Oktober 15, 2022

PENTINGNYA DIGITAL MARKETING PADA KEWIRAUSAHAAN


Oleh : Tasya Reviana Azhari (@V-28)


ABSTRAK

Artikel ini membahas tentang pentingnya menggunakan digital marketing pada kewirausahaan. Latar belakang dari artikel ini yaitu banyaknya cara dalam memasarkan produk dengan cara digital marketing sehingga pembisnis dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan membuat bisnis tersebut semakin dikenal banyak orang. Artikel ini disusun bertujuan agar para pemimpin bisnis dan masyarakat yang ingin membuat suatu bisnis dapat menggunakan teknologi yang ada sekarang untuk mengembangkan dan memperkenalkan bisnisnya kepada dunia luar sehingga bisnis tersebut dapat berkembang dengan pesat.

Keywords : Marketing, Bisnis, Digital.


PENDAHULUAN

Pandemi Covid-19 sangat mengubah dunia termasuk pada dunia bisnis. Dalam waktu singkat pola pemasaranpun berubah, terlebih ketika diberlakukan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pembisnis harus memikirkan bagaimana cara agar tetap dapat memasaarkan produk atau jasa mereka kepada konsumen. Para pelaku bisnis mengoptimalkan pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target Konsumennya. Melihat permasalahan tersebut, para pelaku brand harus menyikapinya dengan cepat dan tepat untuk mengubah strategi penjualannya. Mulai dari fokus ke pemasaran digital melalui website yang dijadikan e-commerce, social media, search engine, penjualan melalui market place, dan membentuk tim re-seller untuk menjual produknya. 

Pemasaran terkait dengan promosi, kreativitas, jika branding mutlak diperkulan. Kegiatan branding yang dilakukanpun beragam, diantaranya kegiatan CSR terkait pandemi covid-19, campaign belanja dari rumah, branding melalui media online, media sosial, website official, membuat online festival dengan memberikan diskon khusus, dan lainnya. Untuk menyukseskan program pemasaran di masa covid-19 ini, para produsen wajib melakukan koordinasi secara inten dengan distributor, agen, dan jaringan penjualan ritelnya. Hal ini dilakukan untuk mencapai target yang diharapkan. Dari segi bisnis, tentu ini membawa dampak positif karena dapat meningkatkan pengalaman pengguna website ecommerce. Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu (real time) dan bisa di akses ke seluruh pasar domestik bahkan pasar global, seseorang juga dapat melihat berbagai barang melalui internet, sebagian besar informasi mengenai berbagai produk sudah tersedia di internet, kemudahan dalam pemesanan dan kemampuan konsumen dalam membandingkan satu produk dengan produk lainnya (Kotler & Keller, 2008).


PEMBAHASAN

Digital atau iklan online telah mengalami pertumbuhan yang fenomenal sejak didirikan pada tahun 1994 (Robinson et al., 2007) Internet telah menjadi media periklanan yang paling cepat berkembang dalam dekade ini (Ha, 2008) Sejalan dengan berkembangnya internet, muncul pemahaman baru mengenai paradigma pemasaran berupa konsep pemasaran modern berorientasi pasar/konsumen atau revolusi pemasaran berupa electronic marketplace (Arnott dan Bridgewater, 2002).

Digital Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang umumnya digunakan untuk mempromosikan barang dan jasa kepada pelanggan dengan memanfaatkan berbagai saluran distribusi. Melalui sosial media, pembeli dapat memperoleh informasi kapan saja dan dimana pun mereka butuhkan. Dengan jumlah pengguna sosial media yang banyak dan semakin hari semakin bertambah membuka peluang bagi UKM untuk mengembangkan pasarnya dalam genggaman smartphone.

Menurut Sánchez-Franco et al., (2014) mendefinisakan pemasaran digital sebagai hasil pemasaran evolusi. Evolusi terjadi ketika perusahaan menggunakan saluran media digital untuk sebagian besar pemasaran. Saluran media digital dapat di atasi dan diizinkan percakapan terus menerus, dua arah, dan pribadi antara pemasar dan konsumen. Sedangkan menurut Lane (2008) pemasaran digital adalah praktik mempromosikan produk dan layanan menggunakan saluran distribusi digital. Pemasaran digital juga disebut sebagai e-marketing dan termasuk iklan digital atau online, yang mengirimkan pesan pemasaran kepada pelanggan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa digital marketing adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh brand untuk menjangkau audiens potensial di internet menggunakan saluran digital seperti website, email, media sosial, dan sebagainya.


Kelebihan Digital Marketing

1. Lebih Hemat Biaya

Biayanya lebih murah daripada teknik pemasaran konvensional. Di awal proses branding, mungkin akan membutuhkan biaya besar. Akan tetapi, setelah brand dan basis pengikut (followers) terbangun, biaya marketing digitalnya juga akan semakin sedikit.

2. Tidak Perlu Banyak SDM Penjualan

Salah satu sumber pengeluaran terbesar marketing konvensional adalah gaji SDM. Akan tetapi, hal ini tidak akan jadi masalah pada saat pembisnis menerapkan strategi digital marketing dan tidak perlu lagi membayar banyak orang untuk menjajakan produk di perumahan atau jalanan. Cukup dengan menyebarkan promosi produk di media sosial, saja sudah bisa menjual produk.

3. Tim Pemasaran Tidak Perlu Terjun ke Lapangan

Kelebihan digital marketing ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Digital marketing adalah sebuah strategi yang membuat tim tidak perlu keluar rumah/kantor untuk mencari konsumen. Cukup dengan duduk di depan laptop/HP dan memanfaatkan internet, tim marketing sudah bisa promosi.

4. Proses Branding Produk Lebih Mudah

Salah satu kelemahan terbesar pemasaran konvensional adalah jangkauan promosinya yang sangat terbatas. Dalam strategi konvensional, pembisnis perlu mengeluarkan uang lebih banyak jika ingin melakukan branding ke lebih banyak konsumen.Berbeda jika menerapkan strategi digital marketing. Hanya dengan satu kali posting konten atau iklan, sudah dapat menjangkau konsumen satu Indonesia, bahkan internasional.

5. Potensi Pertumbuhan Drastis

Dengan memanfaatkan strategi digital marketing, suatu usaha dapat berkembang dengan drastis hanya dalam beberapa bulan atau tahun, terutama dari segi penjualan


Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan

1. Menghapus Batasan Wilayan dah Waktu Saat Memasarkan Produk.

Pembisnis bebas mempromosikan produk ke mana dan kapan saja, baik dalam skala lokal, nasional, atau internasional.

2. Sistem Penjualan Produk Lebih Cepat dan Tertarget

Saat memasang iklan online, pembisnis bisa menentukan kriteria orang yang cocok menjadi konsumen bisnis kita. Dengan demikian, iklan tersebut akan lebih efisien dan bisa menghasilkan penjualan lebih mudah.

3. Lebih Mudah Membangun Hubungan dengan Konsumen

Dengan adanya digital marketing, pembisnis tidak perlu bertemu langsung dengan konsumen untuk memberi mereka service. Cukup bangun interaksi melalui media sosial dan pembisnis bisa membangun engagement erat dengan mereka.

4. Kesempatan Personalisasi Produk sesuai Karakteristik Konsumen

Melalui channel promosi online, pembisnis bisa sambil melakukan riset profil karakter orang yang tertarik dengan produk/konten yang ditampilkan. Setelah itu, pembisnis bisa membuat inovasi produk sesuai data riset yang ada.

5. Mendapat Profit Banyak dalam Waktu Singkat

Manfaat digital marketing yang terakhir adalah kesempatan memperoleh berkali lipat profit dalam waktu lebih singkat. Meski tetap membutuhkan effort besar, digital marketing adalah strategi paling efektif dan efisien untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen dan mempromosikan produk tanpa harus selalu mengeluarkan biaya.


Jenis Digital Marketing

1. Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing atau SEM adalah jenis digital marketing yang fokus pada promosi produk melalui mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. Strategi digital marketing satu ini dilakukan melalui pembuatan website, landing page (website khusus promosi), pemasangan Ads, dan sebagainya.

2. Social Media Marketing

Jenis berikutnya dari digital marketing adalah pemasaran media sosial. Pembisnis bisa menerapkan jenis digital marketing satu ini dengan memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan media lain sesuai target konsumen bisnis yang dimiliki.

3. Email Marketing

Jenis digital marketing yang ketiga adalah email marketing, yaitu pemasaran melalui surat elektronik (surel). Strategi digital marketing satu ini paling cocok diterapkan oleh usaha dengan model business-to-business (B2B).

4. Digital Advertising

Seperti namanya, digital advertising atau digital ads adalah jenis digital marketing berupa pemasangan iklan di berbagai channel online, mulai dari website sampai media sosial. Beberapa channel digital ads terpopuler misalnya Google Ads, FB/IG Ads, Youtube Ads, dan Tiktok Ads.

5. Content Marketing

Content marketing adalah jenis digital marketing dengan sarana berupa konten, baik yang bentuknya tulisan, audio, gambar, atau video. Proses content marketing biasanya dilakukan beriringan dengan social media marketing, email marketing, atau digital ads.

6. Customer Service Automation

Jenis keenam dari digital marketing adalah otomasi sistem pelayanan konsumen. Adanya otomasi membuat perusahaan bisa mendapat informasi tentang calon konsumen sejak mereka berinteraksi dengan produk/perusahaan pertamakali. Setelah itu, informasi tersebut bisa langsung diteruskan ke CS atau tenaga penjualan untuk proses closing (terjadinya penjualan).

7. Affiliate/Dropshipping

Jenis digital marketing terakhir yang bisa pembisnis manfaatkan adalah program affiliate atau dropshipping. Saat menerapkan strategi digital marketing satu ini, pembisnis bisa mendapat profit dari tengkulak online (dropshipper) sekaligus membantu mereka mencari keuntungan untuk diri mereka sendiri.


Strategi Digital Marketing

1. Search Engine Optimization (SEO)

Poin pertama strategi digital marketing adalah SEO, yaitu usaha mendapatkan lebih banyak pengunjung website secara organik, tanpa memasang iklan. Contoh digital marketing di bidang SEO misalnya pembuatan artikel, optimasi kecepatan situs, pemasangan link situs di website lain, dan sebagainya.

2. Aktivasi Social Media (Instagram, Youtube, Tiktok, dan sebagainya)

Contoh digital marketing di bidang social media misalnya mengunggah konten secara rutin ke medsos, membangun engagement dengan followers, melakukan endorsement, dan masih banyak lagi.

3. Knowledge Marketing

Knowledge marketing adalah strategi digital marketing dengan memberikan informasi bermanfaat atau ilmu baru kepada calon konsumen. Contoh digital marketing melalui penyebaran knowledge misalnya email marketing dan pembuatan ebook (buku digital) gratis.

4. Analisa dan Penelusuran Data

Dalam penerapan strategi digital marketing, penelusuran dan analisa data sangat penting dilakukan. Setiap keputusan yang diambil dalam proses pemasaran digital wajib berlandaskan pada data, mulai dari data media sosial sampai kampanye iklan online.

5. Hard-selling, Soft-selling, dan Hypno-selling

Digital marketing adalah salah satu jenis strategi dengan teknik penjualan paling banyak. Tiga istilah penjualan paling umum yang akan dengar selama menerapkan strategi digital marketing di antaranya hard-selling, soft-selling, dan hypno-selling.

6. Google dan Social Media Ads

Saat membuat Ads, pembisnis harus memastikan konten iklan punya pesan dan target konsumen yang tepat. Sehingga Ads tersebut bisa menghasilkan penjualan sesuai harapan.

7. Leads Generation

Di dunia pemasaran, leads diartikan sebagai segala jenis kontak yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungi konsumen, mulai dari nomor telpon, akun medsos, hingga email. Supaya bisa mendapat leads sesuai target, Anda bisa membuat konten-konten lead magnet (penarik leads), seperti seminar atau buku gratis.


KESIMPULAN

Penerapan strategi Digital marketing yang tengah diganndrungi oleh para pebisnis sangat penting dilakukan mengingat internet dirujuk sebagai ruang masa atau informasi yang super cepat memungkinkan transfer informasi secara elektronik ini merupakan jaringan global yang memungkinkan untuk bertukar informasi tanpa ada batasan wilayah dan waktu. Perusahaan akan sangat diuntungkan karena tingkat efektifitas dan efisiensi yang dijanjikan. Akan tetapi penerapan digital marketing bukanlah sesuatu yang mudah. Meskipun kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan pada berbagai bisnis begitu besar dan cukup menjanjikan, namun kendala yang harus dihadapi dalam penerapannya sangat besar pula. Dalam melaksanakan digital marketing ini membutuhkan perencanaan yang sangat matang mengingat banyaknya pilihan atau media yang disediakan dalam internet. Selain itu kemudahan yang diberikan melalui jarring internet ini juga harus terus menerus diawasi. Kebebasan tiap perusahaan yang melakukan pemasaran melalui jaringan internet merupakan ancaman cukup serius yang dapat dihadapi oleh perusahaan. Maka dari itu pemilihan media yang tepat dan cara mengkomunikasikan pesan yang tepat sangat perlu diperhatikan.


DAFTAR PUSTAKA

Assikin, Z. dkk. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Pemasaran Produk Pada Pelaku Umkm Di Kel. Pondok Benda Kec. Pamulang Kota Tangerang Selatan. Universitas Pamulang.Vol.3 (2). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/DKP/article/view/20186

http://repository.umpalopo.ac.id/329/3/BAB%20-%20201620201.pdf

APA ITU digital marketing? Ini Kelebihan, Jenis, & Contohnya. (2021, September 6). https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/09/06/digital-marketing-adalah

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab5/2014-2-01341-MC%20Bab5001.pdf

Pembahasan Lengkap APA ITU digital marketing + 9 Strateginya. (2022, 18). Sasana Digital - Training | Consulting | Learning | Operation. https://sasanadigital.com/apa-yang-dimaksud-dengan-digital-marketing/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.