Desember 03, 2022

BRANDING SEBAGAI PROMOSI BISNIS

 Oleh : Umi Nurul Solikhah (@V08-UMI)

PENDAHULUAN

Branding adalah berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan membesarkan identitas sebuah brand/merek dengan cakupan yang sangat luas, meliputi nama dagang, logo, karakter, dan persepsi konsumen akan brand tersebut. Branding juga menjadi sebuah strategi bagi perusahaan untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumen. Ada banyak manfaat dari branding, di antaranya adalah memberikan identitas pada produk atau jasa yang ditawarkan, menyampaikan nilai, dan yang terpenting adalah menjalin komunikasi dengan konsumen. Pebisnis pun berlomba-lomba dalam membranding produk ataupun jasa mereka sedemikian rupa agar dapat menarik dan mempertahankan konsumen.

Pentingnya Branding. Mengapa semua bisnis harus melakukan branding dengan benar? Sebelum menjawab pertanyaan itu, kita harus mengetahui arti Branding itu sendiri. Banyak orang yang mengetahui arti Branding dan banyak juga yang tidak jelas arti sebenarnya. Terutama bagi produsen atau penjual, penjelasan branding sangat penting untuk mereka, agar bisnis lancar dan tidak terjebak dalam urutan nya seperti branding dahulu atau jual produk dahulu. Mana yang harus didahulukan.

PERMASALAHAN

Nampaknya tak sedikit juga pengusaha yang masih awam akan betapa pentingnya membranding usaha mereka. Untuk itu maka akan mencoba memberikan gambaran tentang Branding, Pengertiannya, Manfaatnya, Jenisnya dan melakukan branding yang baik dan benar.

PEMBAHASAN

A.    Definisi Branding

Brand berasal dari kata dasar brand yang dalam bahasa Indonesia berarti merek. Dalam penggunaannya, brand dan branding mempunyai arti yang berbeda. Jika kata brand berarti merek, sedangkan pengertian Branding ini sendiri adalah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek.

Branding Menurut Para Ahli

1.     KOTLER dan AMSTRONG (1997:283), Pengertian nya menurut mereka adalah janji penjual untuk menyampaikan kumpulan sifat, manfaat, dan jasa spesifik secara konsisten kepada pembeli.

2.     Bilson Simamora (2001: 149), Pengertian Brand menurut Bilson Simamora adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya yang ditunjukan untuk mengidentifikasi dan mendiferensiasi (membedakan) barang atau layanan suatu penjual dari barang atau layanan penjual lain.

3.     Lamb, Hair, dan Mc. Daniel (2001: 421), Pengertian Brand menurut Lamb, Hair, Mc. Daniel adalah istilah, simbol, desain, atau gabungan keempatnya, yang mengidentifikasi produk para penjual dan membedakannya dari produk pesaing.

B.    Fungsi dan Tujuan Branding Pada Perkembangan Bisnis

1.     Sebagai Pembeda

Produk yang sudah memiliki brand kuat akan mudah dibedakan dengan brand merk lain. Indomie sangat dikenal di Indonesia bahkan di manca negara. Orang kadang menyebut Mie instan dengan sebutan Indomie padahal banyak merek lain seperti Mie Sedap, Supermi, dan lain lainnya.

2.     Promosi dan Daya Tarik

Produk yang punya brand kuat menjadi daya tarik konsumen dan akan lebih mudah dipromosikan kepada masyarakat luas. Produk dengan kekuatan brand akan menjadi jauh lebih mudah untuk dibedakan dengan merek lain. Untuk merek yang bersaing dalam kompetisi yang ketat, tentu hal ini menjadi poin kunci.

3.     Membangun Citra, Keyakinan, Jaminan Kualitas, dan Prestise

Fungsi branding adalah Untuk membentuk citra sebuah merek sehingga membuat sebuah produk mudah diingat oleh orang lain. Jaminan Kualitas akan suatu produk lebih bagus daripada produk lain merupakan daya tarik tersendiri. Branding adalah startegi yang digunakan untuk membentuk citra sebuah brand.

