November 20, 2022

MENGENAL APA ITU EVALUASI BISNIS DALAM KEWIRAUSAHAAN


 Rajib Fahmi (@V27-Rajib)

Abstrak

Perkembangan bisnis saat ini telah memasukira globalisasi, dimana terjadi pergerakan komuditas ,modal,dan juga manusia yang seolah tanpa batas menembus ke segala penjuru dunia modal paling utama dlam bisnis adalah nama dan kepercayaan. Ukuran etika dan sopan santun dalam dunia bisnis sangatlah keras, kalaulah ada perusahaan yang melangar etika, mereka lebih banyak hukuman dari masyarakat, dibandingkan dari pemerintah karena pada dasarnya juga masyarakat bisnis itu punya jaringan tersendiri, yang sangat luas dan efektif, sehingga setiap pengusaha yang berbuat curang atau tidak etis, maka namanya akan segera tersiar, hal itu tentunya akan merusak nama baiknya sendiri. Etika bisnis itu tidak hanya terlihat dalam hubungan antara pengusaha saja, namun jaga terkait hubungan dengan pemerintah dan tentunya masyarakat. Walaupun sejauh ini ukuran etis atau tidak etisnya praktik perusahan dalam masyarakat masih susah diukur, namun paling tidak kita bisa kembalikan ke hati nurani pengusaha itu sendiri.

Kata kunci: etika, bisnis, sopan santun, kepercayaan

 

Pendahuluan

Persaingan bisnis sekarang ini kian hari kian sulit, masuknya perusahaan baru akan membuat banyak perusahaan berlomba-lomba untuk mendapatkan loyalitas dari konsumernya dan menghadapi para kompetitor mereka. Agar suatu perusahaan bisa berkompetisi dan terus bertahan menghadapi persaingan yang semakin ketat diperlukan adanya strategi-strategi tertentu yang cocok dengan perusahaan bentuk dan kebutuhan. Sebab lingkungan bisnis secara global akan terus menerus berubah dan menjadi sangat kompleks, yang perubahannya sangat cepat dan belum pernah terjadi sebelumnya (Mason, 2007).

 

 

 

Pembahasan

Evaluasi bisnis adalah sebuah aktivitas yang bertujuan untuk mengukur kinerja bisnis secara keseluruhan. Penilaian kinerja ini meliputi aspek ekonomi, kesehatan bisnis, dan indikator bisnis lainnya.Evaluasi usaha dimulai dengan memantau setiap proses bisnis yang dijalankan. Kemudian, hasil pemantauan tersebut akan dianalisis untuk mengetahui apakah bisnis mengalami kemajuan atau kemunduran, dan apa saja pencapaian yang telah diraih bisnis.Selain demi kepentingan bisnis, evaluasi usaha juga bermanfaat bagi pengusaha secara personal. Sebab, proses ini bisa dijadikan pengusaha sebagai saran untuk belajar, mengevaluasi diri, dan meningkatkan kapasitas diri.

 

 

 

 

Evaluasi usaha adalah sebuah proses untuk menentukan bagaimana nilai bisnis saat ini dengan menggunakan indikator yang objektif. Adapun berbagai aspek bisnis yang perlu dianalisis termasuk:

 

·         Kinerja manajemen perusahaan

·         Prospek pendapatan

·         Nilai aset

·         Pajak

·         Cash flow

·         Struktur Modal

·         Aktivitas Operasional

·         Nilai ekonomi

·         Pendapatan

·         Karyawan

·         dan lain-lain

Dilakukannya evaluasi usaha bertujuan untuk mengukur sejauh mana keberhasilan bisnis. Namun, jika perusahaan mengalami kegagalan, evaluasi dilakukan guna menemukan solusi terbaik.Nantinya, hasil evaluasi usaha bisa dijadikan sebagai indikator penyusunan rencana dan strategi bisnis terbaru agar bisnis bisa terus berkembang.

 

Ada empat fungsi evaluasi usaha yang perlu Anda ketahu, yakni:

·      Fungsi Diagnosis

Fungsi diagnosis bertujuan untuk mengevaluasi apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan perusahaan.

 

·      Fungsi Penempatan

Perusahaan melakukan evaluasi untuk menilai apakah penempatan posisi pekerja dan bidang bisnis lainnya sudah tepat atau belum.

 

·       Fungsi Selektif

Fungsi ini berkaitan dengan berkaitan dengan penialaian kelayakan bisnis dalam menjalankan kegiatan operasional dan mencapai tujuan bisnis.

 

·       Fungsi Pengukuran Keberhasilan

Evaluasi usaha dilakuka ketika tim manajemen telah menjalankan strategi bisnisnya. Kemudian, mereka akan mengukur keberhasilan strategi tersebut dan apa saja faktor yang terkait.

Jadi, evaluasi usaha harus dilakukan secara rutin agar Anda mengetahui bagaimana bisnis bekerja. Evaluasi usaha juga akan meminimalisir terjadinya risiko bisnis dan mengoptimalkan strategi bisnis Anda.

 


Berikut ini adalah beberapa aspek yang perlu divelasi dalam menjalankan bisnis:

1. Posisi Bisnis secara Keseluruhan

Pada awal pendirian bisnis, Anda tentu mempunyai target yang perlu dicapai dan sejumlah strategi yang harus ditempuh untuk mencapai target tersebut. Nah, evaluasi usaha akan membantu Anda mengetahui pencapaian bisnis secara menyeluruh.Misalnya saja, Anda menjadikan pendapatan dan pemasukan bisnis per bulannya untuk menilai kesuksesan bisnis.

 

2. Kinerja dan Arah Bisnis

Untuk mengoptimalkan kinerja bisnis, Anda perlu menentukan pasar mana yang harus dituju, produk atau layanan seperti apa yang harus dibuat, dan bagaimana bisnis Anda bisa terus berkembang.

 

Sebelum itu, Anda perlu menyusun rencana pemasaran agar bisa menentukan target pasar pelanggan Anda. Demikian juga, Anda perlu menimbang berbagai faktor yang menyebabkan dinamika pasar. Contohnya perkembangan teknologi, perubahan kebutuhan konsumen, dan analisis kompetitif.

3.Keuangan

Banyak bisnis yang berakhir bangkrut dikarenakan buruknya perencanaan dan pengelolaan keuangan. Jika Anda tak ingin bernasib sama, Anda perlu menerapkan manajemen keuangan yang baik karena ini sangat penting bagi bisnis.

 

Ketika ingin mengevaluasi keuangan bisnis, Anda dapat mempertimbangkan berbagai aspek keuangan seperti proyeksi arus kas, modal, laba rugi, pendapatan, hutang, dan aspek lainnya.

 

Mengelola keuangan bisnis semakin mudah dilakukan dengan menggunakan software akuntansi online seperti Kledo. Software ini akan membantu Anda mengelola keuangan lebih mudah dan praktis karena dilakukan secara otomatisasi.

 

 

Kesimpulan

Evaluasi bisnis adalah bagian penting dalam menjalankan usaha. Dengan melakukan evaluasi secara rutin, Anda bisa menemukan mana saja aspek yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi.Keuangan merupakan salah satu aspek terpenting dalam proses evaluasi. Diperlukan berbagai data keuangan yang akurat supaya bisa menilai kinerja bisnis yang sesungguhnya.

 

 

 

 

Refrensi

https://media.neliti.com/media/publications/236267-evaluasi-tentang-pengetahuan-kewirausaha-32e776a3.pdf

file:///C:/Users/User/Downloads/18-Article%20Text-28-1-10-20200627.pdf

https://kledo.com/blog/evaluasi-bisnis/

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar