Oktober 13, 2022

TELEMARKETING DAPAT MENCIPTAKAN BANYAK PELUANG

 


Laykha Fitriani Az Zahra (@V12-LAYKHA)

ABSTRAK

Artikel ini membahas tentang pengertian, jenis serta tugas dari telemarketing itu sendiri.  Di era digital seperti saat ini, masih ada perusahaan yang menggunakan telepon sebagai media pemasaran. Memang ada berbagai macam pemasaran, tetapi telepon adalah salah satu jenis pemasaran yang saat ini sedikit kurang populer. Dengan semakin banyaknya internet dan sosial media, kebanyakan pemasaran beralih ke sosial media atau internet. Beberapa konsumen menganggap pemasaran produk dengan menggunakan telepon terasa mengganggu di era serba internet saat ini. Tetapi tetap saja ada beberapa perusahaan yang menggunakan telemarketing sebagai sarana pemasaran produk. Salah satu alasan mengapa telemarketing masih digunakan oleh perusahaan adalah karena telepon menggunakan sistem komunikasi 2 arah dan strategi komunikasi 2 arah ini lebih efektif dibandingkan yang lain. Apalagi jika proses pemasaran yang dilakukan adalah menawarkan produk. Tentunya, komunikasi 2 arah sangat diperlukan untuk mengetahui timbal balik dari calon konsumen yang mendapat penawaran. Oleh karena itu, strategi pemasaran telemarketing harus menggunakan strategi yang tepat agar calon konsumen tetap melakukan komunikasi 2 arah. Selain itu, proses telemarketing yang tepat dengan jangkauan yang juga tepat tentunya akan memudahkan proses pemasaran produk. Strategi pemasaran yang disusun untuk telemarketing harus benar-benar tepat agar tidak merusak citra perusahaan dan membuat perusahaan kehilangan konsumen.

Kata kunci: Telemarketing, pemasaran, komunikasi.

 

PENDAHULUAN

Telemarketing merupakan salah satu strategi yang masih digunakan dalam melakukan pemasarannya. Padahal dalam era saat ini telemarketing sudah mulai ditinggalkan seiring dengan berjalannya waktu. Kini banyak media sosial yang lebih diminati oleh perusahaan. Telemarketing sebagai bentuk program komunikasi persuasif kepada khalayak sasaran secara berkelanjutan dan dapat menghubungkan khalayak sasaran dengan produk/jasa yang ditawarkan, dengan demikian komunikasi pemasaran akan menciptakan peluang terjadinya fasilitasi yang saling memuaskan. Telemarketing membantu perusahaan-perusahaan menaikkan pendapatan, mengurangi biaya penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Perusahaan-perusahaan menggunakan pusat layanan telepon untuk telemarketing masuk (menerima telepon dari pelanggan) dan telemarketing keluar (menelepon ke calon pelanggan). Bahkan, perusahaan-perusahaan melakukan empat jenis telemarketing, yaitu: Tele-penjualan (telesales), Tele-jangkauan (telecoverage), Teleprospekting (teleprospecting), Layanan pelanggan dan dukungan teknis.

Keberhasilan kegiatan telemarketing ini tidak terlepas dari kemampuan, keahlian, serta kualitas seorang telemarketer dalam berkomunikasi saat melakukan tugasnya. Dengan dipersepsikannya seorang telemarketer dari suatu perusahaan secara positif oleh masyarakat, diharapkan positif pula persepsi yang terbentuk di benak konsumen terhadap perusahaan sehingga menimbulkan ketertarikan konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan munculnya persepsi negatif dalam pikiran konsumen terhadap suatu perusahaan disebabkan karena kurangnya kemampuan dan kualitas seorang telemarketer.

