November 13, 2022

MOTIVASI USAHA UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT WIRAUSAHAAN

 (@V40-RAHMAT)


Pada dasarnya, meningkatkan motivasi usaha bisa dilakukan dengan cara pantang menyerah dan tidak patah semangat. Akan tetapi, para pebisnis pemula terkadang mudah menyerah di tengah jalan. Maka dari itu, berikut ini ada 10 cara meningkatkan motivasi usaha untuk pebisnis pemula yang baru memulai bisnis.


1. Melihat kesuksesan pengusaha lain sebagai motivasi

Motivasi usaha pertama yang bisa kamu lakukan adalah melihat pengusaha lain sebagai contoh. Tidak bisa dipungkiri jika seorang pengusaha yang terkenal memiliki kisah-kisah yang sangat menarik. Hal tersebut menjadikannya seorang idola untuk para pebisnis pemula.


Dengan melihat kisah suksesnya, maka motivasi untuk usaha bisa terbentuk di dalam diri sendiri. Secara otomatis, rasa semangat pun bisa lebih meningkat. Maka dari itu, cobalah kamu cari kisah pengusaha sukses yang bisa dijadikan motivasi di dalam diri ketika membangun bisnis.


2. Memiliki tujuan yang harus dicapai saat ini

Untuk mendapatkan motivasi usaha, seorang pebisnis juga harus memiliki tujuan yang ingin dicapai. Baik itu saat pertama kali mencoba atau ketika sedang berjalan. Tujuan bisnis tersebut pastinya harus detail sehingga bisa tercapai sedikit demi sedikit.


Maka dari itu, sebelum mewujudkan tujuan besar yang mungkin masih jauh, cobalah penuhi target yang bisa dilakukan saat ini. Jika satu target berhasil dicapai, maka bisa berlanjut ke target berikut dan begitu seterusnya. Dengan begitu, motivasi kamu akan terus ada untuk mencapai target tersebut.


3. Jagalah kesehatan

Saat kamu menjadi seorang pebisnis pemula, maka berbagai rintangan akan sering kamu hadapi setiap harinya. Di sinilah cara meningkatkan motivasi usaha adalah dengan menjaga kesehatan.


Berbagai rintangan dan halangan tentunya bisa memberikan dampak besar pada kesehatanmu. Penyakit yang paling sering dialami oleh pengusaha adalah stres dan bahkan depresi.


Maka dari itu, kamu bisa mengelola stres tersebut agar jangan sampai memengaruhi kesehatan badan. Konsumsilah makanan dan minuman bergizi, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan lakukan gaya hidup sehat agar mental dan fisik tetap fit.

 

4. Aktif dalam komunitas pengusaha

Cara lainnya dalam meningkatkan motivasi bisnis adalah dengan aktif pada komunitas pengusaha. Hal itu dikarenakan seorang pengusaha pasti membutuhkan teman atau kelompok agar usahanya berkembang. Khususnya untuk para pebisnis pemula yang jarang memiliki koneksi.


Saat kamu bertemu dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama, maka itu bisa menambah motivasi usaha ke depannya. Bahkan di dalam komunitas juga biasanya akan saling memberikan informasi tentang usaha sukses di masa depan. Jadi, hal ini jangan sampai kamu lewatkan begitu saja.


5. Selalu jaga pengelolaan keuangan usaha

Di dalam sebuah bisnis, pengelolaan keuangan merupakan poin penting. Jika sistem pengelolaannya buruk, maka usahanya tidak akan berjalan mulus. Akibatnya, motivasi usaha bisa turun dan bahkan terancam dalam kebangkrutan. Di sinilah para pebisnis pemula harus paham betul soal ini.


Saat ini, pengelolaan keuangan usaha dapat diproses menggunakan sebuah software. Dengan begitu, kamu bisa mengaturnya di mana pun dan kapan pun sesuai keinginan.


Jika dirasa terlalu mahal untuk menggunakan software, kamu bisa mengelola keuangan dengan cara manual. Hanya saja, untuk sistem manual, kamu harus sangat teliti karena efeknya sangat terasa di masa depan.


