Oktober 23, 2022

Penting nya investasi bagi kehidupan

 

Investasi adalah sebuah aktivitas menyimpan atau menempatkan dana pada periode tertentu dengan harapan penyimpanan tersebut akan menimbulkan keuntungan atau peningkatan nilai investasi. Seorang yang berinvestasi disebut dengan investor atau penanam modal. Investasi berbentuk tanah atau bangunan termasuk investasi halal dalam prinsip syariah. Kamu tidak perlu pertimbangan yang rumit untuk berinvestasi syariah berupa properti. Dengan investasi ini, kamu tidak hanya mendapatkan keuntungan saja tetapi juga menyewakan atau dijual kembali. Karena harapan mendapatkan keuntungan di kemudian hari inilah investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Istilah investasi sendiri berasal dari kata Bahasa Italia, investire yang berarti memakai atau menggunakan.

Menabung dan investasi adalah dua hal yang berbeda. Menabung merupakan menyimpan uang untuk kebutuhan jangka pendek yang bisa dicairkan atau diambil kapan pun, sedangkan investasi merupakan proses mengembangkan uang dengan tujuan jangka panjang.

Rekomendasi Produk Investasi Jangka Pendek

  • Deposito.
  • 2. Reksadana.
  • Surat Berharga Negara (SBN)
  • P2P Lending.
  • Saham.
  • Emas.
  • 7. Tabungan Berjangka.
  • Tentukan Tujuan Kamu.

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Investasi?

  1.  Pendapatan per Kapita. Faktor pertama yang mempengaruhi investasi adalah pendapatan nasional per kapita.
  2.  Tren. 
  3.  Situasi Politik dan Keamanan.
  4. Situasi Industri dan Ekonomi. 
  5. Kondisi Sarana dan Prasarana yang Tersedia


Pendapatan nasional atau PDB sangat erat kaitannya dengan investasiInvestasi berupa penanaman modal yang meningkat akan berdampak positif pada proses produksi dalam bisnis yang semakin giat, kemudian juga akan berimbas pada meningkatnya konsumsi rumah tangga. Perkembangan investasi di Indonesia yang masih rendah disebabkan oleh beberapa hambatan, antara lain regulasi berbelit, akuisisi lahan yang sulit, infrastruktur publik yang belum merata, pajak dan insentif nonfiskal lain yang tidak mendukung, serta tenaga kerja terampil yang belum memadai.

Investasi adalah kegiatan menanam modal atau dana dengan harapan mendapat keuntungan atau imbal hasil di masa depan. Investasi adalah aktivitas menempatkan dana atau aset berharga lainnya pada instrumen tertentu dalam jangka waktu tertentu. Sehingga dari penempatan dana tersebut diharapkan menghasilkan return. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.