Oktober 27, 2022

Sukseskan Bisnismu dengan Menerapkan Strategi Bauran Pemasaran Pemasaran

 


Indah Permata Widayanti (@V11-WIDAYANTI)

 

 

Abstrak

Strategi baura pemasaran adalah rencana yang menyeluruh terpadu dibidang pemasaran dan target pemasaran dalam mencapai tujuan perusahaan melalui bauran pemasaran yang meliputi strategi produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Zaman sekarang banyak sekali para pelaku usaha berlomba - lomba untuk meningkatkan brand awareness dari produk yang mereka jual. Apabila marketing berfokus pada pemasaran suatu produk maka strategi ini bagus diterapkan agar produk yang dipasarkan serta dikembangkan dapat melekat di benak para konsumen.

Kata kunci : Pemasara, bauran, strategi

 

Pendahuluan

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang di lakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang, dan mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung pada keahlian mereka di bidang pemasaran, produksi, keuangan, maupun bidang lain. Selain itu juga tergantung pada kemampuan mereka untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar organisasi dapat berjalan lancar.

            Kombinasi tersebut beroperasi di dalam suatu lingkungan yang di batasi oleh sumber-sumber dari perusahaan itu sendiri. Pada umumnya, dalam pemasaran perusahaan berusaha menghasilkan laba dari penjualan barang dan jasa yang di ciptakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Namun demikian, pemasaran juga di lakukan untuk mengembangkan, mempemasarankan, dan mendistribusikan program- program dan jasa yang di sponsori oleh organisasi non-laba.

 

Pembahasan

Pengertian Bauran Pemasaran

Menurut Kotler dan Amstrong (2008: 116), “bauran pemasaran merupakan paduan spesifik iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan sarana pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan”.

Bauran pemasaran ini digunakan untuk mengkomunikasikan kegiatan perusahaan kepada konsumen. Komunikasi yang efektif akan mengubah tingkah laku konsumen dan akan memperkuat tingkah laku yang telah diubah sebelumnya.

 

Sifat Masing-masing Sarana Pemasaran

1.      Periklanan. Iklan bisa menjangkau massa pembeli yang tersebar secara geografis pada biaya rendah per paparan, dan iklan-iklan memungkinkan penjual mengulangi pesan berkali-kali.

2.      Penjualan Personal. Penjualan personal melibatkan interaksi pribadi antara dua orang atau lebih, sehingga masing-masing orang dapat mengetahui kebutuhan dan karakteristik orang lain serta membuat penilaian yang cepat.

3.      Promosi Penjualan. Pengaruh Promosi Penjualan biasanya berumur pendek, dan sering tidak seefektif iklan atau 27 penjualan personal dalam membangun preferensi merek jangka panjang dan hubungan pelanggan.

4.      Hubungan Masyarakat. Hubungan masyarakat sangat terpercaya (berita, fitur, program sponsor, dan acara) tampak lebih nyata dan terpercaya bagi pemirsa daripada iklan.

5.      Pemasaran Langsung. Pemasaran langsung bersifat nonpublic : Pesan biasanya diarahkan kepada orang tertentu.

 

Strategi Pemasaran Produk yang Efektif Untuk Bisnis

A.    Sebelum memasarkan sebuah produk, hal pertama yang harus diperhatikan adalah siapa target market yang diincar. 

B.     Pemasaran digital atau digital marketing sudah bukan hal yang baru lagi dalam dunia bisnis.

C.     Peran influencer dalam pemasaran terbilang besar.

D.    Untuk menarik perhatian orang, cobalah untuk melakukan giveaway.

E.     Karena terlalu fokus pada akuisisi pelanggan baru, cukup banyak pelaku bisnis yang justru mengabaikan pelanggan lama. 

 

Kesimpulan

Tidak peduli sebaik apa kualitas produk yang dijual, hal tersebut tidak akan banyak berarti jika tidak ada yang tahu eksistensi produk tersebut. Di sinilah peran pemasaran. Dengan pemasaran, orang bisa tahu produkmu. Tujuan pemasaran pada dasarnya untuk menarik perhatian orang. Saat orang tertarik, mereka akan mencari tahu lebih banyak tentang produk yang ditawarkan. Jika tahu saja tidak, rasanya mustahil membuat orang mau membeli produkmu. Itulah kenapa pemasaran sangat penting bagi sebuah perusahaan.

Daftar Pustaka

Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

https://www.kuncie.com/posts/strategi-pemasaran-produk

https://www.kompasiana.com/nabilannisa6374/634517a5a196e3274d63b3a4/sukseskan-bisnismu-dengan-menerapkan-strategi-berikut-ini

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.