November 01, 2022

Manage People Managament dalam Perusahaan

Muhammad Fikri Aditya (@V03-FIKRI)



People management mengacu pada praktik merekrut, melatih, melibatkan, dan mempertahankan karyawan untuk mengoptimalkan bakat pekerja dan memaksimalkan produktivitas pekerja. People management adalah topik luas yang mencakup apa artinya mengembangkan, mengatur, memecahkan masalah, dan menumbuhkan sisi karyawan. Keterampilan ini berkisar dari mampu menengahi bentrokan kepribadian antara anggota tim hingga membangun strategi manajemen kinerja yang efektif.

People management berbeda dari manajemen kinerja karena melampaui pertimbangan pekerjaan karyawan dan sebaliknya berfokus lebih luas pada kesejahteraan karyawan. Sementara manajemen kinerja adalah tentang  proses berkelanjutan untuk menetapkan dan mengevaluasi kemajuan karyawan terhadap tujuan yang ditetapkan, People management adalah tentang memungkinkan karyawan untuk memecahkan masalah dan terlibat secara efektif dengan anggota tim lainnya. Anda memiliki tim manajemen karena Anda tidak mengharapkan karyawan untuk secara ajaib membuat dan menegakkan struktur perusahaan. Demikian pula, ide di balik People management adalah bahwa Anda memiliki manajer karena Anda juga tidak dapat mengharapkan karyawan untuk mengelola pengembangan, proses, dan masalah pekerja pekerja sendiri.

Keterampilan yang dibutuhkan dalam people management

1.      Komunikasi, keterampilan komunikasi sangat penting untuk dikuasai dan diterapkan dalam people management karena setiap hari harus berkomunikasi secara langsung dengan karyawan.

2.      Mendengarkan, dalam pekerjaan sudah pasti akan ada banyak sekali karyawan yang bertanya ataupun bercerita mengenai pekerjaannya kepadamu di setiap hari. Dengan keadaan seperti ini, kamu harus dituntut untuk mendengarkan secara baik. Ketika sesepekerja meminta saran, berikan saran yang terbaik agar dapat menelesaikan masalahnya.

3.      Manajemen konflik, dalam setiap tim pasti ada konflik yang akan terjadi, entah itu perbedaan pendapat atau masalah lainnya, maka dari itu dibutuhkan manajemen konflik agar bisa menyelesaikan dengan baik.

4.      Kolaborasi, hal yang harus dimaksimalkan dengan baik, begitu juga saat kamu menjadi manajer.Selain kolaborasi dengan manajer lainnya, kamu juga dituntut untuk berkolaborasi dengan karyawanmu.

5.      Fleksibel, Jika tiba-tiba ada karyawan yang meminta bantuan terhadap terkait masalah satu proyek, kamu harus membantunya. Intinya, dalam keadaan apapun, fleksibilitas penting untuk dimiliki oleh sepekerja manajer.

Cara meningkatkan people management

1.      Memelihara budaya belajar, Yang penting, elemen kunci dari setiap budaya belajar adalah merangkul kemunduran dan kesalahan sebagai bagian penting dari proses pembelajaran yang positif. Sikap ini membantu pekerja merasa aman dan membangun kepercayaan dalam mendekati manajer pekerja untuk membantu memperbaiki kesalahan atau mengatasi kemunduran.

2.      Latih umpan balik yang konstan, Umpan Balik membuat organisasi berjalan lancar, tetapi harus berjalan dua arah: dari manajer ke pekerja-pekerja pekerja dan sebaliknya. Lagi pula, tidak ada yang bisa memperbaiki masalah tanpa mengetahui itu ada.

3.      Pertimbangkan nilai kepemimpinan laissez-faire, kepemimpinan Laissez-faire atau "biarlah" adalah gaya memimpin yang tidak berlaku untuk setiap situasi, tetapi merefleksikan nilainya dapat memberikan wawasan penting tentang manajemen pekerja. Kepemimpinan Laissez-faire dibangun di sekitar mempercayai pekerja untuk melakukan apa yang perlu pekerja lakukan, tanpa manajer pekerja terlalu terlibat.

Efektivitas people management meningkatkan budaya perusahaan

Berinvestasi pada karyawan melalui praktik manajemen orang yang disengaja memberdayakan pekerja untuk memberi kembali kepada perusahaan pekerja dengan pekerjaan berkinerja tinggi. Manajemen orang yang strategis dan hati-hati dapat mendorong kemajuan, pengalaman karyawan yang positif, dan pertumbuhan, sehingga memungkinkan budaya perusahaan yang berkembang.

 

References:

Adieb, Maulana. 2020. Menjadi Manajer yang Baik dengan Memahami Keterampilan People Management. Glints.

Malec, Melissa. 2022. People Management. Learnerbly

Glossary. People Management. Bob

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.