Oktober 16, 2022

PENERAPAN TELEMARKETING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN

 

Oleh : Umi Nurul Solikhah (@V08-UMI)

ABSTRAK

Persaingan sengit dalam pemasaran produk barang dan jasa memicu perusahaan untuk lebih tanggap terhadap perubahan pasar dan memilih strategi yang tepat. Strategi pemasaran yang digunakan untuk memasarkan produk adalah telemarketing. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan telemarketing dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Artikel ini menunjukkan bahwa tahapan sistem promosi melalui telemarketing dapat memperbaharui minat pelanggan karena pelanggan sudah difilter terlebih dahulu, meningkatkan jumlah pelanggan terkendala atas solusi memudahkan menawarkan kembali produk tanpa harus terjun langsung kelapangan, dan merupakan strategi pemasaran yang cukup murah untuk digunakan.

Kata kunci: Promosi, strategi pemasaran, telemarketing.

PENDAHULUAN

Komunikasi yang digunakan dalam pemasaran langsung tapi tidak tatap muka dengan menggunakan telepon disebut telemarketing. Telemarketing sebagai bentuk program komunikasi persuasif kepada khalayak sasaran secara berkelanjutan dan dapat menghubungkan khalayak sasaran dengan produk/jasa yang ditawarkan, dengan demikian komunikasi pemasaran akan menciptakan peluang terjadinya fasilitasi yang saling memuaskan (Ranny dan Maswir, 2017).

Telemarketing adalah penjualan barang/jasa melalui telepon secara langsung kepada konsumen. Untuk memaksimalkan strategi ini, perusahaan dapat menggunakan software penjualan agar aktivitas penjualan dapat lebih efektif dan optimal. Tujuan telemarketing sebenarnya sama dengan teknik-teknik pemasaran lain, yaitu untuk mempromosikan produk atau jasa kepada calon konsumen potensial. Calon konsumen potensial mengetahui informasi tentang produk atau jasa perusahaan tersebut, hanya dengan sebuah sambungan telepon.

PERMASALAHAN

Persaingan sengit dalam pemasaran produk barang dan jasa memicu perusahaan untuk lebih tanggap terhadap perubahan pasar dan memilih strategi yang tepat. Tanpa strategi marketing yang tepat, perusahaan tidak dapat membidik konsumen. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan adalah telemarketing. Bagaimana penerapan telemarketing dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada suatu perusahaan.

PEMBAHASAN

Peran Telemarketing di Perusahaan

1.     Melakukan penjualan produk maupun jasa

Tujuan akhir dari marketing adalah memperoleh leads, yang diikuti dengan terjadinya penjualan produk maupun jasa yang ditawarkan perusahaan. Leads atau prospek merupakan konsumen potensial yang besar kemungkinannya akan melakukan pembelian. Karena itu, telemarketing memiliki peran yang besar untuk mengkonversi leads menjadi sales.

2.     Memperkuat brand awareness produk

Dengan adanya hubungan baik yang terjalin, konsumen tidak akan merasa kesulitan untuk membagikan ulasan yang bagus mengenai produk atau jasa terkait. Menjaga hubungan komunikasi yang intensif, secara tidak langsung membuat bisnis memiliki citra yang baik di mata konsumen. Konsumen akan dengan sukarela untuk mempromosikan bisnis kepada orang-orang terdekatnya karena merasa puas dengan pelayanan perusahaan.

3.     Sarana follow-up calon konsumen

Telemarketing berperan sebagai sarana untuk melakukan follow-up dan meyakinkan calon konsumen untuk melakukan pembelian. Telemarketing harus secara rutin melakukan follow-up, baik kepada konsumen lama, maupun calon konsumen potensial.

Penerapan Telemarketing dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Telemarketing merupakan strategi pemasaran yang cukup efektif digunakan pada suatu perusahaan, karena telemarketing merupakan strategi pemasaran yang hemat biaya. Telemarketing tidak membutuhkan ongkos transpot, biaya sewa tempat, cetak spanduk dan brosur seperti halnya ketika kita melakukan marketing secara langsung. Penerapan telemarketing pada suatu perusahaan, memudahkan untuk menawarkan kembali produk tanpa harus terjun langsung kelapangan, walaupun mungkin tidak semua pelanggan menerima telepon. Dan dalam hal telemarketing jika pelanggan terkendala, maka tugas yang dilakukan menghubungi pelanggan yang berpotensi untuk melakukan perbaikan, karena sebelumnya pelanggan sudah difilter yang sudah bisa disolusikan kendalanya. Tanggung jawab dan tugas telemarketing dalam meningkatkan jumlah pelanggan, antara lain :

1.     Terhubung dengan konsumen

Terhubung dengan konsumen dalam konteks ini adalah berkomunikasi dengan konsumen. Mulai dari menelepon, menjawab pertanyaan, menerima pesan, memberikan saran, serta mengatasi kekhawatiran konsumen terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Telemarketer bertanggung jawab atas terjalinnya komunikasi yang dapat membantu memberikan solusi bagi konsumen.

2.     Memberikan penjelasan tentang produk

Calon konsumen ingin tahu seluk beluk terkait produk yang pemasar tawarkan ke mereka sebelum membeli. Oleh karena itu, telemarketer harus menjelaskan secara mendetail agar konsumen semakin yakin untuk melakukan pembelian.

3.     Menerima dan memberikan feedback

Seorang telemarketer harus terbiasa menerima dan bahkan memberikan feedback kepada konsumen. Apabila konsumen mengajukan keluhan, telemarketer harus menghadapi keluhan tersebut.

Alasan utama menggunakan telemarketing, antara lain :

1.     Biaya yang digunakan cukup murah

Murah yang dimaksud disini adalah biaya penelponan telemarketing langsung ditanggung oleh perusahaan karena menggunakan telepon perusahaan, agar ketika pelanggan melihat nomornya tidak merasa ragu untuk mengangkat telepon tersebut dan lebih percaya dengan yang dikatakan telemarketer. Sedangkan bila dibandingkan dengan memberitahu dan menawarkan secara langsung, biaya yang dikeluarkan cukup banyak untuk uang BBM dan lokasi tiap pelanggan berbeda.

2.     Meningkatkan jumlah konsumen

Selain biaya yang dikeluarkan cukup murah, telemarketing mampu meningkatkan jumlah konsumen. Karena pelanggan yang sibuk dan tidak bisa keluar rumah seperti kondisi saat ini yang memang di anjurkan untuk tidak keluar kerumah akibat dari penyebaran virus covid-19. Telemarketing merupakan komunikasi pemasaran yang sangat tepat karena komunikasi pemasaran yang menggunakan handphone sehingga pelanggan tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mendapatkan informasi.

KESIMPULAN

Telemarketing berperan terhadap penawaran kembali kepada pelanggan yang terkendala dan menjalin komunikasi yang baik. Dengan menawarkan produk kembali kepada pelanggan yang terkendala dan sudah dapat disolusikan, perusahaan akan dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan dapat menghemat biaya dikarenakan telemarketing tidak membutuhkan ongkos transpot, biaya sewa tempat, cetak spanduk dan brosur seperti halnya ketika melakukan marketing secara langsung.

DAFTAR PUSTAKA

Trigartanti, I. M. (2016). Telemarketing Sebagai Salah Satu Strategi Marketing PR. Pusat Penerbitan Universitas Islam Bandung. 2:1. Retrieved from http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/2388

Ranny Hanartani, Maswir. (2017). Penerapan Strategi Promosi Melalui Sistem Telemarketing (Studi Kasus: Pameran Bandung Inafact). Ekonomi dan Bisnis. 17:2. 98-103.

Video Youtube Perkuliahan Kewirausahaan III. Peranan Telemarketing Dalam Kewirausahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.