Oktober 16, 2022

Memberikan Yang terbaik pada pelanggan, menjadi langkah untuk kenyamanan pada planggan dalam wirausaha

Utari Rahmawati (@V38-UTARI)


A. LATAR BELAKANG

Dalam dunia bisnis identik dengan suatu usaha yang menjadikan sebuah perusahaan apabila sudah membesar. Memiliki banyak karyawan dan para pekerja lain nya. Dalam usaha seorang wirausahawan memiliki target pasar nantinya mereka akan menjadi pelanggan ada produk yang diperjual belikan. Untuk mempertahankan dan mengikat pelanggan makan banyak hal yang akan dilakukan pada perusahaan agar pelanggan nya tetap setia pada usaha nya. Makan seringkali perusahaan atau wirausaha memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada pelanggan nya, diharapkan dengan pelayanan yang baikk akan memikatt para pelanggan.


Rumusan masalah

1. Apa yang dimaksud dengan pelayanan pelanggan?

2. Apa tujuan dari pelayanan pelanggan?

Penting pelayanan pelanggan pada bisnis?

3. Apa pentingnya menerapkan pelayanan pelanggan


Tujuan

1. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan pelayanan pelanggan

2. Untuk mengetahui apa tujuan dengan adanya pelayanan pelanggan

3. Mengetahui pentingnya pelayanan pelanggan.


B.  PEMBAHASAN

Pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antar seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan (Sinambela,2008:5). 

Pelayanan pelanggan adalah kemampuan pegawai yang memiliki pengetahuan, mampu, dan antusias dalam menyampaikan produk dan layanan kepada pelanggan internal dan eksternal dengan cara yang dapat memuaskan kebutuhan ,baik yang teridentifikasi maupun tidak teridentifikasi, untuk hasil akhir yang positif.

Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, anda akan ikut mendapatkan keuntungan yang luar biasa bagi bisnis anda. Karena pelanggan tidak hanya melihat kualitas dari produk yang anda tawarkan, namun mereka juga melihat cara anda bersikap kepada mereka, baik atau buruk.

Adapun cara cara melayani pelanggan dengan sikap menghargai sebagai berikut : 1. Setiap pelanggan harus dilayani dengan sebaik - baiknya. 

2. Jangan membeda - bedakan pelanggan.

3. Menghargai pelanggan dengan bersikap sopan santun dan ramah tamah. 

4. Mendengarkan dan mencatat setiap permintaan dan kebutuhan pelanggan.


C. KESIMPULAN

dari penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pelayanan pelanggan adalah usaha yang dilakukan penjual/wirausaha seperti intraksi atau memberikan suatu pelayanan yang baikk yang membuat pelanggan merasa nyaman. Maka dalam usaha sangat dibutuhkan nya pelayanan yang baik terhadap pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.