November 13, 2022

PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN

 


Oleh : Ryan Setya Rama (V17-RYAN)

ABSTRAK

Budaya perusahaan adalah nilai peranan yang dapat dipercaya dan melekat dalam aktivitas perusahaan, dapat diwujudkan secara berkelanjutan oleh perilaku karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan. Pada artikel ini dibahas bagaimana terbentuknya budaya perusahaan dan peran budaya perusahaan, sehingga faktor-faktor tersebut mempengaruhi kinerja seorang karyawan. Didapatkan hasil bahwa budaya perusahaan sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Karena suatu budaya serta aturan perusahaan selaras, maka akan mempercepat keberhasilan perusahaan dengan begitu kesejahteraan karyawan juga akan terrealisasi.

Kata kunci: Budaya Perusahaan, Pengaruh, Kinerja

 

PENDAHULUAN

Sumber daya manusia merupakan salah satu unsur penting penentu keberhasilan organisasi. Menurut Edi Sutrisno (2009:3) sumber daya manusia (SDM) merupakan satu-satunya sumber daya yang memiliki akal, perasaan, keinginan, keterampilan, pengetahuan, dorongan, daya, dan karya (rasio, rasa, dan karsa). Sehingga jika dikelola dengan baik mampu memberikan kontribusi atau sumbangan bagi kemajuan organisasi secara efektif. Koesmono (dalam Heriyanti 2007) mengemukakan bahwa secara spesifikbudaya dalam organisasi akan ditentukan oleh kondisi kerja tim, kepemimpinan dan karakteristik organisasi serta proses administrasi yang berlaku.

Implementasi budaya perusahaan yang kuat akan mempermudah perusahaan guna mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga kesejahteraan karyawan dapat terlaksana. Apabila suatu budaya serta aturan perusahaan selaras, maka akan mempercepat keberhasilan perusahaan dengan begitu kesejahteraan karyawan juga akan terrealisasi. Budaya Organisasi atau perusahaan tidak akan berkembang denga baik dan maju tanpa adanya fondasi budaya yang kuat, setelah fondasi budaya menjadi kuat maka akan berdampak cukup baik kepada strategi yang ditelah ditata untuk mendapatkan sebuah tujuan yang sudah dibentuk   dan ditetapkan saat membangun fondasi. Budaya perusahaan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja suatu karyawan, baik buruknya suatu kinerja bisa dilihat dan  dinilai dari suatu budaya perusahaan. Apabila suatu budaya perusahaan memiliki kecenderungan yang tidak baik pasti akan menimbulkan suatu kinerja yang tidak maksimal,begitupula sebaliknya berlaku pada suatu budaya perusahaan yang cenderung berjalan dengan baik dan terarah nantinya akan menimbulkan suatu hasil kerja yang baik.

 

PEMBAHASAN

a.     Pengertian Budaya Perusahaan

Menurut Poerwanto dalam bukunya yang berjudul Budaya Perusahaan (2008, p. 16), mendefinisikan budaya perusahaan sebagai: “Seperangkat asumsi yang dibangun dan dianut bersama oleh organisasi sebagai moral dalam beradaptasi dengan lingkungan eksternal dan proses integrasi internal”. Jadi pada dasarnya, Corporate Culture atau budaya perusahaan mempunyai pengertian sebagai “Aturan main yang ada di dalam perusahaan yang akan menjadi pegangan dari Sumber Daya Manusia (SDM)-nya dalam menjalankan kewajibannya dan nilai-nilai untuk berprilaku di dalam organisasi tersebut”.  

 

b.     Terbentuknya Budaya Perusahaan

Schein yang dikutip Poerwanto dalam bukunya yang berjudul “Budaya Perusahaan” (2008, p. 24) menjelaskan bahwa pada dasarnya budaya muncul dari tiga sumber, yaitu:

1)     Keyakinan-keyakinan, nilai-nilai dan asumsi dari para pendiri organisasi.

2)     Belajar dari pengalaman yang dilakukan oleh para anggota kelompok sebagaimana perkembangan organisasi.

3)     Keyakinan-keyakinan, nilai-nilai, dan asumsi-asumsi baru yang dibawa masuk oleh pimpinan dan anggota baru.

Budaya perusahaan yang terbentuk banyak ditentukan oleh beberapa unsur, yaitu:

1)     Lingkungan usaha. Lingkungan di mana perusahaan itu beroperasi akan menentukan apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan tersebut untuk mencapai keberhasilan.

2)     Nilai-nilai (values). Merupakan konsep dasar dan keyakinan dari suatu organisasi.

3)     Panutan atau keteladanan. Orang-orang yang menjadi panutan atau teladan karyawan lainnya karena keberhasilannya.

4)     Upacara-upacara (rites and ritual). Acara-acara rutin yang diselenggarakan oleh perusahaan dalam rangka memberikan penghargaan pada karyawannya.

5)     Network. Jaringan komunikasi informal di dalam perusahaan yang dapat menjadi sarana penyebaran nilai-nilai dari budaya perusahaan.

 

c.      Peran Budaya Perusahaan

Poerwanto dalam bukunya yang berjudul “Budaya Perusahaan” (2008, p. 26), menyebutkan bahwa secara spesifik budaya mempunyai lima peran, yaitu:

1)     Budaya memberikan rasa memiliki identitas dan kebanggaan bagi karyawan, yaitu menciptakan perbedaan yang jelas antara organisasinya dengan yang lain.

2)     Budaya mempermudah terbentuknya komitmen dan pemikiran yang lebih luas daripada kepentingan seseorang.

3)     Memperkuat standar perilaku organisasi dalam membagun pelayanan superior pada pelanggan.

4)     Budaya menciptakan pola adaptasi.

5)     Membangun sistem kontrol organisasi secara menyeluruh.

Deal dan Kennedy yang dikutip Poerwanto dalam bukunya “Budaya Perusahaan”, (2008, p. 26) mengatakan bahwa pada perusahaan yang dikelola dengan baik, setiap orang dalam organisasi menganut budaya mereka. Budaya yang kuat berperan dalam dua hal, yaitu:

1)     Mengarahkan perilaku. Karyawan mengerti bagaimana harus bertindak dan apa yang diharapkan dari mereka.

2)     Budaya yang kuat memberi karyawan pengertian akan tujuan, dan membuat mereka berpikiran positif terhadap perusahaan. Mereka mengerti apa yang ingin dicapai perusahaan mencapai sasaran tersebut. Budaya berfungsi sebagai perekat yang menyatukan organisasi. Jika organisasi memiliki budaya yang kuat, organisasi dan karyawannya akan memiliki perilaku yang seiring dan sejalan.

 

KESIMPULAN

Terbentuknya budaya perusahaan dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan. Pengelolaan budaya ini bersifat strategis mengingat budaya perusahaan merupakan salah satu sarana fundamental jangka panjang bagi perusahaan agar dapat berhasil mengimplementasikan strategi yang dipilihnya. Budaya perusahaan akan memberikan pengertian akan tujuan dari perusahaan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Ngalim Purwanto. (2008). Budaya Perusahaan. penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nelfianti,Fera,  Idah  Yuniasih,  and  Ary  Iswanto  Wibowo.  (2018).  "Pengaruh  Budaya Organisasi  Terhadap  Kinerja  Karyawan  YPI  Cempaka  Putih  Jakarta."Jurnal Kajian Ilmiah18.2 (2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.