4.     Pengendali Pasar

Brand yang kuat akan lebih mudah mengendalikan pasar karena masyarakat telah mengenal, percaya, dan mengingat brand. Tanpa susah payah melakukan promosi, masyarakat akan lebih cepat mengenal suatu produk apabila brand nya sudah kuat.

C.    Tujuan Branding

·       Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sebuah brand atau Membangun rasa percaya masyarakat kepada brand

·       Membentuk persepsi masyarakat tentang sebuah brand

·       Membangun Rasa cinta dan loyalitas masyarakat terhadap sebuah brand

D.    Manfaat Branding

1.     Mudah Dikenali

Memiliki merek/brand akan menguntungkan usaha kita karena lebih mudah dikenali oleh calon pelanggan. Sehingga juga akan lebih mudah untuk di pilih pelanggan karena produknya bermerek yang artinya kualitasnya tidak diragukan lagi dibandingkan dengan produk yang tidak bermerek (belum dikenal).

2.     Membedakan Produk Satu dengan Lainnya

Apapun produknya fungsi branding adalah memberikan ciri khas dan menjadi penanda bagus suatu produk. Dengan ini, produk akan terus diingat oleh pelanggan begitu mereka selesai dengan transaksi jual beli. Sehingga akan memperbesar kunjungan pelanggan yang kembali lagi untuk membeli produk yang sudah memiliki brand karena mudah diingat. Ini salah satu point yang sangat penting.

3.     Mempengaruhi Psikologi Pembeli

Branding juga mampu menyihir psikologis seorang pembeli. Sebab dengan memberikan merek akan membuat pelanggan berpikir jika produk tersebut terlihat bagus dan profesional. Berbanding dengan memilih produk yang dijual bebas (tanpa merek).

E.    Tips Cara Melakukan Branding yang Baik

Beberapa cara branding produk untuk bisnis yang dapat kita lakukan dengan baik yaitu :

1.     Memantapkan Karakter

Untuk menemukan karakter sebuah produk, kita hanya perlu meninjau produk dan layanan yang kita miliki terlebih dulu. Setelah itu, cari tahu apakah sudah memenuhi kebutuhan pelanggan dan apakah sudah sesuai dengan target pasarnya atau belum.

2.     Membayangkan Produk yang akan di Branding adalah Orang

Karakter sebuah produk terbentuk dari nilai, tujuan, dan kepercayaan pelanggan. Untuk melakukan branding, pastikan brand yang akan kita bangun mengarah ke hal tersebut dan selalu mudah diingat.

3.     Merancang Logo dan Membuat Tagline

Logo adalah simbol dari produk kita, Sedangkan tagline adalah komunikasi Anda dengan pelanggan. Contoh paling gampang adalah Pegadaian yang mempunyai tagline “Menyelesaikan Masalah, Tanpa Masalah.”

KESIMPULAN

Pengertian branding adalah membuat nama/ merek (berupa symbol atau desain) untuk tujuan marketing yang nantinya akna membedakan satu produk dengan produk lainnya. Sebuah Merek yang Brandingnya kuat akan tetap berdiri dalam jangka panjang meskipun digempur dengan persaingan yang sangat luar biasa.Dengan melakukan branding, Kita memberikan kesan yang disebut dengan brand image. Kita bisa mengarahkan kesan yang akan diterima oleh konsumen, tapi Kita tidak bisa memastikan kesan yang akan muncul dan melekat di benak konsumen. Sebab, brand image lahir dari penilaian subyektif konsumen berdasarkan aktivitas branding yang kita lakukan.

DAFTAR PUSTAKA

Amstrong, G. & Kotler. P. 1997.Prinsip-prinsip pemasaran. Cetakan pertama.Jakarta: Erlangga

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2001. Pemasaran,Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta

Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Indonesia. Prednada Media Group. Neumeier, Marty. 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.