November 27, 2022

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS DALAM KERJA

 (@V13-Zahra)


ABSTRAK

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk pekerja dimana manusia baru dikatakan hidup bermaka apabila ia bekerja dan berkarya.  Dalam memenuhi kebutuhan hidup pun manusia perlu dan harus untuk bekerja. Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan jumlah penduduk kurang lebih 260 juta orang menurut Badan Pusat Statistik tahun 2016, hal ini menandakan banyaknya SDM yang tersedia di Indonesia. Namun jumlah sumber daya manusia yang besar ternyata belum mendorong tingginya produktivitas dalam bekerja sehingga berdampak kurang baik terhadap perusahaan dan pendapatan negara. Produktivitas kerja karyawan merupakan suatu akibat dari persyaratan kerja yang harus dipenuhi oleh setiap karyawan. Seorang karyawan yang memenuhi prasyarat kerja adalah karyawan yang dianggap mempunyai kemampuan, jasmani yang sehat, kecerdasan, dan pendidikan tertentu dan telah memperoleh keterampilan untuk melaksanakan tugas yang bersangkutan dan memenuhi syarat yang memuaskan dari segi kualitas dan kuantitas.

Kata kunci: produktivitas kerja, SDM

PENDAHULUAN

Kerasnya persaingan bisnis memaksa perusahaan - perusahaan untuk memberdayakan dan mengoptimalkan segenap sumber daya yang dimiliki perusahaan guna mempertahankan langsung hidup perusahaan tersebut. Apa lagi keberhasilan suatu organisasi atau perusahaan baik besar maupun kecil bukan semata-mata ditentukan oleh sumber daya alam yang tersedia. akan tetapi, ditentukan juga oleh kualitas sumber daya manusia. Karena dengan sumber daya manusia yang berkualitas diyakini mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan organisasi dan perusahaan yang ada.

Manusia merupakan faktor produksi yang berperan penting dalam suatu perusahaan, sebab manusia mempunyai karakteristik yang sangat spesifik dibandingkan dengan faktor produksi yang lainnya. Perbedaan karakteristik tersebut menyatakan bahwa manusia sebagai tenaga kerja merupakan motor penggerak yang mampu menghidupkan suatu perusahaan, dalam hal ini manusia menjadi subjek yang menggerakkan faktor-faktor produksi yang ada. Melihat karakter manusia yang demikian berarti Perusahaan harus memberikan perhatian khusus kepada sumber daya manusia dalam perannya sebagai seorang karyawan di perusahaan.

Produktivitas merupakan suatu masalah yang sangat penting dan sedang menjadi perhatian khusus, apalagi bagi negara yang sedang membangun seperti Indonesia. Produktivitas yang tinggi dapat menunjukkan kemajuan dan tingkat kemakmuran suatu negar. Negara yang mempunyai angkatan kerja yang besar dan sumber daya yang melimpah belum tentu memiliki produktivitas kerja yang tinggi.

PEMBAHASAN

A. Pengertian Produktivitas

Menurut Monga (dalam Winardi, 2003:82) produktivitas berarti menciptakan kekayaan melalui penciptaan, perencanaan, dan pengetahuan sehingga dapat disediakan produk-produk serta jasa-jasa yang memenuhi kebutuhan para pemakai dan yang bersifat konsisten dengan tujuan-tujuan sosial dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. Sedangkan menurut Sinungan (2005:12) lebih menekankan pada tingkat efisiensi dalam memproduksi barang-barang dan jasa-jasa: "produktivitas mengutarakan cara pemanfaatan secara baik terhadap sumber-sumber dalam memproduksi barang-barang".

B. Pengertian Produktivitas kerja

Dalam upaya mencapai tujuan perusahaan maka diperlukan usaha yang maksimal dalam proses pekerjaannya. Usaha yang maksimal didukung dengan tingginya produktivitas kerja karyawan dalam perusahaan tersebut. Produktivitas kerjanya tinggi maka akan semakin mudah bagi perusahaan untuk mencapai hasil yang maksimal. Para ekonom biasanya mendefinisikan produktivitas sebagai "ratio output" dibandingkan dengan "input fisik".

C. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas

Menurut Simanjuntak, (1985: 185) produktivitas kerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu tingkat pendidikan dan latihan, fisik dan mental, sarana-sarana penyerta, faktor kesempatan, bimbingan serta pengarahan pimpinan. Hal yang tidak jauh berbeda juga diungkapkan oleh Anoraga (1995: 71-72) produktivitas kerja karyawan itu dipengaruhi oleh pendidikan, keterampilan, disiplin, motivasi, sikap dan etika kerja, gizi dan kesehatan, tingkat penghasilan (upah), jaminan sosial, lingkungan dan iklim kerja, teknologi, sarana produksi,manajemen, dan kesempatan berprestasi.

Sedangkan menurut Hadi dalam Simanjuntak (1985: 74) menyebutkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya produktivitas adalah:

1) lamanya karyawan bekerja.

2)penggunaan waktu istirahat, seperti pada waktu istirahat sebaiknya diberikan setelah selesai produksi, sedangkan lama istirahat hendaknya tidak terlalu panjang dan tidak juga terlalu pendek oleh sebab itu, macam istirahat diberikan sesuai dengan macam pekerjaan yang telah dilaksanakan.

3) umur, pada umumnya karyawan yang tua lebih sering absen, hal ini disebabkan karena usia yang yang sudah lanjut sehingga daya tahan tubuh rendah dan semakin menurun,

4) lingkungan fisik meliputi suhu temperatur ruang kerja, penerangan, kebersihan lingkungan dan tingkat kebisingan suara,

5) kerja senada salah satu akibat yang timbul oleh modernisasi alat-alat kerja dan cara kerja baru mengakibatkan banyaknya pekerjaan senada disebabkan pengkhususan, hal ini dimaksudkan agar karyawan dapat bekerja dengan kecepatan tinggi dan korban tenaga kerja dapat diatasi sekecil mungkin,

6) latar belakang pendidikan pendidikan formal dan kursus-kursus yang telah diperoleh juga sangat mempengaruhi hasil dengan macam pekerjaan yang telah dilaksanakan.

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan dalam pengaruh atau faktor-faktor pada produktivitas kerja yaitu seorang pemimpin wajib untuk mengetahui cara-cara yang tepat untuk karyawannya sehingga mampu menghasilkan tingkat produktivitas yang tinggi untuk perusahaan dan dapat mencapai tujuan dari perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA

https://glints.com/id/lowongan/meningkatkan-produktivitas-kerja/

https://runsystem.id/id/blog/produktivitas-kerja/

https://majoo.id/solusi/detail/produktivitas-kerja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.