Oktober 16, 2022

 

STRATEGI BISNIS PADA ERA DIGITAL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR

Oleh : Meli Restiana (@V33 – Meli)


ABSTRAK

Dalam perkembangan ekonomi digital di Indonesia secara tidak langsung membuat semua pelaku bisnis harus mengikuti dan menggunakan media digital dalam proses bisnisnya. Untuk dapat bertahan dan berkembang dalam dunia digital perlu adanya suatu strategi bisnis, misalnya yaitu memaksimalkan bisnis dengan menggunakan teknologi yang ada, lakukan proses promosi dengan menggunakan media sosial, selalu melakukan inovasi, serta selalu memberikan pelayanan yang baik.

Kata kunci : Ekonomi Digital, Strategi Bisnis, Inovasi.

 

PENDAHULUAN

Perkembangan dunia yang saat ini sudah memasuki era baru, yaitu era digital membuat semua aspek dalam kehidupan juga mau tidak mau harus mengikuti perkembangannya. Dalam aspek ekonomi terutama perdagangan , era digit membuat peluang pasar yang ada semakin lebar dan tidak mengenal batas negara. Namun selain membuka peluang pasar, era digital membuat persaingan pasar menjadi lebih luas dan ketat. Semua produk yang sama dari berbagai daerah ma0un negara akan bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Dengan adanya hal tersebut perlu adanya suatu cara atau strategi untuk menghadapi persaingan pasar di era digital.

 

RUMUSAN MASALAH

Dalam menghadapi persaingan pasar di era digital ini, perlu adanya strategi bisnis yang disiapkan. Dalam upaya menyiapkan strategi tersebut ada beberapa permasalahan yang ada yaitu :

1.      Bagaimana perkembangan ekonomi digital di Indonesia saat ini?

2.      Apa saja strategi yang bisa dilakukan dalam menghadapi persaingan pasar di era digital?

 

PEMBAHASAN

1.      KEADAAN EKONOMI DIGITAL DI INDONESIA SAAT INI

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi besar untuk  perkembangan ekonomi digital. Google dan TEMASEK (2018) dalam hasil  penelitiannya, menyebutkan bahwa salah satu hal yang mendukung perkembangan internet ekonomi di Indonesia adalah banyaknya jumlah pengguna internet di Indonesia. Beberapa fakta lain yang mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia antara lain sebagai berikut (McKinsey&Company, 2018):

1.      Indonesia diperkirakan memiliki pasar perdagangan online sebesar 5 Miliar untuk perdagangan online formal, dan lebih dari 3 Miliar untuk perdagangan online informal.

2.      Indonesia diperkirakan memiliki 30 juta pembeli online pada tahun 2017 dengan total populasi sekitar 260 juta.

3.      Pada tahun 2025, ekonomi digital di Indonesia diperkirakan akan menciptakan 3.7 juta pekerjaan tambahan.

4.      Menghasilkan pertumbuhan pendapatan hingga 80% lebih tinggi untuk usaha kecil dan menengah (UKM).

5.      Memberikan tambahan 2% per tahun dalam pertumbuhan PDB dengan meningkatkan tingkat penetrasi broadband dan penggunaan teknologi digital oleh UKM.

Munculnya beragam aplikasi digital sebagai alat pembayaran merupakan salah satu bukti yang menunjukkan perkembangan sektor ­nansial di era ekonomi digital ini. Tidak hanya sistem pembayaran. Aplikasi-aplikasi digital yang berkaitan dengan system pembiayaan pun mulai banyak dikembangkan dan digunakan oleh masyarakat. Tidak heran, saat ini, topik terkait ­nancial technology atau sering disebut sebagai Fi­ntech menjadi salah satu topik yang sering dibahas oleh para pelaku ekonomi digital.

Melalui platform e-commerce banyak produk-produk hasil budaya dan kreati­tas masyarakat lokal Indonesia yang diperjual-belikan. Tidak hanya itu, teknologi digital pun dimanfaatkan untuk membangun digital platform yang dapat dipakai untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Aplikasi-aplikasi seperti Traveloka, Pegi-Pegi, dan Tiket.com merupakan salah satu contoh dari bentuk inovasi dan perkembangan sektor kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif di era ekonomi digital saat ini.

2.      STRATEGI BISNIS DALAM ERA DIGITAL

 Era yang sudah modern dan serba digital saat ini semua hal semua peluang pasar akan terbuka semakin lebar tanpa mengenal batas negara. Untuk menghadapi hal tersebut perlu ada strategi bisnis agar usaha yang kita punya dapat bertahan serta berkembang. Strategi tersebut antara lain :

a.      Memaksimalkan Penggunaan Teknologi

Pra pelaku bisnis harus memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnisnyam Memaksimalkan teknologi tidak hanya pada aspek promosi barang atau jasa saja tapi juga dalam seluruh aspek bisnis. Orang yang tidak mau belajar teknologi perlahan akan terbunuh karena sekarang ini semua hal menggunakan teknologi. Jadi agar bisnis  bisa bersaing di era digital sekarang ini salah satu kuncinya yaitu arus melek teknologi.

 

b.      Fokuskan Promosi Melalui Sosial Media

Penggunaan sosial media dalam bisnis bisa Anda manfaatkan sebagai media untuk promosi. Di Indonesia hampir semua orang menggunakan media sosial, hal ini membuat sosial media menjadi salah satu media efektif untuk promosi bisnis. Agar bisnis bisa berkembang cara yang dapat dilakukan yaitu dengan  menggunakan semua sosial media untuk promosi. Namun tentu saja setiap sosial media mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Jadi harus menyesuaikan cara promosi di setiap sosial media.

 

c.       Gunakan Strategi Digital Marketing

Digital marketing ini merupakan cara paling efektif dalam bisnis untuk bisa bersaing di era digital. Secara umum digital marketing ini adalah pemasaran melalui media digital. Tidak hanya sekedar memanfaatkan sosial media saja, digital marketing menggunakan semua aspek digital dalam pemasarannya.

Cara digital marketing yang mudah adalah dengan bergabung dalam e-commerce atau membuat e-commerce sendiri. Melakukan digital marketing memang tidaklah mudah, dibutuhkan seorang ahli agar bisa memaksimalkannya. Namun sekarang sudah banyak agency digital marketing yang bisa digunakan.

 

d.      Manfaatkan Aplikasi Untuk Menjalankan Bisnis

Menggunakan aplikasi dalam bisnis tidak hanya memudahkan, kita  juga akan terhindar dari kesalahan penghitungan. Selain itu, kita jjuga bisa menghemat biaya gaji karyawan. Dengan aplikasi hal sederhana bisa dilakukan sendiri dengan bantuan aplikasi. Apalagi sekarang ini sudah tersedia banyak aplikasi bisnis secara gratis. Kita bisa menggunakan aplikasi-aplikasi ini untuk membantu menjalankan bisnis kita. Aplikasi membuat kita lebih hemat biaya dan tenaga.

 

e.       Lakukan Inovasi Dalam Berbisnis

Inovasi bisa kita lakukan dalam berbagai aspek bisnis, misalnya saja inovasi dalam hal pemasaran. Tidak hanya itu, inovasi juga bisa kita lakukan dalam semua aspek bisnis. Melakukan inovasi dalam bisnis sebenarnya tidak hanya perlu ketika di era digital sekarang ini. Inovasi harus Anda lakukan agar bisnis Anda berkembang dan semakin maju

 

f.        Selalu Berikan Layanan yang Terbaik Pada Pelanggan

Strategi bisnis yang terakhir agar bisnis kita bisa bersaing di era digital adalah memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis. Tidak hanya di era digital saja, sebagai pelaku bisnis kita harus memberikan pelayanan terbaiknya untuk pelanggan.Apalagi di era digital saat ini, pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan kita, bisa langsung mempublikasikannya melalui media sosial. Efek publikasi buruk di media sosial atas bisnis kita sangat berpengaruh pada perkembangannya. Oleh karena itu, pastikan pelayanan yang kita berikan adalah yang terbaik.

KESIMPULAN

Pada keadaan ekonomi Indonesia yang mulai memasuki era digitalisasi yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat terhubung secara mudah secara tidak langsung memunculkan persaingan yang ketat untuk semua bisnis yang ada. Persaingan bisnis ini akan dimenangkan oleh mereka yang dapat mengikuti perkembangan teknologi.

DAFTAR PUSTAKA

https://tirto.id/di-era-sekarang-digitalisasi-pasar-adalah-keharusan-gi9e

https://www.jurnal.id/id/blog/tips-hadapi-persaingan-bisnis-

online/https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4263/tingkatkan-ekonomi-digital-simak-potensi-dan-bahasan-menko-airlangga-dengan-ibm#:~:text=Nilai%20ekonomi%20digital%2Finternet%20Indonesia,Asia%20Tenggara%20berada%20di%20Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.