November 27, 2022

KEGIATAN EKSPOR DAN IMPOR MEMAJUKAN PEREKONOMIAN BAGI PERSUAHAAN SAAT INI

 (@V13-Zahra)


ABSTRAK

Pentingnya memacu kegiatan ekspor untuk memacu kegiatan ekspor untuk mendorong pertumbuhan pendapatan secara nasional. Dengan pendapatan ekonomi yang meningkat maka masyarakat menjadi sejahtera. Suatu perusahaan dikatakan sukses dan berhasil terpresentasikan melalui laju kecepatan pertumbuhan ekonominya yang tinggi yang hal itu dapat dicapai dengan salah satunya melalui ekspor dan impor. pengadaan barang merupakan hal yang penting dalam suatu dagang, karena sabgat berpengaruh terhadap jalannya suatu perusahaan dan keuntungan perusahaan. Pengadaan barang dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya yaitu dengan cara impor. Pada saat ini kegiatan mengimpor barang bukanlah hal yang sulit dan banyak yang menawarkan jasa untuk mengimpor barang.

 

PENDAHULUAN

Pertumbuhan bidang industri dan perdagangan yang cepat berdampak pada persaingan bisnis yang semakin ketat. Satu sisi persaingan memberikan efek positif sebagai motivasi melalukan evaluasi terhadap apa yang sudah dikerjakan dan di sisi berdampak sebagai ancaman perusahaan. Sebaliknya bagi konsumen semakin banyak persaingan makan semakin banyak pula pilihan untuk memilih produk yang sesuai dengan apa yang diharapkan merebut hati pelanggan.

Hubungan antara perdagangan internasional dan pertumbuhan ekonomi menjadi topik yang banyak di bahas di bidang ekonomi tetap masih kontroversial. Perdagangan merupakan salah satu alternatif untuk mencapai suatu perkembangan terutama apabila mencapai skala internasional yaitu perdagangan internasional. Dalam perdagangan internasional kegiatan jual beli dinamakan transaksi ekspor impor. Transaksi ekspor impor adalah transaksi jual beli produk antar pengusaha yang bertempat tinggal dinegara-negara yang berbeda.

 

PEMBAHASAN

1. Pengertian ekspor dan impor

Ekspor merupakan kegiatan menjual atau mengeluarkan sebuah barang atau jasa dari dalam negeri ke luar negeri. Barang atau jasa tersebut tentunya sudah memenuhi standar ketetapan dan peraturan yang berlaku di setiap negara. Kegiatan ekspor dilakukan oleh sebuah negara apabila mereka dapat memproduksi barang dalam jumlah banyak. Selain itu, barang yang diproduksi telah memenuhi kebutuhan produksi di dalam negeri.

Sedangkan impor sendiri adalah kegiatan pembelian atau memasukkan barang atau jasa ke dalam negeri dari dalam negeri untuk melengkapi keperluan masyarakat. Kegiatan impor dilaksanakan apabila sebuah negara tidak dapat memproduksi sebuah barang. Atau, produksi tersebut tidak dapat memenuhi angka kebutuhan yang diperlukan masyarakat.

 

2. Keuntungan melakukan ekspor dan impor

- mengembangkan pasar produk

Kegiatan ekspor impor ini bisa mendorong berbagai industri di seluruh dunia, sehingga bisa mendorong mereka untuk terus berinovasi. Membuat produk yang lebih baru dan efisien tentu sangat diperlukan karena tingkat persaingannya saat ini sangat kompetitif.

- meningkatkan keuntungan

Profit yang akan anda dapatkan kemungkinan akan jauh lebih besar ketika menjual produk ke luar negeri. Karena setiap negara memiliki kondisi ekonomi dan mata uang yang berbeda.

- memperluas jangkauan pasar

Seperti sudah kamu singgung sebelumnya bahwa melakukan ekspor impor akan membuat jangkauan produk anda menjadi lebih luas lagi. Dengan menjangkau lebih banyak negara, kemungkinan anda untuk mendapatkan profit tentu lebih besar lagi.

- meningkatkan skala produksi

Karena jangkauan produk anda menjadi lebih luas lagi, anda tentu saja harus memproduksinya lebih banyak lagi. Sehingga skala produksi anda akan menjadi lebih besar.

- menghindari persaingan lokal

Memiliki banyak pesaingan tentu saja bisa berefek pada bisnis anda. Anda tentu tidak ingin bukan harus banting harga dengan produsen lain? Sementara itu, kompetitor anda akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Apakah anda bisa terus bersaing dengan mereka untuk waktu yang cukup lama.

 

3. Manfaat kegiatan ekspor dan impor

• Manfaat ekspor

- mengembangkan produk dalam negeri ke pasar luar negeri

-kenaikan devisa negara

-mengembangkan lapangan kerja

• Manfaat impor

- bisa mendapatkan produk yang tidak bisa didapatkan di dalam negeri.

- mengatasi kekurangan produk dalam negeri

- memperoleh bahan baku

 

 KESIMPULAN

itulah sedikit ulasan tentang tujuan ekspor dan impor serta beberapa manfaatnya. Ekspor dan impor merupakan kegiatan perdagangan antar negara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kegiatan ekspor maupun impor memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda-beda, namun alasan utama dari kedua kegiatan tersebut adalah untuk menjalin hubungan yang baik dan kerjasama antar negara.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://sip-exim.co.id/news/detail-articles/tujuan-ekspor-dan-impor

https://www.jurnal.id/id/blog/keuntungan-utama-dari-kegiatan-ekspor-sbc/

https://marksharetraining.co.id/tujuan-dan-manfaat-kegiatan-ekspor-impor-bagi-perusahaan/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.