 

PEMBAHASAN

Pengertian Telemarketing

Telemarketing merupakan salah satu media yang digunakan dalam penerapan pemasaran langsung (Direct Marketing) dan merupakan pula bentuk dominan dari pemasaran langsung. Ada beberapa definisi tentang telemarketing, menurut Bob Stone seorang pakar Direct Marketing: “Telemarketing mendayagunakan telekomunikasi canggih dan teknologi telekomunikasi dikombinasikan dengan personal selling dan keterampilan pelayanan untuk menolong perusahaan menjaga hubungan dekat dengan pelanggaan dan pelanggan potensial (potential customer), menaikkan penjualan dan meningkatkan produktivitas”, sedangkan Burns mendefinisikan sebagai sumber daya manusia dikombinasikan dengan teknologi komunikasi yang ditujukan untuk menaikkan, penjualan, laba, pelayanan pelanggan, dan produktivitas dengan cara professional.

Telemarketing menggunakan telepon dari pusat layanan telepon (call center) untuk menarik calon pelanggan, menjual kepada pelanggan yang sudah ada, dan menjawab pertanyaan. Telemarketing membantu perusahaan perusahaan menaikkan pendapatan, mengurangi biaya penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Perusahaan-perusahaan menggunakan pusat layanan telepon untuk telemarketing masuk (menerima telepon dari pelanggan) dan telemarketing keluar (menelepon ke calon pelanggan). Telemarketing adalah penjualan barang/jasa melalui telepon secara langsung kepada konsumen. Jadi dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa telemarketing adalah penggunaan telepon dan pusat layanan telepon (call center) yang dikombinasikan dengan sumber daya manusia untuk menarik calon pelanggan dengan tujuan meningkatkan pelayanan penjualan, mencari laba dengan cara professional.

 

Telemarketing sebagai Turbo Marketing dalam Pemasaran

Salah satu konsep Turbo marketing yang memungkinkan bisa kita aplikasikan secara cepat dan mudah serta murah adalah konsep promosi pemasaran yang dikenal dengan telemarketing, konsep ini merupakan konsep penjualan yang sudah teruji keefektifannya khususnya jika diterapkan melalui strategi personal selling. Telemarketingberupaya melakukan interaksi setiap harinya dengan para pelanggan dan konsumennya, baik untuk kegiatan layanan, promosi, penjualan, menerima dan menyelesaikan keluhan, penagihan serta permintaan order baru.

Dengan telemarketing, seorang pemasar dalam satu hari dimungkinkan mengunjungi 30-35 orang. Waktu yang dibutuhkan untuk memprospek rata-rata 10 menit. Dalam beberapa kasus, telemarketingakan terasa lebih praktis, sebab petugas marketing tidak perlu membuat proposal, berhadapan dengan satpam atau bertemu dengan orang yang sulit ditemui. Telemarketing sebagai media promosi dan pemasaran akan lebih efektif apabila diintregasikan dengan media-media lain seperti TV, radio, tabloid, Koran, majalah, internet dan lainnya. Telemarketing sebagai media promosi dan pemasaran akan lebih efektif sebagai media dialog dan interaksi dengan pelanggan-pelanggan yang ada (exisiting customer) dan calon pelanggan yang potensial.

 

Jenis Telemarketing

Menurut Kotler dan Keller Telemarketing terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1)      Telemarketing Inbound

Telemarketing Inbound adalah penggunaan telepon nomor bebas pulsa untuk menerima pesanan dari iklan, surat langsung, atau katalog. Telemarketing Inbound adalah panggilan telepon masuk yang berasal dari pelanggan. Dapat disimpulkan bahwa TelemarketingInbound adalah panggilan telepon masuk yang berasal dari pelanggan dengan niat ingin memesan produk, ataupun hanya menanyakan mengenai produk, bahkan menanyakan masalah yang dihadapi dalam proses.

2)      Telemarketing Outbound

Telemarketing Outbound adalah menggunakan telepon keluar untuk menjual produk secara langsung kepada pelanggan. Telemarketing Outbound adalah panggilan telepon keluar, dengan tujuan penjualan produk, membuat janji temu dengan pelanggan, dan mempromosikan produk. Dapat disimpulkan bahwa Telemarketing Outbound adalah panggilan telepon keluar yang ditujukan kepada pelanggan dengan tujuan menjual produk, membuat janji temu dan mempromosikan produk secara langsung. Contoh Telemarketing Outbound adalah Telemarketing yang menelepon pelanggan untuk mempromosikan produk baru perusahaan kepada pelanggan.

 

Tugas Telemarketing

Tugas utama dari telemarketing adalah melakukan penjualan lewat telepon produk layanan. Mereka harus mempunyai motivasi tinggi, suka dengan pekerjaan yang berhubungan dengan penjualan. Mereka juga harus bisabekerja di bawah tekanan, terbisaa dengan target dan juga bisa bekerja sama dalam sebuah tim.

1)      Menghubungi calon konsumen atau pelanggan

Telemarketing memiliki tugas untuk menghubungi calon konsumen atau pelanggan yang potensial

2)      Melakukan penjualan dan juga menerima order

Tujuan dari berkomunikasi lewat telepon dengan konsumen adalah memberikan pengetahuan tentang produk dan jasa yang sedang ditawarkan.

3)      Mengumpulkan informasi berhubungan produk atau jasa

Telemarketing juga harus mengumpulkan banyak informasi yang berhubungan dengan produk atau jasa yang akan ditawarkan pada konsumen lewat telepon sehingga siap menghadapi setiap pertanyaan yang diajukan konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

4)      Memberi motivasi untuk pelanggan

Salah satu tugas dan tanggungjawab seorang telemarketing, mereka harus bisa memberikan motivasi dengan kata yang baik yang dilakukan agar konsumen bisa tertarik dengan produk atau jasa yang sedang ditawarkan sebab penjualan menjadi target utama dari pekerjaan telemarketing tersebut.

5)      Memberikan kemudahan pada konsumen

Seorang telemarketing juga harus bisa memberikan segala kemudahan untuk para calon konsumen dan juga pelanggan dimana kemudahan-kemudahan tersebut diberikan agar mereka jadi semakin tertarik untuk membeli produk atau memakai jasa yang sedang ditawarkan seorang telemarketingperusahaan tersebut.

 

KESIMPULAN

Telemarketing membantu perusahaan-perusahaan menaikkan pendapatan, mengurangi biaya penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Perusahaan-perusahaan menggunakan pusat layanan telepon untuk telemarketing masuk (menerima telepon dari pelanggan) dan telemarketing keluar (menelepon ke calon pelanggan). telemarketing adalah penggunaan telepon dan pusat layanan telepon (call center) yang dikombinasikan dengan sumber daya manusia untuk menarik calon pelanggan dengan tujuan meningkatkan pelayanan penjualan, mencari laba dengan cara professional. Telemarketing sebagai Turbo Marketing dalam Pemasaran Salah satu konsep Turbo marketing yang memungkinkan bisa kita aplikasikan secara cepat dan mudah serta murah adalah konsep promosi pemasaran yang dikenal dengan telemarketing, konsep ini merupakan konsep penjualan yang sudah teruji keefektifannya khususnya jika diterapkan melalui strategi personal selling.

 

DAFTAR PUSTAKA

Kang Atep Afia Channel. (2022). “PERANAN TELEMARKETING DALAM KEWIRAUSAHAAN” [Video]. Diakses melalui https://youtu.be/Pc6d2uGieJ4

Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Riadi, Muchlisin. (2020). Telemarketing (Pengertian, Fungsi, Jenis, Strategi, Kelebihan dan Kekurangan).

De Weaver, Lynne. (1997). Seni Menggunakan Pemasaran Langsung yang Berhasil dalam Bisnis Anda (Direct Marketing). Jakarta: Elex Media Komputindo.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.