November 03, 2022

Kenali Potensi Diri Wirausaha untuk Kesuksesan Usaha

 

Kenali Potensi Diri Wirausaha untuk Kesuksesan Usaha


Putri Virginia Valensi (@V26- Virginia)

Abstrak

Sebagai usaha dalam menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan. Menjadi Wirausaha, sudah merupakan pilihan yang tepat untuk Insan Muda dan Generasi saat ini, karena dengan berwirausaha, akan memiliki kehidupan dan penghidupan mandiri yang lebih jelas dan membuat kita lebih percaya diri dengan usaha sendiri yang patut dibanggakan. Kegagalan dari usaha diduga dikarenakan  sikap  yang  kurang  sungguh-sungguh dalam  berusaha dan mengenali  potensi  diri  yang  ada  dalam  diri Wirausaha. Sedikit  tidaknya  dengan  mengenali  potensi  diri  yang ada  dalam  diri wirausaha dapat  memberikan  gambaran  tentang seberapa jauh seseorang  tersebut  merasa  dirinya  perlu  memperbaiki  diri  dan  belajar  agar  lebih baik  lagi.

Kata Kunci: Potensi Diri, Kewirausahaan

Abstract

As an effort to cultivate an entrepreneurial spirit. Becoming an entrepreneur is already the right choice for young people and the current generation, because with entrepreneurship, you will have a clearer life and independent life and make us more confident with our own business that we should be proud of. The failure of a forgotten business due to an attitude that is less serious in trying and recognizing the potential that exists in Entrepreneurs. Recognizing entrepreneurial self-potential can be assessed from six aspects, namely: personality, self-discipline, creativity, drive/desire, courage to face risks, and self-confidence. At least by recognizing the potential that exists in entrepreneurs can provide an idea of ​​how far a person feels that he needs to improve himself and learn to be even better.

Keywords: Self Potential, Entrepreneurship

Pendahuluan

Kewirausahaan mengalami perkembangan yang cukup pesat di berbagai negara. Kewirausahaan tidak hanya berperan dalam meningkatkan output dan pendapatan per kapita, namun melibatkan pengenalan atau penerapan perubahan dalam struktur bisnis maupun masyarakat. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan ikut memiliki andil dalam mendorong praktikpraktik kewirausahaan yang pada akhirnya memunculkan berbagai penemuanpenemuan produk dan jasa baru bagi konsumen. Hal ini tentunya membuka peluang kerja baru, membuka pasar baru, dan dalam jangka panjang akan mampu menciptakan pertumbuhan usaha di berbagai sector. Di negara yang sedang berkembang, usaha-usaha yang banyak tumbuh di masyarakat umumnya tergolong sebagai usaha kecil. Fakta ini menunjukkan bahwa usaha kecil merupakan mayoritas kegiatan masyarakat yang memberikan kontribusi signifikan terhadap penciptaan pendapatan penduduknya. Beberapa fakta tersebut antara lain: 40% dari volume bisnis di banyak negara dilakukan oleh usaha kecil, 75% dari perkerjaan baru dihasilkan oleh sektor usaha kecil. Memang keberadaan pengusaha kecil dan menengah merupakan proses awal perkembangan industrialisasi di daerah, tapi kenyataannya di lapangan, masih banyak kendala yang dihadapi oleh usaha kecil dan menengah. kendala intern yang dihadapi oleh pengusaha kecil yang mengalami kegagalan yaitu kualitas SDM yang masih rendah, lemahnya akses dan pengembangan pangsa  pasar, lemahnya struktur pemodalan, terbatasnya penguasaan teknologi, lemahnya organisasi dan manajemen, serta terbatasnya jaringan usaha dan kerjasama dengan pelaku-pelaku ekonomi lainnya. Untuk menghadapi kendala tersebut, seorang pengusaha harus memiliki pondasi yang kuat sebelum mendirikan dan menjalankan usahanya. Seorang pengusaha harus memiliki orientasi kewirausahaan untuk menghadapi persaingan dan tekanan pasar yang terus meningkat

Permasalahan

Dari Pendahuluan diatas dapat kita mendapatkan suatu masalah , yaitu pada kewirausahaan atau usaha kecil yang sering mengalami kegagalan dalam usahanya.

Pembahasan

Dari permasalahan diatas dapat kita harus memiliki rasa Kebanggaan akan sebuah komitmen dalam memiliki sebuah usaha, terlebih akan memberikan penguatan dan keunggulan diri sendiri untuk menerapkan segenap kemampuan diri dan ide-ide kreatif yang akan tertuang dalam konsep usaha yang memang menjadi icon.  Begitu pula jenis usaha yang dipilih, akan senantiasa memberikan warna dan citra diri, bila dijalani dengan passionnya sendiri, sehingga kita akan lebih mencintai pekerjaan sebagai pelaku usaha dengan kenyamanan tersendiri. Secara umum, Wirausaha bisa diartikan sebagai orang yang membangun/ membuat/mendirikan suatu usaha/perusahaan. Leadership” dalam wirausaha bisa dimaknai sebagai kemampuan seseorang dalam memimpin orang lain. Maka dari itu kita harus kenali potensi diri , berikut ini suatu cara yang dapat membuat kita mampu menilai kualifikasi untuk memulai dan mengelola bisnis baru agar berhasil, yaitu sebagai berikut:

1.     Kemampuan Inovatif

2.     Keinginan untuk Berprestasi

3.     Kemampuan Perencanaan Realistis

4.     Kepemimpinan Terorientasi pada Tujuan

5.     Objektivitas

6.     Tanggung Jawab Pribadi

7.     Kemampuan Beradaptasi

8.     Kemampuan sebagai Pengorganisasi dan Administrator

Karakter yang perlu dimiliki oleh para wirausahawan dalam memimpin, yaitu :

       Keberanian untuk Bertindak (Dare to Act)

       Membangun Tim yang Solid (Build a Solid Team)

       Menjadi Pendengar yang Baik (Eager to Learn)

       Berani Mengambil Risiko

       Memiliki Kepercayaan Diri (Self Confident)

Penilaian    potensi    diri    melalui beberapa tahap dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut :

1)Menentukan jumlah skor dari masing – masing  aspek  yang  diperoleh  dari data  tabulasi  yang  telah  dilakukan terhadap hasil penyebaran kuesioner

2)Menjumlahkan  nilai  dari  masing –masing aspek secara total.

3)Menterjemahkan nilai total yang diperoleh ke dalam pengkategorian potensi diri wirausaha.

4)Menganalisis dan menginterpretasikan hasil pengolahan data untuk selanjutnya dideskripsikan.

5)Pengambilan kesimpulan.

Mengenali potensi diri wirausaha dapat dinilai dari enam aspek,yaitu:

1.     kepribadian, 

2.     disiplin  diri, 

3.     kreativitas, 

4.     dorongan/keinginan, 

5.     keberanian  menghadapi risiko, 

6.     dan  kepercayaan  diri. 

Kesimpulan

Banyak orang mengartikan kesuksesan  itu  dengan  ukuran  materi.Namun   kesuksesan   yang   sebenarnya adalah  kemampuan  diri kita untuk mengenali  potensi  yang  terdapat  dalam diri  kita  sendiri  dan  memaksimalkannya menjadi sebuah kompetensi, dan kompetensi   tersebut   digunakan   untuk meraih  sesuatu  yang  lebih  baik. Jika potensi  yang  ada  dalam  diri  kita  adalah menjadi  seorang  pengusaha  maka  kita harus    memaksimalkan    potensi    kita tersebut.

Daftar Pustaka

Bahan ajar PPT pekan 2 Kewirausahaan II

Rosyad, Achmad. 2018. Menggali potensi diri untuk lebih percaya diri menjadi wirausaha. Jawa Barat

Suwena, Kadek Rai. 2015. PENTINGNYA PENILAIAN POTENSI DIRI WIRAUSAHA SEBAGAI PONDASI ​​UNTUK MENSUKSESKAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW). Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.