November 03, 2022

Pelatihan Motivasi dan Kewirausahaan di dalam Tim

 

Indah Permata Widayanti (@V11-WIDAYANTI)

 

Abstrak

Komitmen kelompok sangatlah penting bagi para anggota kelompok yang sedang dalam proses pembelajaran maupun tahap pengembangan untuk meningkatkan kelompoknya. Kelompok yang berkembang disebabkan anggotanya memiliki pemikiran yang kreatif dan semangat melakukan apa yang sudah dipikirkan, anggotanya yang seperti itu merupakan anggota yang memiliki emosional berkomitmen pada kelompoknya dan pada diri sendiri. Namun karena pengetahuan peserta tentang konsep motivasi dan kewirausahaan masih sangat rendah maka mereka membutuhkan pembinaan lebih lanjut agar dapat menerapkan kedua konsep tersebut. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pelatihan teamwork dapat digunakan untuk meningkatkan komitmen kelompok.

Kata kunci : Pelatihan tim, motivasi, komitmen kelompok

 

Pendahuluan

Sebuah organisasi bisnis ataupun organisasi bidang lain, team work sangat penting. Karena dengan kerjasama tim, di dalamnya ada sebuah persenyawaan antar berbagi potensi sehingga tujuan organisasi bisa tercapai dengan mudah. Kerjasama yang baik dan yang didasarkan pada kebersamaan menghasilkan sebuah ekspektasi. Tetapi yang namanya kerjasama tim merupakan ucapan yang sulit diwujudkan, berbeda dengan pengucapannya seringkali diulang dan dikemas dalam tatabahasa yang enak didengar.

Pengertian team work adalah sebuah sistem pekerjaan yang kerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama. Team Work merupakan suatu bentuk kerja sama dalam beberapa sumber daya manusia, berasal dari latar belakang yang berbeda, kedudukannya sama, dan eksis dalam berorganisasi atau perkantoran untuk menjalankan komitmen dan meraih tujuan yang sama. Kerja sama dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan dalam mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja. Kerja sama dalam tim kerja akan menjadi suatu daya dorong yang memiliki energi dan sinergisitas bagi individu-individu yang tergabung dalam kerja tim.

 

Pembahasan

Sebagaimana disampaikan oleh beberapa ahli tentang pengertian teamwork, sebagaimana disampaikan oleh Tracy (2006) menyatakan bahwa teamwork merupakan kegiatan yang dikelola dan dilakukan sekelompok orang yang tergabung dalam satu organisasi. Tim beranggotakan orang-orang yang memiliki keahlian yang berbeda-beda dan dikoordinasikan untuk bekerja sama dengan pimpinan. Terjadi saling ketergantungan yang kuat satu sama lain untuk mencapai sebuah tujuan atau menyelesaikan sebuah tugas. Dengan melakukan teamwork diharapkan hasilnya melebihi jika dikerjakan secara perorangan.

Tim yang efektif adalah sebuah tim yang memungkinkan anggotanya untuk bisa menghasilkan penyelesaian tugas yang lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan hasil kerja perorangan karena hasil kerjanya merupakan hasil dari kontribusi anggota-anggota tim secara bersama-sama. Anggota-anggotanya saling berkolaborasi untuk mencapai tujuan. Konsep-konsep teamwork dapat digambarkan sebagai berikut :


Dari pengertian, kerangka konsep tersebut dapat disimpulkan bahwa defenisi teamwork secara operasional merupakan konsep kehidupan manusia itu sendiri yang dilahirkan secara fitrah bahwa manusia sebagai makhluk sosial senantiasa membutuhkan orang lain. Meskipun hidup berkecukupan, kecerdasan yang cukup dan kekuatan fisik yang cukup, ia akan selalu membutuhkan lingkungan dimana dia bisa berbagi, saling memberi support dan bergotong royong. Manusia tidak hanya membutuhkan agama, ilmu pengetahuan, atau hiburanatau kesenian, tetapi juga kebersamaan. Semuanya diperlukan. Karena dengan agama hidup lebih terarah, dengan pengetahuan hidup akan lebih mudah, dengan seni hidup lebih indah dan dengan kebersamaan hidup akan lebih berfaidah.

 

Kesimpulan

Dalam definisi singkat, teamwork merupakan serangkaian nilai, sikap dan perilaku dalam sebuah tim. Sehingga tidak selalu terdiri dari sekumpulan orang dengan gaya, sikap, maupun cara kerja yang sama. Perbedaan antar tim justru merupakan potensi yang akan membuat sebuah tim menjadi kreatif dan inovatif. Untuk mencapai kerjasama tim yang baik perlu ditumbuhkan sikap positif di antara anggota tim. Antara lain kebiasaan untuk saling mendengarkan sehingga tercipta komunikasi yang baik, memberikan dukungan kepada anggota tim yang membutuhkan, dan apresisasi terhadap kontribusi dan pencapaian yang diperoleh dari setiap anggota tim.

 

Daftar Pustaka

Ed. Drucker, P.F. 1985. Innovation and Entrepreneurship, Practice and Principles, New York.

Muhammad Kadafi, (Staf Pengajar Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda) Pentingnya kerjasama tim dan orientasi hasil terhadap kinerja karyawan.

Bygrave, William D. 1997. The Portable MBA in Entrepreneurship, John Willey & Sons, Inc. @nd, New York.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.