Oktober 01, 2022

Strategy Of Market Target


Keywords : Mengembangkan Produk, Konsumen, Teknologi Digital,

 

Pendahuluan

Hampir semua orang pasti setuju jika membangun bisnis sendiri bukanlah suatu perkara yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak sekali hal yang harus dilakukan dan dipertimbangkan agar bisnis yang sedang dirintis bisa berkembang dan memberikan kesuksesan kepada pemiliknya.

 Pasalnya, hanya karena satu kesalahan saja dalam menentukan keputusan berbisnis, sebuah usaha dapat menjadi stagnan dan tidak berkembang. Bahkan, bukan tidak mungkin bisnis tersebut akan gulung tikar ketika belum berhasil memberikan keuntungan materiil sama sekali. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebelum memutuskan untuk berbisnis, pahami dulu faktor apa saja yang harus dipahami dan dipersiapkan dengan matang.

Salah satu faktor penting dalam memulai sebuah bisnis adalah menentukan target pasar. Anda mungkin berpikir, apa sih yang dimaksud dengan target pasar dan apa pengaruhnya dalam kinerja bisnis yang akan dikembangkan? Jika berbisnis diibaratkan sebagai mobil, target pasar adalah setir yang menentukan ke mana bisnis akan berjalan. Ketika target pasar ditentukan dengan tidak tepat, bukan tidak mungkin bisnis yang dikelola akan sulit berkembang dan akhirnya tidak menghasilkan keuntungan. Nah, karena perannya yang krusial tersebut, menentukan target pasar dapat menjadi kunci utama pebisnis bisa meraih kesuksesan.

Permasalahan

Di zaman sekarang yang dimana hampir seluruh masyarakatnya menggunakan teknologi digital dalam kehidupan sehari - harinya, masih banyak juga para pebisnis atau kewirausahaan yang tidak mengerti atau tidak memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana untuk mengembangkan usaha mereka. Sehinga banyak para pebisnis atau kewirausahaan yang mengalami kerugian bahkan hingga gulung tikar.

Pembahasan

Target pasar adalah hal pertama yang harus ditentukan sebelum merilis produk ke masyarakat. Sebab tanpa pasar yang terarah, produk dari usaha Anda tidak akan bisa menjangkau mereka yang membutuhkannya. Dalam kata lain, tidak akan ada yang beli produk tersebut karena orang-orang yang melihatnya merasa tidak butuh.

Tanpa kita sadari, sebenarnya kita adalah target market dari banyak perusahaan. Sebab sebuah perusahaan biasanya tidak menargetkan produknya kepada satu kelompok tertutup saja, namun dalam kelompok yang lebih luas. Misalnya perusahaan kosmetik tidak hanya memfokuskan promosi produk kepada wanita saja, tetapi juga hairstylist laki-laki, pria yang bekerja di dunia entertainment, cosplayer, dan kaum laki-laki lainnya yang perlu berdandan untuk kebutuhan pekerjaan maupun hobi.

 

Target pasar adalah kelompok konsumen atau pelanggan yang menjadi sasaran bisnis untuk melakukan pendekatan. Tujuannya adalah agar kelompok konsumen tersebut membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Biasanya, target pasar atau market dikelompokkan berdasarkan sifat, rentang umur, ataupun karakter serta kebiasaan yang dinilai selaras atau relevan. 

Dalam menentukan target market, pebisnis harus berupaya untuk mengelompokkan masyarakat dengan segmentasi tertentu. Melalui kegiatan segmentasi ini, pebisnis mampu mendapatkan data dan mengolahnya guna menentukan segmen pasar atau konsumen manakah yang dirasa paling sesuai dengan karakteristik dari bisnis yang sedang dijalankan. Jadi, bisa dibilang bahwa target pasar adalah istilah fundamental dan wajib diketahui oleh para pelaku usaha atau pebisnis.

Target market juga bisa diartikan sebagai kelompok konsumen yang disasar pebisnis atau pemilik perusahaan agar bisa membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Tentunya, target pasar tidak akan bisa dipilih atau ditentukan tanpa melakukan apa yang disebut dengan segmentasi pasar. Yang dimaksud dengan segmentasi market adalah kegiatan membagi kelompok heterogen atas calon pembeli ke kelompok homogen yang lebih kecil. Oleh karena itu, kegiatan segmentasi pasar ini harus dilakukan terlebih dahulu oleh pebisnis sebelum mampu menentukan target pasar bisnisnya secara akurat. 

Cara Mengidentifikasi Target Pasar

nMelakukan Riset Pasar

Ada banyak cara untuk mengidentifikasi target pasar bisnis Anda, tetapi cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melakukan riset pasar. Beberapa area yang perlu menjadi perhatian adalah jenis kelamin, rentang usia, tingkat pendapatan, pendidikan, tempat tinggal. Mengetahui informasi demografis ini akan membantu Anda mengembangkan gambaran  tentang siapa dia.

nTentukan Basis Pelanggan

Mulailah dengan basis pelanggan, temukan karakteristik dari orang yang mungkin akan menjadi pelanggan Anda. Mulai membentuk gambaran tentang pelanggan ideal dan kemudian pasarkan kepada orang-orang seperti itu. Jika  sudah memiliki audiens, lakukan survei untuk mengetahui lebih lanjut tentang mereka. Survei dapat berisi pertanyaan sederhana dan singkat namun mampu untuk mengumpulkan beberapa data demografis yang perusahaan perlukan.

Jika belum memiliki audiens, lakukan survei kepada orang-orang yang menurut Anda termasuk dalam target demografis menggunakan Iklan Facebook. Semakin Anda mengetahui target pasar Anda, luar dalam, semakin baik juga pesan yang dapat Anda susun dan sesuai dengan mereka.

nGunakan Media yang Tepat

Setelah mengetahui siapa target pasar, pertimbangkan di mana mereka berada. Sehingga Anda dapat mengetahui di mana harus memfokuskan waktu dan perhatian. Cari tahu media sosial mana yang pelanggan gunakan dan fokuskan upaya pemasaran pada platform tersebut. Menargetkan pasar tertentu tidak berarti mengecualikan orang-orang yang tidak sesuai dengan kriteria. Sebaliknya, memfokuskan dana pemasaran dan pesan merek bisnis pada pasar tertentu yang lebih cenderung untuk membeli. Banyak pelanggan termasuk dalam beberapa target pasar sekaligus, misalnya, pelanggan A adalah seorang wanita, juga seorang ibu rumah tangga, dan karyawan di tempat kerja. Setiap kategori memiliki beberapa produk dan layanan yang dibutuhkan untuk memenuhi keinginan, kebutuhan, dan tanggung jawab pelanggan A di setiap posisi.

Strategi Menentukan Target Pasar

Dalam lingkungan bisnis saat ini, setiap bisnis membutuhkan cara untuk menargetkan pasar yang tepat. Di sini kita akan membahas empat jenis strategi penargetan pasar dengan contohnya.

lUndifferentiated Market (Pemasaran tak Terdiferensiasi)

Strategi ini mengejar pasar secara keseluruhan. Mengabaikan adanya segmentasi dan menganggap pembeli sebagai kelompok yang seragam. Juga terkenal sebagai pemasaran massal sehingga perusahaan tidak memproduksi produk yang berbeda untuk unit yang berbeda. Perusahaan bertujuan untuk menciptakan citra produk yang unggul di hadapan publik. Perusahaan menggunakan strategi ini untuk menarik audiens yang lebih luas berdasarkan kebutuhan dan keinginan pelanggan yang sama. 

lDifferentiated Market (Penargetan Pasar yang Dibedakan)

Dalam strategi ini, perusahaan memilih untuk menargetkan beberapa segmen pasar dan merancang bauran pemasaran yang berbeda dan efektif untuk setiap bagiannya. Pendekatan ini cenderung menciptakan lebih banyak penjualan daripada pemasaran tak terdiferensiasi. Namun karena bauran pemasaran yang berbeda, biaya promosi juga meningkat. Sehingga, peningkatan penjualan harus Anda seimbangkan dengan peningkatan biaya.

lConcentrated Market (Penargetan Pasar Terkonsentrasi)

Pendekatan ini menargetkan segmen pasar tertentu dan efektif untuk perusahaan kecil yang memiliki sumber daya terbatas. Karena pengetahuan yang lebih baik tentang kebutuhan segmen tertentu, perusahaan dapat mencapai posisi pasar yang lebih tinggi. Jika perusahaan memilih segmen yang tepat pada waktu yang tepat, maka dapat mencapai hasil yang memuaskan.

 

lMicromarketing Market (Pemasaran Mikro)

Terakhir, menargetkan kelompok tertentu atau individu, dalam segmen pasar. Strategi ini sangat tepat sasaran karena semua upaya pemasaran dapat Anda fokuskan pada karakteristik yang berbeda dari kelompok kecil atau individu ini.

Kesimpulan

Setelah mengetahui target pasar Anda, tentukan strategi terbaik dan paling sesuai untuk melakukan pendekatan terhadap mereka. Langkah tersebut bila terlaksanakan dengan baik dan dengan bantuan tools atau aplikasi yang tepat untuk  membantu meningkatkan bisnis dan penjualan Anda. Dan diharapkan setelah membaca artikel ini dapat memberikan wawasan yang lebih terhadap target pasar anda.

Daftar Pustaka

Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Mengenal Apa itu Target Pasar dan Penerapannya. Podomoro University. Jakarta

Radius Saretta, Irene. 2020. Mengenal Apa itu Target Pasar dan Alasan Pebisnis Harus Menentukannya. Jakarta

Ginting, Anantha. 2022. Pentingnya Menentukan Target Pasar Bagi Pebisnis. Jakarta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.