November 27, 2022

STRATEGI BISNIS ITU PENTING !

 (@V13-Zahra)


Abstrak

Strategi Bisnis adalah rencana yang menyeluruh terpadu dibidang pemasaran dan target pemasaran dalam mencapai tujuan perusahaan melalui bauran pemasaran yang meliputi strategi produk (product), harga (price), Tempat (Place), dan Promosi (promotion). perkembangan bisnis yang begitu cepat membuat persaingan didunia bisnis begitu pesat. Sehingga mendorong pelaku bisnis untuk pintar dalam menarik konsumen dalam meningkatkan penjualannya. Dan salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki strategi bisnis yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuan dan hasil yang diinginkan. Strategi bisnis adalah serangkaian tindakan yang ditujukan untuk mencapai tujuan dan dengan pola pikir yang inovatif dan kreatif untuk menyikapi perkembangan yang terjadi di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan. yang akan berdampak pada kepentingan dan masa depan perusahaan itu sendiri. Fungsi dari strategi bisnis ialah (1) meningkatkan motivasi, (2) koordinasi pemasaran yang lebih efektif, (3) merumuskan tujuan perusahaan, (4) dan pengawasan kegiatan pemasaran. Loyalitas pelanggan adalah hasil dari perusahaan yang menciptakan nilai bagi pelanggannya, sehingga mereka dapat terus berdagang dan bahkan meningkatkan pembelian melalui organisasi. Untuk membangun loyalitas pelanggan, pengusaha perlu memiliki strategi bisnis yang tepat dalam memasarkan produknya. Salah

satu jenis strategi bisnis yang dapat mendukung pemasaran produk untuk membangun loyalitas pelanggan adalah dengan menggunakan strategi bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi. Strategi bauran bisnis merupakan salah satu metode bisnis untuk menyebarkan informasi secara luas, mempromosikan produk dan jasa, merangsang konsumen untuk memberi bahkan menciptakan preferensi pribadi untuk citra produk. Oleh karena itu, komposisi pemasaran dianggap sebagai salah satu aspek strategis pemasaran produk yang paling potensial.

 

Kata kunci = Strategi Bisnis, Manfaat dalam Strategi Bisnis.

 

PENDAHULUAN

 

Strategi bisnis adalah merupakan satu hal yang sering dianggap remeh oleh kebanyakan pebisnis. Banyak yang berpikir bahwa strategi itu hanyalah sekedar teori. Pemikiran itu tentu salah karena justru strategilah yang menentukan sebuah bisnis bisa menang atau tidak di dalam industrinya Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Perkembangan dunia usaha pada saat ini menunjukkan adanya gejala persaingan yang semakin meningkat ke arah penguasaan pasar secara luas. Perusahaan besar maupun kecil, saling bersaing dan berpacu untuk merebut tempat pemasaran dengan berbagai macam cara dan usaha supaya perusahaan dapat menjual produk sebanyak-banyaknya pada konsumen yang membutuhkan. Untuk itu perusahaan harus mendapat pasar yang luas dengan metode strategi pemasaran yang telah di kuasai dengan baik.

 

PEMBAHASAN

 

Apa itu Strategii Bisnis ?

Strategi bisnis adalah upaya suatu bisnis dalam mendukung aktivitas untuk mencapai target dan tujuan serta mendapatkan keuntungan.  Dengan adanya hal ini, diharapkan suatu bisnis dapat menentukan arah usaha dengan mengidentifikasi dari segi pasar, pesaing, pelanggan, dan sebagainya. Nah strateginya ada beragam jenisnya nih Pintzie.  Mulai dari strategi pertumbuhan hingga strategi konten pun juga ada. Tapi untuk jenis-jenisnya ini akan minzie ulas di artikel selanjutnya ya, sekarang kita fokus pada pentingnya strategi. Melalui strategi, suatu bisnis mampu memenangkan persaingan yang kian hari semakin ketat.  Selain itu, dengan strategi ini pula para karyawan yang ada dapat bekerja berdasarkan standar yang jelas dan menentukan. Sebelum masuk apa saja manfaat lain dari strategi, coba simak salah satu cerita dari start up Indonesia yang menerapkan strategi dan tnya sudah mereka rasakan hingga saat ini.

 

Definisi strategi adalah cara untuk mencapai tujuan jangka panjang. Strategi merupakan rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang  menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi. Pengertian strategi secara umum dan khusus sebagai berikut:

1. Pengertian umum strategi adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai  penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.

2. Pengertian khusus strategi merupakan tindakan yang bersifat senantiasa meningkat dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan

bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi diri (core competencies).

Pengertian Bisnis

Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.

 

Manfaat menggunakan Strategi Bisnis

Sebuah strategi umumnya disusun dan dibuat untuk jangka panjang. Lantas apa saja sih manfaatnya untuk bisnis kita?

 

 1. Dengan adanya strategi, membuat bisnismu memiliki fondasi yang kuat karena perencanaan dibuat secara matang agar bisa meraih target yang diinginkan.

 

 2. Strategi membuat bisnismu lebih mengenali kelemahan agar bisa diperbaiki dan kelebihan agar bisa terus dikembangkan dan dioptimalkan.

 

 3. Dengan strategi juga, kamu bisa menciptakan pasar. Baik membuat produk baru sehingga target pasarnya juga baru seperti apa yang telah dilakukan Gojek sebelumnya.

 

 4. Kamu juga bisa menyalip brand ternama hanya dengan menerapkan strategi penetapan harga yang tepat. Penetapan harga ini bisa kamu lakukan dengan riset perilaku konsumen soal harga untuk memenangkan persaingan bisnis.

Perumusan Strategi

Perumusan strategi melibatkan tiga tahap dasar yaitu :

1.      Mentapkan sasaran srategis

Sasaran strategis merupakan sasaran jangka panjang yang langsung berasal dari pernyataan misi perusahaan.

2.      Analisis SWOT

Setelah tujuan strategis ditetapkan, organisasi biasanya menempuh proses yang disebut analisis SWOT. Proses ini mencakup penilaian kekuatan (strength), dan kelemahan (weakness) organisasi serta peluang (opportunity) dan ancaman (threat) lingkungan.

3. Mencocokkan Organisasi dan Lingkungannya

a. Menganalisis Organisasi dan Lingkungannya

Analisis lingkungan mencakup pengamatan dan penilaian lingkungan terhadap segala ancaman dan peluang. Perubaan selera konsumen dan perlawanan usaha pencaplokkan oleh perusahaan pesaing merupakan ancaman, seperti itu juga peraturan pemerintah yang baru. Ancaman yang lebih penting adalah produk dan kompetitor baru. Sementara itu peluang mencakup bidang-bidang yang berpotensi untuk diperluas, dikembangkan, atau dimanfaatkan perusahaan dengan kekuatan yang ada.

 

KESIMPULAN

Strategi bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan dalam dunia bisnis. dalam strategi bisnis terdapat tiga langkah untuk menentukan tujuan yaitu, analisis, integrasi, dan implementasi. Dalam persaingan bisnis dibutuhkan strategi yang sangat matang, sehingga tidak akan kalah bersaing dari pembisnis lain. Dan juga dibutuhkan seorang yang berpengalaman dalam menjalankan strategi bisnis. Oleh karena itu strategi bisnis akan menentukan keberhasilan dan hidup matinya perusahaan.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/12/30/strategi-bisnis-adalah

https://blog.deprintz.com/manfaat-menggunakan-strategi-bisnis/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar