Oktober 08, 2022

PRODUKTIVITAS DALAM BERWIRAUSAHA



Oleh:

Oliver Gideon Parsaoran (@V21-OLIVER)

 

Abstrak

Artikel ini membahas tentang produktivitas dalam kewirausahaan, unsur penting dalam produktivitas, faktor apa saja yang mempengaruhi produktivitas, serta bagaimana cara meningkatkan produktivitas.

 

Kata kunci: Produktivitas, efektivitas, efisiensi, kualitas

Abstract

This article discusses productivity in entrepreneurship, not important in productivity, what factors affect productivity, and how to increase productivity

 

Keywords: Productivity, effectiveness, efficiency, quality

 

PENDAHULUAN

Produktivitas berasal dari kata bahasa Inggris productivity yang merupakan gabungan dari dua kata, yaitu product dan activity. Jika dilihat berdasarkan asal katanya, produktivitas memiliki arti suatu bentuk aktivitas yang dilakukan untuk menghasilkan produk barang atau jasa. Secara umum, produktivitas adalah kemampuan setiap orang, sistem, atau suatu perusahaan dalam menghasilkan produk barang atau jasa dengan cara memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien.

Arti kata produktivitas sendiri masih memiliki nilai yang sama dengan daya produksi dan keproduktifan. Kata tersebut sering digunakan untuk menilai tingkat efisiensi mesin, pabrik, perusahaan, sistem atau seseorang dalam mengubah input menjadi output yang diinginkan.

 

PEMBAHASAN

A. Unsur – Unsur Penting Dalam Produktivitas

Berdasarkan penjelasan yang ada, dapat dipahami bahwa produktivitas memiliki tiga unsur penting di dalamnya, yaitu:

1)     Efisiensi

Produktivitas sebagai rasio output/input merupakan ukuran efisiensi dalam penggunaan sumber daya (input). Efisiensi ini juga sebuah ukuran dalam membandingkan input yang telah direncanakan dengan penggunaan masukan yang sebenarnya. Dengan demikian, efisiensi ini berorientasi pada masukan.

2)     Efektivitas

Unsur lain dalam produktivitas yaitu efektivitas. Perlu dipahami bahwa efektif adalah ukuran yang menggambarkan sejauh mana terget yang bisa tercapat secara kuantitas maupun waktu. Maka dari itu, semakin besar presentase target yang harus dicapai, semakin tinggi efektivitasnya.

3)     Kualitas

Kualitas adalah ukuran yang menyatakan banyaknya pemenuhan syarat, spesifikasi, dan harapan konsumen. Kualitas juag termasuk ukuran produktivitaas. Walaupun kualitas sulit diukur secara matermatis lewat rasio input/output, namun kualitas input dan proses bisa meningkatkan kualitas output yang dihasilkan.

B. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas

1)     Faktor Teknis

Beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam faktor teknis adalah penentuan lokasi pabrik, ukuran pabrik, tata letak di dalam pabrik, mesin produksi, cara menggunakan mesin dan berbagai peralatan lainnya, pengembangan, serta penerapan sistem digital. Jangan sampai lengah, faktor teknis sangat berpengaruh terhadap tingkat produktivitas perusahaan, sebab tingkat produktivitas perusahaan akan semakin meningkat jika karyawannya mampu beradaptasi dan menggunakan teknologi terbaru.

2)     Faktor Produksi

Beberapa poin yang masuk dalam faktor produksi adalah perencanaan, koordinasi, kualitas bahan baku, stkitarisasi proses produksi, dan pengendalian produksi.

3)     Faktor Organisasi

Terdapat lima poin yang masuk dalam faktor organisasi, yaitu jenis organisasi yang diterapkan, cara mendefinisikan organisasi, otoritas dan tanggung jawab individu maupun kelompok (departemen/tim), keahlian pekerjaan, pembagian atau alokasi pekerjaan.

4)     Faktor Personal

Terdapat enam poin yang masuk dalam faktor personal, yaitu kualitas SDM, pelatihan serta pengembangan SDM, penempatan posisi, kesempatan berkarier, kesempatan untuk mengemukakan pendapat, dan kondisi lingkungan kerja.

5)     Faktor Finansial

Seperti yang sudah kita ketahui, seluruh bisnis dapat berjalan dengan baik jika memiliki kondisi finansial yang baik. Dengan demikian, pengelolaan keuangan atau pengendalian keuangan serta modal kerja harus dilakukan dengan penuh perhitungan. Tingkat produktivitas perusahaan atau organisasi pun akan menjadi lebih baik jika manajemen keuangan dapat dijalankan dengan baik.

6)     Faktor Manajemen

Manajemen perusahaan harus mampu memaksimalkan sumber daya yang tersedia agar dapat menghasilkan sesuatu dengan biaya yang efisien. Adanya pemanfaatan teknologi terbaru dalam suatu produksi, lingkungan kerja yang baik, dan motivasi yang tinggi terhadap karyawan, secara signifikan juga mampu meningkatkan produktivitas perusahaan.

7)     Faktor Lokasi

Tingkat produktivitas suatu perusahaan juga bisa dipengaruhi oleh faktor lokasi. Beberapa poin yang masuk dalam faktor lokasi adalah jarak lokasi dengan sumber bahan baku, jarak dengan pasar, fasilitas infrastruktur, keahlian SDM, dan lain sebagainya.

8)     Faktor Pemerintah

Berbagai peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah juga dapat mempengaruhi tingkat produktivitas suatu organisasi, seperti peraturan ketenagakerjaan, kebijakan fiskal, dan lain sebagainya.

C. Cara Meningkatkan Produktivitas Dalam Berwirausaha

1)     Pastikan kita mencintai yang kita lakukan

Ketika kita benar-benar mencintai apa yang kita lakukan, hal tersebut tidak terasa seperti pekerjaan, dan Kita akan bangun setiap pagi bersemangat untuk apa yang ada di depan. Jika kita membenci apa yang kita lakukan, terlepas dari berapa banyak uang yang kita hasilkan, kita tidak akan bersemangat dan produktivitas kita akan sia-sia.

2)     Beradaptasi dengan teknologi

Jika kita menolak untuk beradaptasi dengan teknologi, kita akan menempatkan diri kita pada kerugian besar. Ada banyak aplikasi, dan perangkat lunak yang dapat membantu hampir setiap aspek bisnis kita dan tanggung jawab sehari-hari. Bagaimanapun juga kita harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang kian hari kian canggih.

3)     Manfaatkan hubungan jaringan kita

Pikirkan waktu dan upaya yang kita habiskan untuk berjejaring aktif di media sosial, menghadiri konferensi, dan berbicara dengan semua orang. Luangkan waktu untuk benar-benar menciptakan jaringan yang solid dan benar-benar memanfaatkan kekuatan orang lain untuk membantu bisnis yang kita jalani. Kita harus memberi sebelum kita mengharapkan untuk menerima, jadi buatlah titik untuk membantu sebanyak mungkin orang. Hubungan yang kita bangun saat melakukan ini bisa berguna di masa depan.

4)     Catat kelemahan kita

Terkadang, manusia berpikir bahwa dapat melakukan segalanya, tetapi kenyataannya tidak demikian. Tidak ada pengusaha yang pkitai dalam segala hal, jadi cari tahu apa kelemahan kita dan catat kelemahan tersebut lalu berikan kepada anggota tim yang lebih cocok untuk menanganinya. Alih-alih mencoba menangani sejuta tugas, fokuslah pada tugas yang sangat kita kuasai dan berikan sisanya ke tim kita.

5)     Hilangkan semua gangguan

Gangguan datang dalam segala bentuk, dan semakin cepat kita menghilangkannya dari hidup kita, semakin cepat kita akan berada di jalur yang benar. Kita harus sedikit egois dan menempatkan impian dan kesejahteraan kita di atas perasaan orang lain. Ada keluarga, teman, dan hubungan yang dapat berdampak positif pada kinerja kita, rangkulah mereka dan pertahankan mereka tetap dekat.

6)     Fokus pada kemajuan yang konsisten

Kita tidak akan mencapai garis finis dalam satu hari. Awal dari setiap perjalanan kewirausahaan biasanya sangat sulit, tetapi seiring kemajuan kita, kita belajar bagaimana menanganinya. Jika kita fokus untuk membuat kemajuan setiap hari dan terus bergerak maju, kita akhirnya akan mencapai sasaran kita. Ketika kita terobsesi dengan kemajuan, Kita akan belajar bagaimana menyelesaikan tugas dengan lebih efisien sambil tetap fokus pada apa yang penting.

 

KESIMPULAN

Produktivitas kerja merupakan hal yang sangat penting dalam berbagai bidang usaha, khususnya bagi kamu yang bergerak di bidang bisnis. Karena bagaimanapun, dalam dunia bisnis, produktivitas memiliki kaitan yang linear dengan keuntungan yang bisa dihasilkan oleh bisnis tersebut. Semakin produktif seorang pelaku usaha dalam mengelola bisnisnya, semakin mudah pula pengembangan bisnis yang ingin dilakukan, dan sebagai tujuan akhirnya tentu saja pendapatan yang diterima pun dapat lebih ditingkatkan.

 

REFERENSI

https://majoo.id/solusi/detail/produktivitas-adalah

https://katadata.co.id/agung/ekonopedia/62bbd32579d76/memahami-produktivitas-pengertian-dan-unsur-pembentuknya

https://www.tagar.id/6-cara-meningkatkan-produktivitas-dalam-berwirausaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.