November 30, 2022

Memahami Brand Identity dan Manfaatnya bagi Perusahaan

 


Indah Permata Widayanti (@V11-WIDAYANTI)

 

 

Abstrak

Brand identity adalah salah satu faktor terpenting untuk membentuk persepsi orang-orang terhadap bisnis yang kita jalankan. Membentuk persepsi sangatlah penting karena setiap perusahaan tentunya memiliki value yang ingin disampaikan kepada para penggunanya. Selain itu, brand identity juga akan membuat brand kita lebih unik sehingga dapat digunakan sebagai pembeda dari brand perusahaan lainnya.

Kata kunci : Brand identity, bisnis, value


Pendahuluan

Brand identity adalah kumpulan semua elemen yang diciptakan perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat bagi konsumennya. Saat sebuah brand sudah memiliki brand identity yang kuat pasti akan mudah dikenali oleh banyak orang. Bahkan, mereka bisa menjadi sangat loyal karena telah memiliki persepsi yang baik terhadap brand tersebut. Jadi, selain menjadi pembeda dari kompetitor, brand identity juga dapat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan customer loyalty. Sayangnya sampai saat ini masih cukup banyak orang yang kurang paham perbedaan brand identity dengan branding. Istilah branding saat ini memang sudah cukup umum. Namun, branding adalah istilah yang mengacu pada praktik pemasaran secara aktif untuk membentuk brand. Sementara itu, brand identity adalah elemen-elemen yang diciptakan perusahaan agar bisa terlihat berbeda dari kompetitor sehingga bisa menimbulkan persepsi khusus bagi penggunanya.


Pembahasan

Membentuk Brand Identity yang Kuat

1.      Lakukan riset pasar

Melakukan riset pasar adalah suatu keharusan sebelum perusahaan mulai merencanakan strategi untuk membentuk brand identity.

2. Tetapkan nilai khas dari brand

    Salah satu hal terpenting dari brand identity adalah nilai brand untuk memengaruhi persepsi dari            konsumen.

3.  Buat Strategi yang Tepat

     Brand identity tidak bisa dikembangkan dalam waktu yang singkat. Untuk membangunnya harus         selalu konsisten dan memerlukan waktu yang panjang.

4.      Buat desain brand yang menarik

Salah satu elemen paling menonjol dari brand identity adalah desain dari brand. Oleh karena itu, perusahaan harus membuat desain mulai dari logo, website, hingga packaging yang menarik dan memorable.

Manfaat Brand Identity Bagi Perusahaan

A.    Lebih mudah dikenali pelanggan

B.     Mudang bersaing dengan competitor

C.     Lebih mudah mendapatkan pelanggan yang loyal

D.    Meningkatkan profit perusahaan

 

Kesimpulan

Brand Identity merupakan suatu elemen yang wajib dimiliki oleh suatu perusahaan karena corporate identity memegang peranan penting dalam mengkomunikasikan visi dan misi suatu perusahaan yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Dengan logo dan corporate identity yang baik dan tepat maka dapat menimbulkan dampak positif kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.

 

Daftar Pustaka

https://glints.com/id/lowongan/brand-identity-adalah/#.Y4cH7HZBzIU

https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/247080/File_12-BAB-IV-Penutup.pdf

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.