Oktober 13, 2022

Pemasaran Digital Marketing dalam Kewirausahaan

 

Indah Permata Widayanti (@V11-WIDAYANTI)

 

Abstrak

Pemasaran digital memiliki hubungan yang sangat erat dengan kewirausahaan, dimana kedua item tersebut memiliki target yang sama. Kemudian pemasaran digital merupakan bagian dari aktifitas kewirausahaan. Pemasaran digital memiliki peluang yang sangat besar dalam pengembangan dunia usaha mulai saat ini hingga dimasa depan dimana target pasar sudah bertransformasi ke platform digital. Sedangkan tantangan yang harus dihadapi oleh dunia usaha ketika melaksanakan pemasaran digital yaitu kesiapan dari segi sumber daya manusia dan sumber daya keuangan dalam mendukung kegiatan pemasaran secara digital.

Kata Kunci: Pemasaran Digital, Kewirausahaan, Transformasi Digital.

 

Pendahuluan

            Pengangguran menjadi suatu hal yang menghantui setiap negara di dunia ini, karena salah satu indikator kesuksesan suatu negara dapat diukur dari tingkat pengganggurannya. Semakin tinggi penggangguran pada suatu negara maka dapat dikatakan bahwa negara tersebut kurang berhasil dalam memberikan perhatian terhadap penduduknya. Sebaliknya semakin rendah pengangguran pada suatu negara maka dapat dikatakan bahwa negara tersebut termasuk berhasil dalam memberikan perhatian terhadap penduduknya.

            Mulyadi (2015) berpendapat bahwa pengangguran berkaitan dengan kemiskinan, kemiskinan merupakan dampak dari taraf pendidikan yang rendah, taraf kesehatan dan gizi yang rendah, terbatasnya lapangan kerja dan keterisolasian. Sedangkan Sendari (2019) mengatakan bahwa pengangguran terjadi disebabkan sulitnya memperoleh lapangan pekerjaan, kurangnya persyaratan pelamar kerja, pergantian teknologi tanpa adanya pelatihan atau kemampuan yang tidak tepat bagi pekerja sehingga menimbulkan pemutusan hubungan kerja, kemudian kemunduran ekonomi yang menyebabkan perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja dan siklus ekonomi yang berfluktuasi karena pergantian musim serta tidak adanya lapangan kerja yang sesuai dengan bidang keahlian.

Maka dari itu, ketika usaha sudah berjalan maka perlu adanya cara untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha. Untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha tersebut salah satu faktor yang diperlukan adalah pemasaran yang handal, karena dalam kewirausahaan perlu kreatifitas dan inovasi ketika memasarkan suatu produk atau jasa dari usaha. Tanpa pemasaran yang matang dan handal maka usaha bisa mengalami kemunduran atau kegagalan, apalagi di era Industri 4.0 saat ini dan menuju era Society 5.0, semua lini sudah mulai bertransformasi dari konvensional ke digital dan Internet of Thing (IoT) (Hendarsyah 2019).


Pembahasan

Hubungan Kewirausahaan dan Pemasaran Digital

Kewirausahaan sangat erat hubungannya dengan pemasaran, karena pemasaran merupakan bagian dari kewirausahaan. Kewirausahaan berkaitan dengan pemanfaatan peluang yang di ikuti keberanian untuk mengambil risiko dan membutuhkan tindakan yang penuh perhitungan dalam melakukan eksekusi terhadap peluang tersebut, dan pengelolaan sumber daya secara kreatif dan inovatif untuk memperoleh keuntungan. Sedangkan pemasaran digital merupakan ilmu dan seni mengeksplorasi, menciptakan dan memberikan nilai untuk memenuhi kebutuhan target pasar dengan keuntungan menggunakan Internet. Jika dilihat dari target maka kewirausahaan dan pemasaran digital memiliki kesamaan yaitu memperoleh keuntungan. Kemudian dari segi proses, kewirausahaan dan pemasaran digital memiliki hubungan dan kesamaan, yang membedakannya adalah kewirausahaan lebih fokus pada sikap wirausaha terhadap kegiatan usaha dan pemasaran digital lebih fokus pada kegiatan usahanya secara digital.

Riset Pasar

Riset pasar merupakan kegiatan yang sistematik dan mempunyai tujuan dalam hal pengidentifikasian masalah dan peluang, pengumpulan data, pengolahan dan penganalisaan data, penyebaran informasi yang bermanfaat untuk membantu manajemen dalam rangka pengambilan keputusan indentifikasi dan solusi yang efektif dan efisien di bidang pemasaran perusahaan. Dalam pemasaran digital menurut Stokes (2013) konsep utama melakukan riset pasar adalah :

1.      Tingkat penggunaan

2.      Data

3.      Focus group

4.      Hipotesa

5.      Listening lab

6.      Observasi

7.      Manajemen reputasi online

8.      Penelitian utama

9.      Data kualitatif

10.  Data kuantitatif

Pemasaran Konten

Dalam pemasaran digital yang akan dipasarkan adalah konten, konten tersebut berupa informasi dalam bentuk digital mengenai produk atau jasa yang akan dijual. Konten harus dibuat dan dikembangkan dengan kreatifitas dan inovasi. Pemasaran konten merupakan teknik pemasaran dalam menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan dan berharga untuk menarik, memperoleh target yang jelas serta mudah dipahami, dengan tujuan mendorong pelanggan agar membeli sehingga menghasilkan keuntungan. 

Pemasaran Video

Pemasaran video merupakan salah satu teknik pemasaran digital yang sangat marak saat ini. Video dapat dipasang melalui platform youtube, facebook, twitter, instagram, pinterest dan lain-lain. Kebutuhan yang diperlukan dalam membuat video yaitu kamera, mikrofon, software penyunting audio dan video, serta kreatifitas dalam membuat dan menyunting konten video. Dalam mengoptimalkan video yang harus dilakukan adalah menggunakan judul video, deskripsi video sebaiknya panjang dan informatif, gunakan tag untuk memasukkan beberapa kata kunci, dorong penggunaan komentar, penggunaan subscriptions, penggunaan rating, penggunaan embedding, penggunaan sharing, optimalkan thumbnail, gunakan anotasi dan unggah video secara berkala.


Kesimpulan

Pemasaran digital memiliki hubungan yang sangat erat dengan kewirausahaan, dimana kedua item ini memiliki target yang sama yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Kemudian pemasaran digital merupakan bagian dari aktifitas kewirausahaan. Kegiatan pemasaran digital memiliki peluang yang sangat besar dalam dunia usaha karena sudah memasuki era industri 4.0 dan menuju society 5.0 serta target pasar sudah bertransformasi ke platform digital. Sedangkan tantangan yang harus dihadapi dalam pemasaran digital adalah kesiapan sumber daya manusia dalam memahami dan mengimplementasikan teknologi digital serta kesiapan perusahaan dalam menyediakan sumber daya keuangan untuk membeli perangkat-perangkat teknologi yang mendukung pemasaran digital.


Daftar Pustaka

Baker, Michael J. 2003. The Marketing Book, Fifth Edition. Burlington: Butterworth-Heinemann.

Carsrud, Alan L. and Malin E. Brännback. 2007. Entrepreneurship. London: Greenwood Press.

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran: Dasar dan Konsep. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.