasar. Sebab itu pilihlah harga sebagaimana tingkat bahan baku, alat yang digunakan dan skill kesulitan menjadikan tolak ukur menjadi nilai harga produk.

4. Promosi dan Strategi Pemasaran yang Tepat

Promosi merupakan bagaimana kita memberi informasi untuk menawarkan, meningkatkan penjualan lebih tinggi dari biasanya dan menciptakan loyalitas suatu produk kepada konsumen. Kegiatan ini berfungsi untuk mempengaruhi konsumen menggunakan jasa atau produk yang akan konsumen merasa puas dengan produk tersebut.

 

Cara Mengukur Indikator Kepuasan Pelanggan

Menurut Kotler ada beberapa cara untuk bagaimana produsen mengukur kepuasan pelanggan dalam suatu produk, diantaranya:

1. Kritik dan Saran

Ini wajib produsen pahami akan menerima kritik dan saran, supaya perusahaan lebih berkembang maju untuk selalu menerima saran yang baik dari pelanggan, untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan suatu masalah dalam produk maupun jasa.Di Beberapa tempat biasanya telah menyiapkan kotak saran yang dapat diisi langsung ataupun bisa melalui telepon yang dapat dihubungi sebagai layanan pelanggan atau call center.Sekarang semakin berkembangnya informasi, untuk memberi kritik, saran dan ide-ide baru lebih mudah, seperti memberikan saran melalui email perusahaan, akun sosial media yang terhubung dan sudah pasti lebih mudah untuk saling berinteraksi sesama pelanggan.

2. Menyewa Jasa Ghost Shopper

Ghost shopper merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mengetahui kualitas pelayanan karyawan kepada konsumen dengan cara seseorang berpura-pura menjadi salah satu konsumen. Ghost shopper telah mempunyai info pelayanan sesuai ilmu yang dibekali. Layananan ini biasanya ditemui dalam perusahaan besar seperti penyedia jasa kesehatan, perbankan, perusahaan layanan lainnya.Selain itu berfungsi mengamati dan mengevaluasi karyawan supaya lebih baik menghadapi konsumen dalam sikap. Selain untuk mengevaluasi kinerja karyawan, ghost shopper dapat meningkatkan dan menjadikan tolak ukur bisnis.

3. Mencari tahu Alasan Pelanggan

Mungkin sebagian pebisnis pernah mendapati pelanggan yang loyal namun beberapa saat ternyata mereka beralih ke perusahaan lain. Ada baiknya gunakan hal ini sebagai peluang untuk lebih mengetahui seberapa puas tingkat pelanggan yang tidak terpenuhi.Dalam hal ini cobalah perusahaan untuk menelpon atau berkomunikasi pada konsumen dan dapat memahami kebutuhan pelanggan supaya perusahaan dapat menyempurnakan kekurangan yang ada. Selalu jadikan evaluasi memperbaiki produk sehingga menjadi lebih baik dan menjangkau kembali para pelanggan.

4. Survey Kepuasan Pelanggan

Survey merupakan mengumpulkan informasi secara rinci sesuai kebutuhan produsen yang diinginkan. Selain mencari tahu mengapa pelanggan berhenti memilih produk, gunakanlah cara Survey Kepuasan Pelanggan karena ini akan lebih efektif mengetahui daerah pasar yang akan dilampaui. Selain itu akan bermanfaat untuk meningkatkan antusias pelanggan terhadap pada kualitas jasa maupun produk perusahaan.Semakin maju era digital ini perusahaan lebih mudah membuat atau membuka forum saran atau pertanyaan kuesioner kepuasan pelanggan yang tepat sasaran.

 

KESIMPULAN

Pelayanan yang memuaskan, maka mereka para konsumen akan memberikan kepercayaan lebih. Jika tingkat kepuasannya tinggi maka bisnis yang dijalankan  akan  semakin  baik  sedangkan  apabila  tingkat  kepuasan konsumen rendah maka  bisnis  yang  kita  jalankan  akan  tidak  berjalan  dengan  baik  bahkan  lama-kelamaan akan mengalami bangkrut. Kepuasan pelanggan merupakan suatu tanggapan dari konsumen atas kinerja yang telah diberikan sesuai dengan harapan pelanggan.

 

REFRENSI

https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/265/157

https://eprints.umm.ac.id/33559/2/jiptummpp-gdl-efiepuspit-44539-2-babi.pdf

https://blog.mtarget.co/pentingnya-customer-service-dalam-mailtarget/

https://www.gramedia.com/literasi/kepuasan-pelanggan/

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.