November 27, 2022

PENTINGNYA APLIKASI MOBILE UNTUK BISNIS PERUSAHAAN MASA KINI

 (@V13-Zahra)


ABSTRAK

Saat ini tren mobile working menjadi semakin terkenal sejak internet dapat diakses dengan mudah. Smartphone tidak hanya digunakan untuk keperluan komunikasi semata, tetapi juga untuk tujuan kerja. Selain itu, pengembangan aplikasi mobile karyawan juga menjadi semakin terkenal dikalangan korporasi. Dengan pengembangan aplikasi, maka manager hingga CEO dapat memantau semua kondisi perusahaan kapan dan dimana saja secara efisien. Itulah mengapa setiap perusahaan harus memastikan perusahaanya mendukung. Saat ini persaingan bisnis secara online kian semakin ketat. Banyak pebisnis yang mulai memasarkan produk dan jasanya melalui media sosial hingga website.

Kata kunci: mobile working, bisnis, smartphone.

PENDAHULUAN

Di tengah persaingan dan era digitalisasi bisnis, aplikasi mobile dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, mulai dari pengembangan produk, layanan pelanggan, pemasaran berbasis mobile bahkan pengumpulan data pelanggan. Aplikasi mobile merupakan sebuah aset yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Khususnya di tengah era persaingan digitalisasi bisnis, sebuah perusahaan perlu melakukan pengembangan aplikasi mobile untuk memberikan kemudahan dalam melayani pelanggannya dan meraih market share di kategorinya. Pertumbuhan mobile apps seiring sejalan dengan perkembangan teknologi digital yang telah mendorong pertumbuhan penggunaan smartphone di Indonesia. Mengutip data Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), hingga Maret 2021 jumlah pengguna ponsel pintar di Tanah Air telah mencapai 167 juta orang, atau 89% dari total penduduk Indonesia. Melihat manfaatnya yang sangat banyak, tidak mengherankan jika perusahaan atau brand, mulai dari perusahaan rintisan hingga perusahaan besar, semakin serius membangun dan mengembangkan aplikasi mobile sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Karena perusahaan yang tidak memiliki aplikasi mobile, akan berpotensi ketinggalan dengan perusahaan lain.

PEMBAHASAN

Apa itu pengertian aplikasi mobile?

Aplikasi mobile adalah jenis perangkat lunak aplikasi yang dirancang untuk bekerja di perangkat seluler, seperti smartphone atau komputer tablet. Meskipun aplikasi seluler biasanya merupakan software sederhana dengan fungsi yang terbatas, tetapi dapat memberikan layanan dan pengalaman berkualitas kepada pengguna.

Tipe-tipe aplikasi mobile

Ada 6 tipe aplikasi mobile berdasarkan fungsinya, yakni:

1.       Aplikasi gaya hidup

Merupakan salah satu aplikasi mobile terpopuler dalam beberapa tahun terakhir, aplikasi gaya hidup adalah aplikasi yang mempercepat atau mendukung aspek individu dalam gaya hidupnya. Jenis aplikasi seluler yang terkait dengan gaya hidup seperti:

 

Kebugaran (fitness). Contoh: Home Workout, Nike Training Club

Kencan (dating). Contoh: Tinder, Bumble

Makanan (food). Contoh: Zomato

Musik. Contoh: Spotify, Joox

Travel. Contoh: Tripadvisor, Traveloka

2.       Media sosial

Aplikasi media sosial adalah jenis aplikasi mobile populer selain gaya hidup.  Salah satu media sosial terpopuler yakni Facebook melaporkan lebih dari 1 miliar pengguna aktif harian. Selain itu Aplikasi media sosial (sepatutnya harus) bersifat menyenangkan, cepat, dan terus mengintegrasikan fitur yang berkembang dengan aplikasi pendukung lainnya. Contoh media sosial adalah:

Facebook

Instagram

Twitter

Snapchat

Masyarakat saat ini berbagi lebih banyak tentang kehidupan sehari-hari mereka dibanding pada masa sebelumnya. Karena itu, bahkan aplikasi yang tidak termasuk dalam kategori media sosial mungkin ingin menyertakan fungsi berbagi sosial. Contohnya seperti Spotify yang baru saja mengeluarkan fitur Wrapped 2021 di mana pengguna dapat share pencapaian hasil mendengarkan musik selama setahun ke belakang pada media sosialnya.

3.       Aplikasi utility

Utilitas merupakan aplikasi mobile yang setiap harinya sering kita gunakan dan bahkan Anda tidak sadar bahwa itu adalah suatu aplikasi. Mengapa demikian? karena biasanya aplikasi seluler utilitas sudah terinstall pada device Anda dan memiliki fungsi tunggal.

Contoh aplikasi utilitas adalah:

Kalkulator

Pengingat (Reminders)

Senter (Flashlight)

Cuaca (Weather)

4.       Aplikasi game dan hiburan

Kedua aplikasi mobile ini memiliki keterkaitan satu dengan lainnya. Sebagai salah satu kategori terbesar dalam aplikas mobile, game dan hiburan menjadi aplikasi yang paling sering digunakan. Kesuksesan aplikasi game atau hiburan dapat dilihat dari seberapa sering aplikasi tersebut dimainkan dan membuat penggunanya adiktif.

Contoh aplikasi game adalah:

Mobile Legends

PUBG

Angry Birds

Temple Run

5.       Productivity

Meskipun terdengar membosankan, tetapi aplikasi produktivitas tetap masuk dalam kategori terpopular dari aplikasi seluler. Tipe aplikasi mobile ini dapat membantu penggunanya untuk menyelesaikan tugas lebih cepat, efisien, bahkan membuat pekerjaan semakin mudah.

Contoh aplikasi produktivitas adalah:

Google Docs

Google Sheets

Evernote

Goodnote

6.       Aplikasi berita atau informasi

Bersifat lugas, aplikasi mobile ini menyediakan segala berita terkini dan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya. Selain itu, aplikasi berita terbilang sederhana dan memiliki tampilan yang mudah untuk dinavigasi untuk mencari segala berita yang diperlukan.

Contoh aplikasi berita atau informasi adalah:

Flipboard

BBC News

Buzzfeed

Reddit

Pentingnya aplikasi mobile bagi bisnis masa kini

1.       Meningkatkan brand awareness

Memiliki aplikasi mobile berarti Anda telah membuka pintu awal bagi konsumen untuk mengenal merek dan produk Anda. Biasanya, selain melalui website, calon konsumen akan lebih mudah mengenal identitas sebuah brand melalui keberadaan aplikasi seluler.

Aplikasi mobile memiliki keunggulan dibanding website, yakni kemudahan akses melalui ponsel selular dan tampilannya yang menyesuaikan device. Hal ini membuat calon pelanggan akan lebih senang mencari tahu tentang brand Anda. Ingatlah kata pepatah bahwa tak kenal maka tak sayang. Boleh jadi, dengan pengenalan melalui aplikasi seluler yang sederhana, calon konsumen akan menjadi pelanggan loyal Anda.

2.       Langsung menjangkau target market

Aplikasi mobile bukanlah sekedar pelengkap bagi sebuah bisnis. Konsumen dapat menemukan berbagai informasi, mulai dari jenis produk dan harga, berita terkini, pemesanan, sampai informasi event atau promosi.

Karena itu, dengan memiliki aplikasi seluler, bisnis Anda akan jauh lebih mudah untuk menjangkau target market. Sebab segala informasi tak perlu lagi melalui perantara seperti media televisi, cetak atau online.

Hanya dengan melakukan kampanye app install diiringi oleh optimasi aplikasi mobile melalui konten yang solutif dan relevan sesuai personalisasi pelanggan, Anda bisa menjangkau target market lebih mudah. Misalnya mengirimkan pesan blast berisi promosi ke kontak WhatsApp pelanggan melalui aplikasi seluler Anda.

3.       Menciptakan customer experience yang positif

Customer experience atau pengalaman pelanggan menjadi hal penting untuk diberikan bagi sebuah brand. Sebab. dengan ini maka antara brand dan pelanggan akan merasa memiliki kedekatan yang bisa meningkatkan loyalitas pelanggan. Tapi bagaimana sebuah aplikasi mobile bisa melakukan itu?

Salah satunya dengan keberadaan fitur chating atau pesan. Fitur tersebut dapat membuat konsumen dan merek terhubung secara langsung. Konsumen pun bisa lebih aktif dalam menjalin komunikasi dengan brand. Misalnya saja untuk menyampaikan saran dan kritik, testimoni atau segala bentuk pertanyaan. Dengan begitu, konsumen pun bisa merasakan langsung bagaimana merek Anda melayani setiap konsumennya hanya dari aplikasi seluler

4.       Nilai lebih di mata konsumen

Sebuah brand biasanya akan memberi keuntungan lebih kepada pelanggan yang memiliki aplikasi mobile dibanding yang tidak. Contoh sederhananya, sebuah brand akan menyebar voucher diskon atau promosi ke pelanggannya melalui tombol notifikasi khusus pembelian jika melalui aplikasi seluler.

Ada lagi berbagai program yang dibuat oleh sebuah brand agar aplikasi seluler nya memiliki nilai lebih di mata konsumen. Bisa dengan program poin berhadiah, potongan harga, informasi yang dibutuhkan, atau bahkan hadiah langsung. Tentu dengan berbagai program tersebut, brand Anda akan lebih dipandang bernilai di mata pelanggan.

5.       Dianggap lebih “wah” dibanding kompetitor

Bisnis masa kini perlu memiliki aplikasi seluler karena bisa menciptakan stigma di benak pelanggan. Percaya atau tidak, konsumen akan menganggap sebuah brand yang memiliki aplikasi mobile pasti lebih maju dan wah dibandingkan yang tidak punya. Lantaran memang saat ini hanya merek atau bisnis skala besar yang sudah “siap” saja yang memiliki aplikasi seluler. Sementara bagi merek baru atau bisnis startup, hanya segelintir yang memahami pentingnya aplikasi seluler.

KESIMPULAN

Dalam persaingan bisnis secara online kian semakin ketat. Banyak pebisnis atau perusahaan yang mulai memasarkan produk dan jasanya melaui sosial hingga wibsite. Aplikasi mobile ini sangat bermanfaat bagi pembisnis zaman sekarang. Aplikasi mobile merupakan sebuah aset yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Khususnya di tengah era persaingan digitalisasi bisnis, sebuah perusahaan perlu melakukan pengembangan aplikasi mobile untuk memberikan kemudahan dalam melayani pelanggannya dan meraih market share di kategorinya. Aplikasi mobile juga memiliki 6 tipe yang berbeda. Sangatlah penting aplikasi mobile untuk para pembisnis zaman sekarang atau masa kini.

DAFTAR PUSTAKA

https://ekbis.sindonews.com/newsread/624415/34/pentingnya-aplikasi-mobile-untuk-pengembangan-bisnis-di-era-digital-1639123939/10

https://blog.qontak.com/pengertian-aplikasi-mobile/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.