Desember 04, 2022

Mengidentifikasi Identitas Merek dengan Citra Merek

 

Abstrak
Semua komponen yang terkait dengan produk, layanan, perusahaan, atau orang adalah “brand identity” atau “identitas merek”. Identitas merek sangat berpengaru terhadap citra merek karena dalam identitas merek terdapat warna, logo, tagline yang dijelaskan oleh perusahaan. Citra merek memiliki 3 kategori dan Identitas merek memiliki 3 prinsip utama.
Kata Kunci: Identitas Merek, Citra Merek

PENDAHULUAN
    Merek dapat menambah image sebuah produk. Konsumen cenderung memilih produk yang bermerek karena lebih bisa dipercaya dan merasa aman. Identitas merek dikatakan sebagai karakteristik khas dari sebuah merek. Identitas merek terdiri atas nama, logo, slogan suatu merek yang menggambarkan citra perusahaan atau produk tersebut. Dengan demikian identitas merek dapat diartikan sebagai persepsi merek yang khas dari sebuah perusahaan yang ingin disampaikan perusahaan sehingga membentuk persepsi konsumen mengenai merek tersebut.
    Semua komponen yang terkait dengan produk, layanan, perusahaan, atau orang adalah “brand identity” atau “identitas merek”. Beberapa item ini adalah nama, logo, nada, tagline, jenis huruf, dan bentuk yang membuat daya tarik. Identitas merek adalah kategori yang terpisah dari citra merek.
    Identitas merek harus menjadi pesan yang konsisten diterima oleh audiensnya. Jika sebagian dari identitas merupakan warna tertentu, konsistensi warna sangat penting dalam menjaga identitas produk. Identitas harus sesuai dengan gambar yang diproyeksikan ke publik.

PEMBAHASAN
    Identitas merek merupakan asosiasi merek yang unik yang menunjukkan janji kepada konsumen. Agar menjadi efektif, identitas merek perlu memiliki resonansi dengan consume. Hal ini bertujuan untuk dapat membedakan merek dengan pesaing, serta dapat menjelaskan apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menjaga keberlanjutannya.
    Konsepsi identitas merek mencakup segala sesuatu yang membuat merek bermakna dan unik. Merek mencakup karakteristik barang serta serangkaian elemen lainnya, yang memerlukan identitas merek.
    Citra merek merupakan serangkaian asosiasi yang ada dalam benak konsumen terhadap suatu merek, biasanya terorganisasi menjadi suatu makna. Citra merek dapat diukur melalui tiga kategori:

  1. Favorability of brand association
    Suatu merek menciptakan sikap yang positif jika atribut dan manfaat merek tersebut dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
  2. Strength of brand association
    Asosiasi yang terbentuk dari informasi yang masuk kedalam ingatan konsumen dan bagaimana informasi tersebut bertahan sebagai bagian dari brand image
  3. Uniqueness of brand association
    Merek yang unik dan menarik mampu menimbulkan asosiasi yang kuat di dalam pikiran pelanggan

Prinsip-prinsip utama identitas merek adalah:

  1. Komunikasi tidak hanya menjadi pasokan informasi yang penting tetapi perjuangan sehari-hari untuk tetap didengar dan terlihat, yang merupakan prasyarat daya tahan;
  2. Merek harus bereaksi secara memadai terhadap perubahan yang merupakan prasyarat pemahaman;
  3. Merek harus mencerminkan manfaat dan harapan konsumen.

Kunci identitas yang kuat meliputi:

  • Berbeda: Ini menonjol di antara pesaing dan menarik perhatian orang.
  • Mudah diingat: Ini membuat dampak visual. (Pertimbangkan Apple: Logonya sangat mudah diingat sehingga hanya menyertakan logo — bukan nama mereka — pada produk mereka.)
  • Skalabel dan fleksibel: Dapat tumbuh dan berkembang bersama merek.
  • Kohesif: Setiap bagian melengkapi identitas merek.
  • Mudah diterapkan: Sangat intuitif dan jelas untuk digunakan oleh desainer.

Tips untuk mengembangkan Identias Merek:

  1. Menjual merek bukan produk
  2. Merek harus mencerminkan produk yang sebenarnya
  3. Menekankan peran besar seni dan salinan dalam membentuk brand identity 
  4. Tidak masalah untuk mengubah merek atau rebranding
  5. Jangan menipu konsumen.

KESIMPULAN
    Merancang brand identity yang sukses membutuhkan banyak kerja keras dan kolaborasi. Untuk menjaga bisnis tetap pada rencana yang sama dan memberdayakan tim untuk melakukan pekerjaan terbaik, pastikan karyawan terdidik, terinspirasi dan memiliki alat yang mereka dibutuhkan.
    Identitas merek berpengaruh terhadap citra merek. Dimana berarti warna, logo, tagline yang dijelaskan oleh perusahaan memiliki pengaruh terhadap peningkatan citra merek.

Daftar Pustaka

Zebuah, A. J. (2018). ANALISIS IDENTITAS MEREK, LOYALITAS MEREK, CITRA MEREK, DAN KEPERCAYAAN MEREK TOYOTA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2).

Zullaihah, R., & Setyawati, H. A. (2021). Analisis Pengaruh Iklan, Identitas Merek, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Smartphone Merek Oppo di Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.