6. Selalu apresiasi pencapaian diri sendiri

motivasi usaha apresiasi pencapaian diri sendiri


Banyak sekali orang-orang yang dengan mudah memberikan pujian pada orang lain. Akan tetapi, sangat jarang orang-orang memuji pencapaian dirinya sendiri. Padahal, dengan mengapresiasi diri sendiri bisa menumbuhkan motivasi usaha dalam meraih target tertentu.


Selain itu, apresiasi pencapaian diri sendiri juga sebagai bentuk menghargai kerja keras selama ini. Secara psikologis, hal itu bisa memberikan semangat lebih agar bisa lebih baik lagi di masa depan. Maka dari itu, cobalah renungkan apa saja target yang berhasil dicapai saat ini dan berterima kasihlah pada diri sendiri.

 

7. Melakukan hal-hal yang inspiratif

Untuk para pebisnis pemula, melakukan hal-hal yang inspiratif bisa meningkatkan motivasi usaha. Contohnya bisa dengan mendengarkan podcast, menonton film inspiratif, atau bisa mendengarkan lagu-lagu yang membangkitkan semangat. Cara tersebut cukup ampuh untuk meningkatkan motivasi pada usaha yang tengah dirintis saat ini.


Kamu bisa melakukan aktivitas tersebut di mana saja seperti rumah, kafe, atau tempat santai lainnya. Jika merasa motivasi untuk usaha sudah terkumpul, cobalah kerjakan kembali bisnismu dan akan terasa perbedaannya dibanding sebelumnya.


8. Tetap fokus pada apa yang dikerjakan saat ini

Meskipun sudah membuat daftar yang dilakukan setiap hari, namun belum tentu hal tersebut berjalan sesuai rencana. Maka dari itu, seorang pebisnis pemula harus bisa meningkatkan motivasi untuk usaha dengan cara selalu fokus pada apa yang dikerjakan saat ini. Apalagi, di dalam dunia usaha, kehilangan fokus sangat rentan dialami.


Untuk bisa selalu fokus, kamu bisa siapkan alarm atau pengingat sebagai acuan. Tentunya alarm ini bukan orang lain, tetapi diri kamu sendiri.


Hal itu bisa memberikan motivasi seperti fokus setiap saat. Kamu bisa menyimpan alarm atau pengingat seperti memakai catatan di smartphone atau tempel kertas di dinding. Hal tersebut bisa membangkitkan kembali motivasi usaha dalam kondisi apa pun.


9. Selalu buat jadwal setiap hari

Poin yang satu ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Hanya di sini, kamu harus membuat jadwal atau agenda setiap hari agar tetap produktif. Dengan membuat jadwal tersebut, maka kamu akan selalu ada motivasi usaha dan siap menghadapi kegiatan untuk mencapai tujuan.


Pada dasarnya, membuat jadwal ini juga berhubungan dengan tujuan yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Dengan menerapkan jadwal tersebut, maka berbagai tujuan kecil hingga besar bisa diselesaikan secara bertahap.


Walaupun ada rintangan atau masalah ke depannya, maka kamu bisa bisa melewatinya karena sudah ada solusinya melalui jadwal tersebut.


10. Selalu nikmati hari-hari yang sudah dilalui

Poin terakhir untuk bisa meningkatkan motivasi usaha adalah nikmati hari-hari yang sudah dilalui. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dalam membangun sudah akan selalu berhadapan dengan rintangan dan masalah. Di sinilah kamu harus menghadapinya dibandingkan menghindarinya.


Dengan selalu menikmati hari-hari yang sudah dilalui, maka motivasi kamu sebagai pebisnis bisa tumbuh dengan sendirinya. Apalagi, dengan menikmati setiap cobaan yang datang, hal itu bisa menempa mental dirimu sendiri untuk mencapai kesuksesan.


Reference: https://mitra.bukalapak.com/artikel/motivasi-usaha-116643 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar