November 28, 2022

Alasan Mengapa Brand Identity Sangat Penting Bagi Bisnis

 

Rajib Fahmi(@V27-Rajib)

Abstrack

Brand Identity merupakan citra yang ingin ditampilkan oleh sebuah merek. Iklan merupakan salah satu media penyampaian brand identity, yang terdapat empat elemen di dalamnya yaitu nama merek, logo, slogan, dan kisah merek. Maksud dari penyampaian brand identity adalah membentuk pikiran dan mempertahankan kesadaran audience terhadap kesan suatu merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi brand identity bagi bisnis.

Kata kunci: Brand Identity, Iklan logo, dan slogan

 

Pendahuluan

Brand identity merupakan salah satu faktor yang membentuk pandangan audiens terhadap bisnis yang dijalankan. Membentuk pandangan audiens terhadap bisnis Anda merupakan hal yang penting karena setiap bisnis pasti mempunyai value yang ingin mereka sampaikan kepada audiens. Brand identity sangatlah penting karena dapat membantu konsumen untuk mengenali merek dan membedakannya dengan merek lainnya.

 

Pembahasan

Brand identity adalah sekumpulan elemen yang terlihat dari suatu merek mulai dari desain, logo dan warna yang mengidentifikasikan dan membedakan merek di benak konsumen.  Singkatnya brand identity adalah apa yang membuat konsumen langsung mengenali brand kamu. Umumnya konsumen akan menghubungkan brand identity dengan produk atau layanan.

Nah, dari identitas itulah mulai terjadi hubungan antara brand dengan konsumen, membangun loyalitas mereka hingga menentukan bagaimana pelanggan memandang suatu merek. Perlu diingat juga bahwa brand identity atau brand identitas ini berbeda dengan brand dan branding. Apa saja perbedaanya?

 

·         Brand lebih condong kepada bagaimana konsumen memandang perusahaan kamu.

·         Branding menjelaskan tentang bagaimana tindakan yang dilakukan untuk membangun citra tertentu perusahaanmu.

·         Brand identity adalah kumpulan suatu elemen yang ada untuk menciptakan suatu citra merek. 

Adapun elemen umum yang dipakai untuk membangun brand identity meliputi logo, warna merek utama dan palet warna, variasi logo, tipografi, gaya yang konsisten untuk gambar dan konten, identitas visual di media sosial hingga perpustakaan elemen grafis.

Salah satu contoh dari brand identity adalah ketika mendengar nama Coca Cola, mungkin yang kamu ingat bisa berupa pita yang ada di kalengnya atau warna merah yang selalu identik dengan produk minuman soda tersebut.

 

Alasan pentingnya brand identity

Selain sebagai ciri khas dan pembeda dari merek yang lain, ada beberapa alasan lain kenapa brand identity sangat penting bagi sebuah merek, yaitu:

 

1. Membangun loyalitas

Brand identity yang efektif akan dapat membangun loyalitas pelanggan dan kepercayaan kepada merek, sebab ini akan memungkinkan pelanggan membuat hubungan antara produk dan perusahaan.

2. Konsistensi

Dengan adanya brand identity, kamu harus membuat pesan yang konsisten pada semua materi pemasaran, di mana semua bagian memiliki elemen desain dan gaya dasar yang sama untuk menciptakan merek yang kohesif.

3. Kepribadian

Alasan lain pentingnya brand identity adalah sebagai representasi visual dari nilai-nilai dan kepribadian merek. Umumnya desain identitas digunakan untuk membangun nada merek dan dipakai untuk membangun perasaan tertentu terhadap audiens, termasuk di dalamnya mempromosikan tujuan perusahaan.

4. Mudah bersaing dengan kompetitor

Brand identity adalah salah satu hal yang dapat menjadi pembeda ketika produkmu diluncurkan di pasaran. Brand identity juga membantu pelanggan mengenali dan mendukung bisnismu, bahkan membantu memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Dengan memperkuat brand identity, akan semakin banyak pengakuan yang diterima dari konsumen. Hal tersebut membuat bisnismu semakin meningkat dan mudah bersaing dengan merek terkenal lainnya

5. Lebih mudah dikenali pelanggan

Memiliki brand identity yang kuat berfungsi untuk membangun pengakuan pelanggan. Hal ini berarti ketika pelanggan berbelanja untuk produk tertentu atau mempertimbangkan perusahaan untuk melakukan sebuah layanan, mereka mengenali perusahaanmu yang menjalankannya. Konsumen memiliki kecenderungan untuk memilih merek yang mereka kenal daripada merek serupa yang kurang familiar, bahkan jika mereka tidak tahu banyak tentang perusahaan kamu pada saat itu.

6. Meningkatkan profit perusahaan

Memiliki brand identity yang kuat dan terkenal akan meningkatkan kredibilitas bisnismu di hadapan pelanggan dan pasar secara keseluruhan. Saat kamu membangun kredibilitas, kamu juga turut membangun pengakuan, loyalitas, dan daya saing. Semuanya berjalan beriringan, dan kamu akan menemukan bahwa kredibilitas akan membawa kemudahan pembelian yang berpengaruh pada peningkatan profit perusahaan. Jika brand kamu terpercaya, bisnismu akan jauh lebih mudah memaksimalkan penjualan.

 

Cara membuat brand identity

Dengan  adanya brand identity, audiens pada akhirnya akan lebih mudah mengingat merek secara  jelas, unik dan konsisten. Oleh karena itu, penting agar kamu dapat membuat brand identity dengan tepat. Berikut ini akan dipaparkan beberapa cara membuat brand identity yang benar.

 

1. Melakukan riset pasar

Melakukan riset pasar sangat penting untuk mengetahui siapa sebenarnya target pasar kamu. Dalam melakukan riset pasar ini, setidaknya ada empat hal yang harus diklarifikasi yakni:

·         Audiens. Pelajari apa yang diinginkan audiens dalam industri bisnis kamu untuk menciptakan merek yang disukai oleh mereka.

·         Misi perusahaan. Kamu tidak dapat menciptakan kepribadian bisnis dengan baik tanpa tahu apa visi dan misi perusahaan menciptakan produk.

·         Proposisi nilai dan persaingan untuk mengetahui apa keunikan dari produk kamu dibanding dengan produk orang lain.

·         Analisis SWOT perlu dilakukan untuk membantu memahami merek kamu lebih dalam. Dengan begitu kamu bisa memahami karakteristik yang ingin digambarkan lewat merek tersebut

2. Perhatikan desain logo dan template

Setelah melakukan hal di atas, maka kini yang perlu kamu lakukan adalah menentukan logo, warna palet, jenis dan template. Dalam membuat beberapa hal ini, kamu harus memastikan konsistensi yang sama di seluruh area bisnis untuk menciptakan merek yang harmonis. Kamu pun bisa memastikan semua tim berpegang pada aturan merek yang sama lewat buku panduan merek yang akan mendokumentasikan semua hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam pembuatan merek.

3. Mengintegrasikan merek lewat bahasa yang terhubung di media sosial

Konten dalam media sosial kamu juga mencerminkan brand itu sendiri. Oleh karena itu dalam membuat konten, gunakan bahasa yang sesuai dengan kepribadian merek. Jika identitas brand kamu diperuntukkan bagi high end maka pakai bahasa yang profesional. Namun jika identitas brand kamu bersifat lebih santai, maka kamu bisa menggunakan bahasa yang komunikatif.  Bahasa yang dipilih juga harus terintegrasi dengan seluruh bisnis untuk menciptakan nada merek yang sama baik itu dalam iklan atau konten media sosial.

4. Memantau merek untuk mempertahankan brand identity

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam membuat brand identity adalah melakukan pemantauan secara rutin baik menggunakan Google Analytic, survei, melihat komentar di media sosial dan sebagainya. Pemantauan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana audiens bisa berinteraksi dengan merek kamu. Dengan melakukan pemantauan yang rutin juga akan memberikan gambaran berupa strategi yang bisa diperbaiki untuk meningkatkan brand identity.

 

Manfaat Brand Identity bagi Brand

Beberapa manfaat brand identity antara lain:

 

1. Mudah dikenali audiens

Brand menjadi lebih mudah dikenali oleh audiens. Jika audiens sudah mengenali brand Anda dengan baik, pastinya mereka akan lebih memilih untuk memakai produk atau jasa yang brand Anda tawarkan.

2. Gampang bersaing dengan kompetitor

Jika suatu bisnis telah mempunyai ciri khas atau keunikan tersendiri, audiens akan lebih mudah dan lebih cepat mengenalinya. Bisnis dengan identitas brand yang kuat memungkinkan bisnis tersebut untuk bersaing dengan kompetitor lainnya.Keunikan yang dimiliki oleh bisnis Anda akan menjadi kelebihan tersendiri karena terlihat lebih dominan dibandingkan kompetitor lainnya.

3. Mudah memiliki pelanggan yang loyal

Semua bisnis pasti ingin mempunyai pelanggan yang loyal. Namun, untuk memperoleh hal ini dibutuhkan upaya yang tidak mudah dan waktu yang tidak singkat. Maka, diperlukan identitas brand yang kuat untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.

 

Contoh Brand Identity

·         Coca-cola

·         McDonald’s

 

Kesimpulan

Brand identity adalah sekumpulan elemen yang terlihat dari suatu merek mulai dari desain, logo dan warna yang mengidentifikasikan dan membedakan merek di benak konsumen.

brand identitas ini berbeda dengan brand dan branding. Apa saja perbedaanya?

·      Brand lebih condong kepada bagaimana konsumen memandang perusahaan kamu.

·   Branding menjelaskan tentang bagaimana tindakan yang dilakukan untuk membangun citra tertentu perusahaanmu.

·     Brand identity adalah kumpulan suatu elemen yang ada untuk menciptakan suatu citra merek. 

Dengan  adanya brand identity, audiens pada akhirnya akan lebih mudah mengingat merek secara  jelas, unik dan konsisten.

 

Refrensi

https://www.ekrut.com/media/brand-identity-adalah

https://glints.com/id/lowongan/brand-identity-adalah/#.Y4RngHZBzIU

https://eprints.upnyk.ac.id/21238/3/ABSTRAK.pdf

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar